Fakta Kandungan Nutrisi Steak Sirloin

nutrisi steak sirloinSteak sirloin adalah jenis steak yang paling banyak disukai oleh orang di seluruh dunia. Sirloin adalah daging dari bagian belakang belakang sapi yang lembut, sehingga merupakan pilihan daging yang paling ideal. Sirloin ini masih dibagi lagi menjadi dua, yaitu sirloin atas dan sirloin bawah. Namun yang paling banyak permintaan adalah bagian atas, karena lebih lembut dari bagian bawah. Ada banyak sebutan untuk pemotongan atau bagian dari daging sapi, namun yang umum digunakan sebagai steak adalah sirloin dan tenderloin. Jika Anda sering mampir direstoran steak, pasti sering mendengar bahkan sudah mengenal steak sirloin. Dalam pilihan menu pasti akan ditawarkan bagi Anda untuk memilih jenis steak yang Anda sukai, selain sirloin yaitu steak tenderloin. Lalu bagaimana tentang kandungan gizi dibalik kelezatan dan mahalnya harga steak sirloin ini?

Advertisement

Kandungan gizi steak sirloin

Sirloin atas diambil dari bagian pinggang bagian atas sapi. Pemotongan daging sirloin biasanya disertakan dengan sedikit tulang yang melekat. Tulang ini diyakini akan menambahkan cita rasa steak yang sangat khas, tetapi umumnya beberapa orang lebih menyukai steak sirloin tanpa tulang. Rata-rata steak sirloin adalah memiliki ukuran sekitar 2,5 sampai 3,5 inci dengan ketebalan 1 inci. Bagi orang yang meyakini bahwa daging merah biasanya tidak baik dikonsumsi, namun berikut ini adalah beberapa informasi kadar gizi mengenai steak sirloin bagian atas.

Macam-macam Nutrisi

Untuk menentukan jumlah kalori, protein, lemak, vitamin dan mineral, para ahli memeriksa 8 ons daging sapi pada bagian ini. Dari jumlah 8 ons tersebut, atau hampir 227 g steak sirloin, dikatakan mengandung 67 g protein dan 26 g lemak. Sisanya  terdiri dari berbagai nutrisi lain serta kandungan air.

Lihat juga :  Manfaat Kacang hijau yang baik bagi kesehatan

Kalori

Per 8 ons daging sapi sirloin atas mengandung hampir 400 kalori. Kadar proteinnya menyediakan tubuh hampir 280 kalori, serta kadar lemaknya menyediakan 120 kalori. Banyak pakar kesehatan mengatakan bahwa satu porsi steak sirloin atas sudah bisa memenuhi kebutuhan kalori harian dari rata-rata individu.

Kandungan Vitamin

Sirloin atas tidak hanya merupakan sumber lemak dan protein yang baik, tetapi juga memberikan tubuh kita dengan beberapa vitamin penting. Sirloin menyediakan nutrisi untuk tubuh kita yaitu sekitar 4 mcg vitamin B12, 19 mg niasin, 1,5 gram vitamin B6 dan 0,35 mg riboflavin. Hal ini juga mengandung vitamin penting lainnya seperti vitamin K, E, asam pantotenat, tiamin dan folat. Semuanya adalah beberapa dari keluarga vitamin B kompleks.

Mineral

Tubuh kita juga akan memperoleh berbagai mineral dengan mengkonsumsi 8 ons steak sirloin. Terdapat hampir 12 mg seng, 525 mg fosfor, 75 mcg selenium, 4 mg zat besi, dan hampir 850 mg kalium dalam steak sirloin atas.

Perhatian :

Nilai gizi yang dikatakan di atas bisa berubah jika steak sirloin diolah dalam bentuk sajian yang berbeda. Memanggang, open, dan menggunakan panas tinggi adalah beberapa cara terbaik untuk memasak sirloin steak, karena metode ini akan membantu menurunkan jumlah kadar lemak di dalamnya. Bagi orang yang sangat menggemari steak sirloin, juga hperlu diingat bahwa steak ini mengandung banyak lemak di dalamnya. Lemak jenis ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, dan ini bisa menimbulkan sejumlah penyakit kardiovaskuler. Salah satu cara yang lebih efektif untuk mengurangi kelebihan lemak dalam steak sirloin steak adalah memasaknya dengan bahan-bahan yang tidak menggemukkan. Misalnya, kita bisa menggunakan minyak zaitun, serta  sayuran dan buah-buahan segar, dan hindarilah penggunaan krim yang bisa menggemukkan seperti mayones, keju dan krim asam.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *