Diet rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan?

makanan tidak sehatBerbicara mengenai karbohidrat, mungkin Anda langsung berfikir tentang nasi, pasta, kentang, umbi-umbian, dan roti. Sebagai diet yang seimbang, manusia membutuhkan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Jadi apakah diet rendah karbohidrat bagus untuk menurunkan berat badan?.. Apa saja makanan mengandung karbohidrat yang bagus untuk menguruskan badan? Baca lebih banyak mengenai karbohidrat dan diet berikut disini!

Advertisement

Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh, yang disebut ada dua macam, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks mengandung serat, yang memiliki daya cerna lebih lama sehingga membuat kenyang lebih lama. Sementara itu karbohidrat sederhana adalah kebalikannya, lebih cepat dicerna, sehingga lebih cepat membuat lapar kembali. Dengan demikian, karbohidrat kompleks adalah jenis yang bagus Anda konsumsi, terutama untuk diet sehat menurunkan berat badan. Nasi beras merah dan gandum, adalah contoh sumber karbohidrat kompleks, sementara itu nasi putih dan roti putih, adalah contoh umum makanan sumber karbohidrat sederhana. Baca juga : Top 17 Makanan Mengandung Karbohidrat Tinggi

Beberapa yang perlu diketahui tentang makanan dan karbohidrat untuk berat badan yang sehat

Mengurangi asupan gula

Diluar karbohidrat, hal pertama yang perlu Anda pikirkan tentang diet sehat adalah mengenai asupan gula. Minimalkan penggunaan gula rafinasi, minuman ringan yang manis, dan makanan olahan yang banyak mengandung gula seperti donat dan kue-kue manis. Kami sangat menyarakan bagi Anda untuk  menghentikan minum minuman ringan, karena minuman jenis ini mengandung gula dalam jumlah yang sangat banyak. Selain itu, beberapa studi terbaru juga menunjukkan bahwa manisnya minuman bisa mengacaukan sensitivitas insulin dan sangat menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda rutin Minum teh atau kopi demi kesehatan, sebaiknya tanpa ditambah gula atau krim – paling tidak mengurangi ; hal ini akan memberikan memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan yang potensial. Cobalah untuk mengganti minuman ringan manis dengan air hangat dan perasan lemon atau jeruk nipis. Anda juga bisa menambahkan sedikit jus buah jika Anda suka.

Lihat juga :  Inilah alasan kenapa lingkar pinggang Anda terus bertambah

Jika Anda memang tidak bisa menghindari makanan manis, anda bisa mengganti kue manis Anda dengan dark chocolate(sebaiknya yang organik), atau cokelat dengan 60-70% terbuat dari kakao murni. Rasanya jauh lebih pahit jika dibandingkan dengan coklat susu, namun sudah banyak orang yang membuktikan bahwa mengigit sepotong kecil dark chocolate mengenyangkan mereka. Selain itu, studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang makan cokelat hitam secara teratur, faktanya lebih langsing daripada orang yang tidak. Para ilmuwan masih belum tahu penyebab pastinya, tapi yang penting itu adalah kabar yang hebat. Cokelat memang makanan sehat!, tapi meskipun demikian kami tidak merekomendasikan makan cokelat dalam jumlah yang banyak setiap hari. Paling tidak, cokelat gelap bisa menjadi pengganti permen yang baik.

Pasta dan Roti

Makanan berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah roti putih dan pasta. Cobalah untuk mengurangi memakan makanan jenis ini untuk menjaga atau menurunkan berat badan yang sehat, dan menggantinya dengan beras merah atau biji-bijian non olahan lainnya. Jika Anda menyukai kentang, mungkin Anda bisa mencoba ubi jalar atau ubi kayu rebus sebagai gantinya. Ubi ini memiliki nilai nutrisi yang lebih daripada kentang. Jika Anda tidak memiliki pilihan,  cobalah untuk mendapatkan roti gandum dan pasta. Sementara itu sebaiknya menghindari roti putih jika Anda bisa. Roti putih adalah adalah kalori murni tanpa gizi, serta sumber karbohidrat sederhana yang hanya bisa membuat kadar gula darah Anda berfluktuasi serta menambah ukuran pinggang Anda. Makanan olahan seperti roti putih akan membuat Anda cepat lapar kembali, dan juga lonjakan gula darah keatas dan kebawah secara signifikan. Roti gandum adalah pilihan yang lebih baik, karena lebih sedikit memiliki efek ini.

Lihat juga :  Tips Cara Meningkatkan Stamina

Roti gandum dan whole grain

Roti gandum jauh lebih bergizi daripada roti putih, dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah seperti roti putih. Jika Anda tidak punya pilihan selain roti putih atau pasta yang terbuat dari tepung halus, pastikan Anda juga mengkombinasikannya dengan sayuran, buah, dan beberapa sumber protein. Cara ini akan memperlambat lonjakan gula darah, karena sayur adalah sumber serat Anda. Inilah salah satu alasan bahwa orang terutama dalam budaya Eropa, yang makan pasta setiap hari, tapi itu tidak menambah berat badan mereka – karena yang mereka makan adalah makanan yang seimbang. Mereka makan dalam jumlah yang tepat, dan selanjutnya kalori digunakan dalam kegiatan fisik sehari-hari.

Diet rendah Karbohidrat dan Diet Rendah lemak

Meskipun masih ada pro dan kontra yang terjadi tentang diet yang baik, yaitu diet rendah lemak atau diet rendah karbohidrat, namun semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat ternyata lebih efektif untuk mengendalikan berat badan. Sebagai contoh sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama John Hopkins, yang menunjukkan bahwa orang-orang dengan diet rendah karbohidrat kehilangan sekitar 29 pound berat badan selama 6 bulan, namun orang-orang yang melakukan diet rendah lemak hanya kehilangan 19 pound saja dalam periode waktu yang sama. Kami tidak menyarankan Anda untuk melakukan diet ekstrim rendah kalori, namun Anda masih bisa menggunakan prinsip ini untuk meningkatkan makanan Anda sehari-hari secara signifikan.

Yang sangat penting untuk diingat adalah melakukan perubahan gaya hidup ke yang sehat, bukannya melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan. Tubuh kita membutuhkan keselarasan gizi, yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan mikronutrisi, plus aktifitas fisik untuk kesehatan yang optimal.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *