Daftar Makanan yang mengandung serat tinggi

Makanan mengandung serat tinggiSerat makanan sangat penting untuk menunjang kesehatan secara optimal. Manfaat serat bagi kesehatan diantaranya adalah, mencegah sembelit, mencegah kanker colon, menjaga kadar gula darah, menjaga tingkat normal kolesterol, menjaga berat badan dll. Begitu banyak kegunaan serat makanan ini bagi tubuh kita, oleh karena itu penting untuk selalu memenuhi asupan makanan tinggi serat setiap hari. [ Baca juga: Manfaat Serat bagi kesehatan tubuh]

Advertisement

Makanan tinggi serat

Serat makanan banyak ditemukan dalam berbagai jenis makanan kita sehari-hari, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Berikut ini daftar tertinggi makanan yang mengandung serat:

Buah-buahan

Dari golongan buah, alpukat adalah yang tertinggi yaitu akan memberikan 10g serat setiap 1 buah sedang. Selanjutnya adalah buah berry yang menawarkan sekitar 8 g serat per cangkirnya. Sementara buah yang tinggi serat lainnya yang akan memberikan serat bagi anda sekitar lebih kurang 5 gr per buah adalah apel, pear, pepaya, pisang dan jeruk. Sementara anggur kering atau raisin hanya mampu memberikan serat sekitar 1 g per ons.

Sayur sayuran

Sayuran tertinggi mengandung serat adalah brokoli, yang menawarkan sekitar 5,1g serat per-cangkir rebus. Sayuran lain yang menawarkan serat sedikit dibawah brokoli adalah lobak, kubis, dan jagung manis. Sementara itu 1 kentang kecil panggang dengan kulit memberikan 1,3g serat, dan 1 wortel mentah memberikan 1,7g serat.

Kacang kacangan

Kacang banyak mengandung banyak serat. Menurut ahli gizi, kacang hitam dan kacang merah adalah jenis kacang yang merupakan sumber terbaik serat. Anda akan mendapatkan sekitar 15 g serat untuk setiap porsi 1 cangkir. Kacang-kacangan lain, seperti kacang mete, kacang almond juga tinggi serat. Sementara itu per cangkir Kacang hijau akan memberikan sekitar  8.8g serat, dan kacang kedelai bisa memberikan serat hingga 11g percangkirnya.

Lihat juga :  Cara Ampuh menaikkan berat badan selama Kemoterapi

Biji-bijian

Spaghetti, gandum, Oatmeal instan, Popcorn, beras, Beras merah, Roti gandum semuanya merupakan makanan sumber serat. Biji bijian lainnya adalah biji bunga matahari, dengan 3,9g serat persajian 1/4 cangkir.

Itulah jenis makanan sehari-hari kita yang mengandung serat tinggi. Serat terutama akan membantu kita agar jauh dari masalah pencernaan, sembelit hingga kanker usus besar. Pencernaan adalah maalah vital bagi kesehatan, yang juga bertanggung jawab terhadap kelancaran pasokan nutrisi dari makanan yang kita makan kepada seluruh anggota tubuh. Jadi, serat sangat penting dong?..

Referensi Gizi: USDA

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *