Daging Ayam mengandung Nutrisi dan Protein tinggi

kandungan gizi ayamDaging ayam paling tinggi mengandung protein, vitamin, dan mineral, namun lebih rendah lemak dan kolesterol. Tahukah Anda bahwa ayam adalah menu yang paling banyak gemari, sehingga tak aneh jika lebih dari 90% restoran di seluruh dunia menyajikan ayam. Dalam budaya kita sendiripun, ayam selalu hadir dalam menu-menu masakan tradisional, baik untuk selamatan dan menu hidangan rumah tangga.

Advertisement

Daging Ayam adalah sumber protein tinggi, yang sangat diperlukan untuk sejumlah fungsi penting dalam tubuh. Protein juga penting untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain kaya protein, ayam juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

Baca juga : Kelebihan daging ayam kampung daripada ayam potong

Tabel Informasi Gizi berikut untuk 100 gram porsi ayam :

  • Total Lemak 4 g
  • Lemak Jenuh 1 g
  • Kolesterol 85 mg
  • Sodium 74 mg
  • Protein 31 g

Daging ayam juga menyediakan vitamin, mineral dan protein. Fakta nutrisi penting lainnya dari ayam adalah lebih rendah lemak. Lebih dari setengah lemak yang dikandungnya adalah lemak tak jenuh, yang sebenarnya membantu kita untuk menurunkan kolesterol.

Kandungan Gizi dan Manfaat daging ayam bagi kesehatan

Vitamin

Ayam banyak mengandung vitamin B6, yang yang diperlukan tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, lemak dan protein, memproduksi sel darah merah, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ayam bisa memberikan Anda hampir 36% dari seluruh kebutuhan harian vitamin B6.

Vitamin B3 atau Niacin juga sangat tinggi yang ditemukan dalam daging ayam, yaitu bisa memberikan hampir 72% dari total kebutuhan harian tubuh kita. Vitamin ini diperlukan untuk metabolisme makanan, mengambil energi dari makanan, dan menjaga fungsi sistem pencernaan, kulit dan saraf. Tubuh yang kekurangan asupan vitamin B3 bisa mengalami kondisi pellagra, yaitu penyakit yang ditandai dengan diare, dermatitis, hiper pigmentasi, radang mulut dan lidah, demensia, bahkan kematian.

Lihat juga :  Manfaat Kesehatan dan kandungan gizi Rempela Ayam

Baca juga : Makanan yang banyak mengandung vitamin B Kompleks

Mineral

Mineral penting yang diperlukan oleh tubuh kita adalah selenium, dan daging ayam menyediakan hampir 40% selenium dari total kebutuhan harian tubuh Kita. Selenium juga memiliki sifat antioksidan, yang berguna untuk melindungi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memastikan fungsi normal dari kelenjar tiroid. Selain selenium, daging ayam juga menyediakan bagi kita cukup fosfor – yang sangat penting untuk pembentukan serta perawatan gigi dan tulang – bagi pertumbuhan, termasuk perbaikan dan perawatan jaringan otot. Fosfor dalam daging ayam yang besar bisa memenuhi hampir 36% dari total kebutuhan harian. Fosfor dan vitamin B6 secara bersama-sama bisa memfasilitasi fungsi ginjal dan sistem saraf. Kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh juga terkandung dalam daging ayam, yaitu 4 ons mengandung sekitar 300 miligram kalium.

Ayam juga memberikan tubuh kita beberapa asam amino yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh, yaitu yang disebut dengan nama asam amino esensial. Hal ini juga sumber zinc, yang digunakan tubuh dalam pembentukan hormon.

Fakta daging Ayam

Biasanya kulit ayam juga mengandung lemak, oleh karena itu disarankan untuk melepaskan kulit dan lemaknya untuk menjaga kualitas gizinya. Juga lebih baik untuk memasak ayam dengan daging yang sedikit lemak, atau dengan hanya sedikit minyak. Memanggang atau disertakan kedalam kue seperti lemper, pasti akan memberikan Anda lebih banyak gizi dan manfaatnya bagi kesehatan, juga menambahkan variasi untuk diet Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *