Fakta dan Mitos kesehatan buah Durian

buah durianBuah durian adalah buah tropis yang memiliki julukan raja buah ini biasanya menjadi favorit jika musim panennya tiba. Beberapa orang mungkin tidak menyukai durian karena baunya yang sangat kuat, tapi sebagian orang yang lain justru menantikan kehadiran buah ini pada setiap musimnya. Bagi mereka yang menyukainya, biasanya cenderung sulit untuk berhenti mengkonsumsinya. Banyak mitos kesehatan yang berkembang sekitar buah yang berduri ini, diantaranya ada yang mengatakan bahwa buah durian tinggi kolesterol, meningkatkan lib*do, dsb. Benarkah?…

Advertisement

Faktanya durian tidak mengandung kolesterol, namun justru mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah. Sayangnya, buah durian yang sangat bergizi ini tidak menguntungkan bagi ukuran pinggang Anda, karena hal ini juga mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi. Satu buah durian bahkan bisa memberikan tubuh kita sekitar 885 sampai 1500 kalori, tergantung dengan ukurannya.

Berikut Fakta dan mitos buah durian

Fakta

Fakta #1 : Durian dapat menyebabkan penambahan berat badan

Rata-rata durian dengan berat yang mendekati 1 kg akan memberikan sekitar 1.350 kalori. Makan satu buah durian sudah mencukupi sekitar 68% dari kebutuhan kalori yang disarankan untuk orang dewasa rata-rata yaitu 2.000 kalori.  Satu biji durian saja, yang memiliki berat sekitar 40 g, memiliki sekitar 54 kalori. Jadi bagi orang yang sedang diet menurunkan berat badan, maka durian bisa menggagalkan tujuan Anda.

Fakta #2 : Durian kaya akan nutrisi

Durian adalah sumber yang secara alami kaya akan kalium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Dengan demikian raja buah-buahan ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan menjaga tekanan darah, mencegah kesulitan BAB, dan menyehatkan kulit. Hal ini juga mendukung sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh yang baik, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Lihat juga :  Labu membantu meningkatkan produksi Insulin secara alami

Fakta #3 : Orang dengan diabetes harus membatasi makan durian

Jika Anda dengan diabetes serta harus menghitung asupan karbohidrat Anda, maka Anda tidak bisa makan banyak-banyak buah durian karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Durian mengandung jenis gula sederhana, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa.

Fakta #4 : Durian cepat membangkitkan energi

Karena mengandung karbohidrat yang tinggi, maka durian bisa membantu mengisi kembali energi yang rendah dengan cepat (pada orang sehat). Kandungan kalium yang tinggi pada buah ini juga bisa membantu mengurangi kelelahan dan mengurangi stres dan kecemasan .

Mitos

Mitos #1 Durian sangat tinggi kolesterol

Hal ini sama sekali tidak benar. Durian mengandung 0 (nol) kolesterol. Kolesterol adalah zat yang ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu. Perlu diketahui bahwa semua buah-buahan, sayuran, bijian, atau makanan dari sumber tanaman tidak mengandung kolesterol. Durian justru menyediakan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat menyehatkan jantung, bahkan membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).

Mitos #2 :  Jika makan durian, makan harus makan manggis untuk mengurangi panas dalam yang ditimbulkannya

Menurut kepercayaan, manggis adalah buah yang bersifat mendinginkan, sehingga akan mengurangi tingkat panas dalam yang mungkin bisa ditimbulkan oleh durian. Tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung kepercayaan ini. Kebiasaan makan durian dan manggis secara bersama-sama mungkin karena dua buah ini selalu panen pada waktu atau musim yang sama.

Mitos #4 : Makan durian dan minum bir menyebabkan kematian

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kedua makanan ini merupakan perpaduan yang mematikan. Namun kombinasi ini bisa menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan ketidaknyamanan, karena hati harus bekerja lebih keras untuk memetabolisme lemak dan gula dalam durian dan alk*hol pada bir, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Lihat juga :  Panduan Detox Alami - Cara Reset Kesehatan Anda!

Mitos #5 : Makan durian dapat meningkatkan lib*do Anda

Panas dari buah durian memang bisa menyebabkan suhu tubuh naik, tapi hal ini bukanlah afrodisiak.

Underline :

Walaupun banyak mitos yang berkembang disekitar buah durian, tapi yang jelas itu adalah buah yang bergizi. Dan jika dimakan dalam jumlah yang cukup, durian akan memberikan bagi tubuh kita vitamin, mineral, dan lemak sehat. Namun beberapa hal harus diperhatikan, sebagai berikut :

  1. Makan 2 atau 3 biji saja sudah cukup memberikan manfaat yang bagus bagi kesehatan, dan apapun jika berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping yang buruk.
  2. Jangan mengkonsumsi buah durian yang sudah terlalu matang, karena akibat fermentasi, buah ini menjadi mengandung alk*hol. Jadi, hal ini menjadikan durian sebagai salah satu makanan yang perlu diwaspadai oleh wanita hamil dan orang dengan tekanan darah yang tinggi.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *