Apakah efek minum air es buruk bagi kesehatan?

Minum air es bagi kesehatanKecenderungan orang menyukai Minum air es pada saat cuaca sedang terik atau habis melakukan pekerjaan fisik berat dan olahraga. Dalam kondisi seperti itu, air es memang terasa begitu menyegarkan dan menggugah selera. Namun pertanyaannya, apakah ada efek buruk minum air es?.

Advertisement

Ada cerita dari mulut kemulut yang mengatakan bahwa jika minum air dingin atau es, terutama setelah makan bisa menyebabkan kanker. Teori lain mengatakan bahwa air dingin yang diminum akan membekukan lemak, sehingga menyebabkan racun yang bisa memicu kanker dalam tubuh. Sebuah situs yang ditujukan untuk membuktikan cerita dan teori ini seperti snopes.com, cukup efektif untuk mengalahkan teori ini. Meskipun dalam beberapa kasus bukan tidak sehat minum air es, akan tetapi suhu air yang hangat atau dengan suhu ruangan mungkin pilihan yang lebih baik.

Air es tidak lebih buruk dari air hangat atau suhu ruangan

Pendapat ahli kesehatan

Sebuah teori lagi, di mana peneliti medis memberikan berbagai pendapat tentang apakah minum air dingin sama baiknya dengan minum air hangat, terutama ketika berolahraga. Beberapa dokter menyarankan bahwa air minum dengan suhu kamar lebih baik daripada minum air es, karena tubuh harus mengeluarkan energi untuk memanaskan air yang dingin yang kita minum dengan suhu tubuh – sehingga menghilangkan cairan. Beberapa dokter lain mengatakan bahwa setelah mengeluarkan tenaga fisik, kita harus minum air dingin karena akan membantu mendinginkan tubuh lebih efektif daripada air suhu kamar.

Yang jelas, kebanyakan orang yang minum air dingin cenderung mengkonsumsi lebih banyak, karena lebih memberikan rasa yang lebih baik dan lebih memuaskan. Bahkan jika minum air dingin bisa menghilangkan cairan, namun kelebihan minum air dingin adalah tambahan yang akan menggantinya. Ada beberapa kasus di mana kita tidak harus menggunakan air dingin, akan tetapi umumnya hal ini tidak berlaku untuk air minum.

Lihat juga :  Daftar Makanan terbaik untuk meningkatkan tinggi badan dengan cepat

Kondisi tertentu

Jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan demam, atau membantu meringankan sengatan panas matahari, Anda tidak harus berendam kedalam air dingin. Sebaliknya Anda harus menggunakan air hangat, atau bahkan air yang sedikit lebih hangat. Air dingin bisa menyebabkan menggigil, yang bisa semakin meningkatkan suhu tubuh. Jika orang yang demam minum air yang sangat dingin atau dingin, mereka bisa merasakan kedinginan. Jadi air hangat bisa menjadi pilihan yang lebih baik bagi orang yang demam. Walapun dikatakan air dingin tidak seburuk kata orang bagi kesehatan, namun bagi orang yang menderita gigi sensitif dingin, air es bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa sakit.

Cukup minum air

Disini kita menjadi tahu jawabannya bahwa ketika minum air es, rasa haus lebih cepat akan terasa lagi. Hal ini karena air terlalu dingin yang kita minum akan menyebabkan tubuh lebih cepat kehilangan cairan.

Rasa haus adalah indikator tubuh kita yang kekurangan cairan, yang harus dan bisa kita penuhi dengan cara minum air putih. Indikator terbaik lain untuk mengetahui apakah tubuh kita sudah cukup mendapatkan air adalah dengan melihat warna urin. Jika urine berwarna kuning gelap, kemungkinan tubuh kita kurang mendapatkan air. Jika kita melihat urin berwarna kuning cerah, berarti asupan cairan sudah cukup memadai. Namun perlu diketahui bahwa warna urine pada waktu pagi hari akan selalu menjadi sedikit lebih gelap. Anda juga tak perlu khawatir tentang apakah harus minum air dingin atau air hangat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *