Dampak kegemukan pada kesehatan anak

tips menurunkan berat badan untuk anakAnak-anak dikehidupan modern saat ini umumnya lebih suka menghabiskan banyak waktu mereka didepan komputer, gadget, bermain video game, dan menonton televisi. Hal ini otomatis membuat mereka menjadi malas bermain diluar rumah seperti bermain sepak bola, berlari-larian, bersepeda, dan outbound. Dari sinilah masalah obesitas menjadi lebih cepat berkembang pada anak-anak sekarang. Mereka masih anak-anak, dan semua sepenuhnya mengenai masalah ini adalah tanggung jawab orang tua sepenuhnya. Orang tua harus bisa membimbing, mengarahkan, bahkan merubah kebiasaan anak-anak mereka dengan perhatian dan kedisiplinan. Penting untuk mengubah masalah ini pada anak, termasuk cara makan atau menu makan, dan jumlah mereka berolahraga. Obesitas adalah masalah yang serius, karena bisa menyebabkan sejumlah efek samping dan masalah kesehatan.

Advertisement

Beberapa kondisi kesehatan yang bisa disebabkan oleh karena obesitas pada anak-anak

Masalah jantung

Penyakit jantung adalah kondisi umum yang bisa mempengaruhi anak-anak dengan masalah obesitas. Penyakit jantung bisa berawal dari kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, merupakan kondisi yang sangat mungkin terjadi pada orang dengan kelebihan berat badan. Keduanya akan membuat jantung menjadi bekerja lebih keras dari normalnya, sehingga akhirnya bisa menyebabkan masalah jantung kemudian hari. Dengan demikian, kegemukan akan membuat kualitas hidup Anak-anak menjadi rendah.

Beresiko diabetes dimasa depan

Anak-anak dengan obesitas lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes dikemudian hari, terutama diabetes type 2. Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi serius yang perlu diobati seumur hidup, dan kegemukan akan semakin memperburuk kondisi dan bisa menempatkan resiko pada kehidupan anak-anak. Anda bisa mengurangi risiko terkena diabetes dengan menurunkan berat badan anak Anda, dengan membuat mereka aktif atau olahraga serta menjalankan gaya hidup sehat.

Lihat juga :  Manfaat dan kebutuhan Kalsium bagi pertumbuhan Anak

Memperparah masalah sendi dan tulang

Masalah ini hampir tidak bisa dihindari, baik anak-anak maupun orang dewasa dengan masalah kegemukan. Ketika tubuh sudah terlalu banyak membawa berat badan, itu akan menempatkan ketegangan pada tulang dan sendi. Osteoarthritis adalah masalah persendian yang bisa menjadi sangat menyakitkan pada orang yang obesitas, namun bisa dicegah jika Anda bisa meyakinkan anak-anak untuk menjaga berat badan yang sehat dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Efek psikologis

Efek psikologis pun juga bisa terjadi pada anak-anak yang kegemukan. Sebagian besar anak-anak yang hidup dengan masalah ini umumnya memiliki masalah dengan kepercayaan diri. Umumnya mereka menjadi minder, sehingga kurang bisa bersosialisasi daripada anak lain yang dengan berat badan normal. Hal ini tentu bisa menyebabkan masalah lebih lanjut seiring bertambahnya usia mereka, karena mereka nanti tidak bisa mengembangkan pergaulan dengan baik. Keyakinan dan percaya diri sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan yang sehat di masa anak-anak. Dengan demikian menjadi sangat penting untuk memecahkan masalah berat badan ini, sehingga anak-anak bisa tumbuh dengan rasa percaya diri yang tinggi dan memiliki citra tubuh yang positif.

Tips :

Untuk menghindari penyakit jantung, diabetes type 2, darah tinggi, osteoporosis dan masalah psikologis, sangat penting untuk mengendalikan masalah berat badan pada anak-anak secepatnya.

  1. Pastikan dalam keluarga terbiasa dengan memasak makanan sehat, dan secara bersama-sama memiliki waktu untuk bisa aktif.
  2. Buatlah jadwal keseharian dalam keluarga Anda dengan aktifitas luar rumah yang sehat, seperti pergi berenang, bersepeda, berjalan kaki, atau kegiatan positif lain yang melibatkan aktifitas fisik. Hal ini akan memupuk kebiasaan anak-anak agar terbiasa hingga dimasa depan mereka nanti.
  3. Daftarkan anak-anak Anda untuk mengikuti ekstra kurikuler olahraga, untuk mengembangkan keterampilan fisik yang membantu mereka untuk menjalani gaya hidup sehat.
  4. Kalau perlu memberikan wawasan gizi makanan, dimana nanti hal ini akan membantu mereka untuk memilah dan mau mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi untuk menjaga berat badan yang sehat dan mencegah penyakit.
Lihat juga :  Top 10 Makanan terbaik Untuk anak agar Cepat tumbuh dan tinggi

Anak-anak belajar dengan cara mencontoh kebiasaan orang terdekat mereka, terutama orang tua mereka. Jangan sampai Anda sebagai orang tua menyuruh anak-anak untuk berolahraga, makan sayur, buah, menjalani gaya hidup sehat, sementara Anda sendiri mengabaikan itu semua. Apa yang Anda jalani, itulah yang akan dicontoh oleh anak-anak. Ada sebuah kata bijak yang mengatakan :“Orang tua adalah figur atau model yang ideal bagi anak-anaknya.”

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *