Apakah Diet bebas gluten?

Diet bebas gluten adalah diet yang menghindari segala makanan yang mengandung tinggi gluten, yang bertujuan supaya tubuh penderita merasa lebih baik bagi. Gluten sediri adalah protein yang banyak ditemukan dalam makanan termasuk gandum, barley, dan produk-produknya, adalah makanan baru yang masih relatif untuk diet manusia. Dengan demikian pada beberapa orang bisa mengalami intoleransi gluten pada pencernaan, yang bisa menyebabkan penderitaan fisik dan emosional substansial. Namun kebanyakan orang tidak menyadari akan efek gluten terhadap tubuh mereka.

Advertisement

Diet bebas gluten

Tujuan

Diet bebas gluten terutama sangat penting bagi penderita penyakit celiac, yaitu suatu penyakit yang tergolong alergi atau kondisi pencernaan yang tidak bisa mentolerir zat tertentu dari makanan. Mengkonsumsi gluten pada penderita penyakit celiac bisa menyebabkan serangan autoimun pada usus/peradangan usus, gangguan pencernaan, dan berpotensi kehilangan banyak nutrisi penting. Bagi banyak orang yang memiliki sensitifitas gluten, hal ini bisa menyebabkan gangguan usus. Para pemerhati kesehatan mengklaim bahwa diet bebas gluten juga akan meringankan sejumlah penyakit lain, termasuk ADHD, masalah pencernaan, eksim, kelelahan kronis, penyakit tiroid, dan kelebihan berat badan.

Makanan tinggi gluten

Makanan yang dikenal sangat tinggi gluten adalah gandum, rye, dan barley, plus semua produk-produk gandum yang meliputi terigu, roti, pasta, wafel, dan kerupuk. Bir dan sereal granola juga merupakan makanan tinggi gluten.

Makanan rendah gluten

Banyak makanan yang secara alami sudah rendah gluten. Makanan tersebut termasuk jenis kacang-kacangan, beberapa jenis sereal, jagung, buah-buahan, sayuran, daging, ayam/unggas, ikan, makanan berbahan dasar susu, kentang, dan nasi. Selain itu, beberapa biji-bijian juga bebas gluten, yang bisa digunakan dalam diet rendah gluten, termasuk bayam, tepung garut, soba, jagung, rami, kacang-kacangan, millet, quinoa, tepung beras, beras, sorgum, tapioka, dan nasi. Sudah banyak produk makanan yang dibuat khusus dengan label bebas gluten.

Lihat juga :  Apakah air kelapa baik diminum oleh penderita diabetes?

Kapan seseorang bisa memulai diet bebas gluten?

Seperti sudah termasuk penjelasan diatas, bebas gluten penting bagi penderita penyakit celiac. Penderita penyakit ini akan mengalami peradangan parah pada usus, jika mengkonsumsi makanan tinggi gluten. Untuk menentukan penyakit bisa dengan melihat hasil tes darah, walaupun biopsi dari usus kecil sebenarnya  sudah sangat meyakinkan. Bagi penderita kepekaan gluten, ADHD, tiroid, mungkin akan lebih nyaman jika mengikuti diet bebas gluten.

Kesulitan dan efek samping

Bagi orang Indonesia yang makanan pokoknya adalah nasi, jagung atau ketela, diet bebas gluten bukanlah masalah yang besar. Kebutuhan karbohidrat kompleks untuk energi dan bersifat mengenyangkan sudah ada pada nasi, sementara untuk kebutuhan gizi lain termasuk serat, protein, asam lemak, dan mineral, sudah bisa terpenuhi dari mengkonsumsi sayuran, susu, daging, ikan, buah-buahan, tepung garut, kentang, dan biji-bijian. Bagi kita tentunya tidak ada efek samping, tidak mahal, namun hanya menghindari segala makanan yang berbahan gandum dan terigu, barley, dan rye, karena bahan makanan ini bukanlah bahan makanan pokok bagi kebanyakan kita.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *