Diet Makanan terbaik Untuk Penderita Asam Urat

Diet Makanan terbaik Untuk Penderita Asam UratKadar asam urat tinggi dalam darah yang dibiarkan pada akhirnya bisa membentuk radang pada sendi atau yang disebut dengan Gout artrithis. Gout adalah kelebihan asam urat yang membentuk kristal, dan menumpuk pada persendian yang umumnya dimulai dari jari kaki. Gout lama-kelamaan akan mengikis persendian dengan sakit yang sangat luarbiasa, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan cacat. Asam urat tinggi bahkan bisa mengakibatkan komplikasi lain, seperti jantung, stroke, darah tinggi bahkan ginjal.

Advertisement

Asam urat adalah senyawa kimia yang dibuat ketika tubuh memecah zat yang disebut purin. Purin ditemukan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, seperti hati, ikan teri, makarel, kacang kering, kacang polong, bir, dan anggur. Purin juga merupakan bagian dari substansi tubuh normal, seperti DNA.

Sebagian besar asam urat larut dalam darah dan akan menuju ke ginjal, di mana ia akan dikeluarkan melalui urin. Jika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat atau tubuh tidak cukup mampu mengeluarkannya, maka tubuh Anda mungkin akan sakit. Kadar asam urat dalam tinggi dalam tubuh disebut dengan hyperuricemia.

Penyebab asam urat tinggi

  • Dalam banyak kasus, orang  menderita kadar asam urat tinggi karena alasan genetika.
  • Diet yang tak sehat juga bisa menjadi faktor penyebabnya. Asupan dari makanan tinggi purin, sirup jagung fruktosa tinggi, dan gula pasir dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat.
  • Masalah ginjal – hal ini bisa berakibat berkurangnya ekskresi asam urat oleh ginjal.
  • Penurunan berat badan yang cepat dapat meningkatkan kadar asam urat .
  • Beberapa obat, seperti diuretik thiazide, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah dengan mengganggu kerja ginjal.

Agar kadar asam urat selalu terjaga dan tidak mengakibatkan Gout artritis, selain melakukan pengobatan, perubahan diet sederhana juga akan membantu untuk mengontrol kadar asam urat Anda.

Lihat juga :  Benarkah seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi?

Berikut Diet Makanan terbaik Untuk Penderita Asam Urat

Makanan tinggi serat

Menurut University of Maryland Medical Center, makan-makanan yang tinggi serat dapat membantu untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Ini karena Serat dapat membantu menyerap asam urat dalam aliran darah, dan kemudian mengeluarkannya melalui ginjal. Ini bukan berarti harus makan banyak-banyak makanan berserat, posisinya hanya lebih baik mengganti makanan tidak sehat sebelumnya. Sayur dan buah umumnya tinggi serat.

Minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun cold pressed untuk memasak, menggantikan mentega atau minyak nabati. Minyak yang telah mengalami panas atau pengolahan akan berubah menjadi tengik dengan cepat. Minyak yang tengik dapat menghancurkan vitamin E dalam tubuh, dimana yang diperlukan tubuh untuk mengontrol kadar asam urat.

Dosis sehat vitamin C

Untuk membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, minum secara teratur 500 miligram vitamin C  akan menurunkan kadar asam urat dalam waktu satu atau dua bulan.

Makanan yang kaya antioksidan

Buah-buahan dan sayuran seperti paprika merah, tomat, blueberry, apel, dan brokoli merupakan sumber yang kaya vitamin dan antioksidan. Antioksidan adalah vitamin yang yang akan mencegah molekul radikal bebas  menyerang organ dan jaringan sel, serta dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Pilih karbohidrat kompleks

Lebih banyak Makan biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, daripada makan-makanan karbohidrat olahan seperti roti putih, kue dan permen. Karena makanan yang kaya karbohidrat kompleks akan membuat kenyang lebih lama, dan mencegah makan terlalu banyak guna menjaga berat badan yang sehat.

Buah ceri

Ceri mengandung senyawa kimia yang dapat membantu untuk menetralkan asam urat, yang memungkinkan tubuh untuk mengeluarkannya bersama limbah tubuh. Beberapa peneliti merekomendasikan untuk mengkonsumsi 30 sampai 40 ceri setiap empat jam selama serangan gout.

Lihat juga :  Apakah kolesterol tinggi dan dampaknya bagi kesehatan?

Cuka sari apel

Cuka sari apel mentah bisa membantu meringankan kadar asam urat tinggi dengan mengubah nilai pH darah. Tapi cuka apel disini adalah yang masih mentah, belum disuling atau dipasteurisas dan bisa didapatkan di toko makanan kesehatan.

Minum Banyak Air

Minum banyak air untuk membantu menyiram asam urat dari tubuh Anda.
Minum minimal 3 dan 1/2 liter air setiap hari. Air adalah media yang akan membantu ginjal untuk  mengeluarkan kotoran dari tubuh Anda.

Yang perlu dihindari atau dibatasi bagi penderita asam urat tinggi

Hindari makanan-makanan berikut, karena hanya akan memperburuk sakit asam urat Anda. Selain itu juga hanya akan memperlambat proses pemgobatan asam urat Anda.

  • Hindari kue, kue kering, kue dan makanan manis lain yang kaya akan lemak jenuh dan lemak trans.
  • Lemak jenuh, lemak trans, dan gula -Semua ini akan mempengaruhi tingkat trigliserida, yaitu sejenis lemak yang dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Jika Anda menderita asam urat, jauhkan makanan atau camilan yang digoreng, dipanggang dan dioven.
  • Sirup jagung tinggi fruktosa-Ini adalah salah satu jenis pemanis yang umum dipakai dalam minuman ringan dan makanan olahan lainnya, yang dapat meningkatkan kadar trigliserida dan asam urat.
  • Hindari diet protein tinggi dalam penurunan berat badan, yang dapat menyebabkan tubuh untuk menghasilkan asam urat terlalu banyak(hyperuricemia) .
  • Batasi makan daging, dan unggas – protein hewani yang tinggi purin, dan ini akan mengakibatkan semakin tingginya kadar asam urat dalam  darah.
  • Batasi makan jerohan, kacang tanah, tape, kacang belinjo, ikan teri, ikan sarden dan ikan makarel, karena makanan-makanan tersebut dikenal tinggi purin.
  • Alkohol akan mengganggu tubuh untuk mengeluarkan asam urat.  Jika Anda rentan dengan serangan asam urat, sebaiknya membatasi mengkonsumsi alkohol.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *