Bagaimana Menu dan cara diet Mayo?

menu diet mayoSudah tahu diet Mayo Belum? . Diet itu sendiri artinya adalah mengatur makan dan minum, untuk mencapai tujuan tertentu bagi tubuh dan kesehatan. Ada beberapa tujuan diet, termasuk untuk menurunkan berat badan, dan mengontrol kondisi medis misalnya mencegah kekambuhan penyakit tertentu yang bisa terkait dengan makanan dan minuman.  Sebenarnya ada banyak sekali aliran diet diseluruh dunia, termasuk diet vegetarian, diet vegan, diet mediteranian, diet Mayo ini, dan masih banyak lagi. Jenis-jenis aliran diet bisa dipopulerkan oleh siapa saja, yang caranya bisa mengambil kebiasaan makan daerah tertentu dan mengadaptasinya, atau berdasarkan hasil penelitian yang solid dan benar-benar dianggap dapat mencapai tujuan dari diet itu sendiri.

Advertisement

Berbicara mengenai apakah diet Mayo; aliran diet ini diperkenalkan oleh salah organisasi medis yang terpercaya di dunia, yaitu Mayo Clinic. Dengan demikian sehingga tidak mengherankan kalau aliran diet ini sekarang begitu populernya dengan sebutannya yaitu Diet Mayo. Baca juga : 16 Tips menurunkan berat badan TANPA DIET

Awal mula berdiri diet Mayo

Adalah sebuah lembaga swasta dunia, Mayo Clinic, yaitu Organisasi yang berdiri dengan melibatkan dokter, peneliti dan ahli medis yang secara bersama-sama melakukan studi untuk tujuan pendidikan, penelitian dan pengobatan. Sekarang  Mayo Clinic menjanjikan sekitar 55.000 profesional dibidang kesehatan, dengan tiga klinik dan empat rumah sakit.
Selain untuk tujuan penelitian dan inisiatif pendidikan, Mayo Clinic telah membantu mengobati lebih dari 6 juta orang didunia sejak didirikan pada tahun 1863.
Kini Mayo Clinic telah identik dengan nama sebuah aliran diet, yang artinya diet ini dikembangkan oleh ahli melalui penelitian dan pengalaman klinis, dan didirikan dengan cukup mempertaruhkan nama dan reputasi mereka pada keselamatan dan efektivitas diet.

Sumber : Mayo clinic

Dengan demikian maka tak mengherankan, karena reputasi baik organisasi inilah telah banyak orang yang tertarik dengan diet Mayo atau Mayo Clinic Diet, yang tidak hanya sekedar menghitung kalori atau mengurangi karbohidrat.

Tapi apakah memang benar diet Mayo bisa membantu menurunkan berat badan dalam dua minggu?

Lebih dari aliran Diet Mediterania, Diet Mayo adalah mencakup seluruh gaya hidup pelakunya. Fungsi utama dari aliran Diet ini adalah untuk menghindari kebiasaan makan dan kebiasaan gaya hidup yang buruk, dan menggantinya dengan cara yang sehat.

Lihat juga :  Manfaat Beras merah bagi diet dan kesehatan

Menu dan tahap-tahap diet Mayo

Ada dua tahap dalam diet Mayo, dan semua bukan dengan cara mengulangi siklus diet. Hanya ada tahap perkenalan dalam dua minggu disebut “lose it” , lalu diikuti dengan tahap kedua yang disebut “live it”.
Dua minggu “lose it” harus bisa membuat penurunan berat 10 pon dan harus bisa menjaganya.  Hal ini dilakukan dengan menghilangkan sebagian dari lima kebiasaan dan aktifitas yang tidak sehat  termasuk :

  1. Menonton TV sambil makan
  2. Ngemil, hanya boleh buah-buahan dan sayuran
  3. Makan terlalu banyak daging
  4. Mengkonsumsi terlalu banyak gula
  5. Makan di restoran (jika menunya melanggar salah satu dari aturan diatas)

Pelaku diet Mayo kemudian menggantikan kebiasaan buruk ini dengan lima kebiasaan sehat yang meliputi :

  1. olahraga
  2. makan sarapan yang baik
  3. makan banyak buah-buahan dan sayuran,
  4. biji-bijian,
  5. mengkonsumsi lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal.

Setelah dua minggu dalam masa “Lose It” , dan pelaku diet telah menjalankan kebiasaan atau gaya hidup baru ini, lalu kemudian pelaku mulai masuk tahap kedua: yaitu fase “live it” , yang harus terus dilakukan selama sisa hidupnya. Dan pelaku diet dibangun di atas kemajuan yang telah ia buat sendiri dalam fase pertama dengan menetapkan tujuan penurunan berat badan. Pengaturan makan pada diet Mayo adalah model piramida makanan, serta harus mau mengeluarkan keringat dengan cara berolahraga setengah jam hingga satu jam dalam beberapa hari dalam seminggu.

Antara 6 hingga 10 pon mungkin akan hilang selama  menjalankan fase “Lose It”, pada fase “Live It”, pelaku diet bisa berharap untuk terus kehilangan berat badan antara 1 hingga 2 pon per minggu.

Keunggulan diet Mayo

Diet Mayo memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan aliran diet lain. Sebagian besar kelompok makanan diperbolehkan di diet Mayo, yang artinya Anda tidak membatasi makanan tertentu sehingga tak mudah sakit. Dan juga, makanan-makanan yang diijinkan dalam diet ini banyak tersedia di setiap toko – sehingga tidak akan menggelembungkan anggaran belanja rumah tangga Anda. Bahkan  jika Anda mengekang kebiasaan makan direstoran seperti yang disarankan, bahkan Anda mungkin bisa berhemat dalam melakukan diet ini.

Lihat juga :  Penyebab dan pengobatan keringat berlebih(Hyperhidrosis)

Baca juga : Kenapa orang sering gagal diet menurunkan berat badan?

Beberapa diet akan menghitung ketepatan dengan menghitung asupan kalori. Tapi diet Mayo tidak memerlukan menghitung kalori, namun tetap memperhatikan jenis kalori yang di konsumsi. Tapi diet Mayo tak akan mencegah jika Anda maunya lebih memperkirakan berapa banyak kalori yang ingin Anda bakar setiap hari, lalu  kemudian menyesuaikan asupan yang sesua – tapi hal itu itu tidak dibutuhkan dalam rencana diet itu sendiri.

Menu makan diet mayo

Untuk mengadopsi diet ini, Anda juga akan perlu belajar dan mengadopsi metode cara makan “piramida makanan” Mayo Clinic. Piramida makanan secara tradisional umumnya memasukkan roti, sereal, nasi dan pasta sebagai makanan dasar atau bagian terbesarnya. Namun Piramida diet Mayo Clinic mencakup semua jenis buah dan sayuran yang disarankan dengan porsi tak terbatas.

Meskipun tidak  mudah untuk mengadopsi diet jenis baru ini, namun tidak terlalu sulit untuk menyesuaikan diri dengan piramida makanan.
Hal positif dari diet Mayo jauh lebih besar daripada hal negatifnya.  Mayo Clinic telah merintis diet yang berkelanjutan, yaitu yang  mendorong gaya hidup sehat dan kebiasaan baik seumur hidup.

Referensi

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *