Daftar 10 makanan yang baik untuk pertumbuhan Anak

Makanan sehat balitaUsia anak antara dua sampai 12 tahun adalah usia dimana mereka tumbuh lebih cepat, sehingga sangat penting untuk diberi makanan yang benar dan dengan cara yang dengan benar. Selama tahun-tahun penting perkembangan anak tersebut, makanan yang diberikan kepada anak haruslah menyediakan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin yang penting untuk mereka pertumbuhan dan perkembangan mereka. Tanpa kelengkapan gizi tersebut, pertumbuhan anak-anak bisa terhambat dan, dalam kasus-kasus serius, bahkan mempengaruhi perkembangan dan kemampuan mental dan motorik anak. Nutrisi -nutrisi penting ini terdapat dalam kelompok makanan, terutama biji-bijian, buah-buahan, sayuran, susu, dan protein. Baca juga : Top 10 makanan yang sehat untuk Balita

Advertisement

Inilah Top 10 makanan yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak :

1. Buah Berrie

Buah Stroberi dan blueberry kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beberapa fitokimia penting. Zat-zat ini bermanfaat melindungi sel-sel sehat dari kerusakan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Kelompok buah ini bisa digunakan sebagai topping untuk es krim, yoghurt, pancake, dan sereal. Tambahkan blueberry pada adonan pancake untuk membuat blueberry pancake.

2. Telur

Telur sangat tinggi protein dan vitamin, dan telur adalah salah satu makanan sumber kolin paling banyak, yaitu nutrisi penting yang membantu perkembangan otak.
Telur bisa direbus, goreng , orak-arik, atau untuk membuat omelet. Juga bisa ditambahkan kedalam sup, bubur, saus, nasi dan mie, atau dibuat makanan penutup seperti puding.

3. Susu sapi murni

Susu sapi adalah sumber kalsium dan fosfor yang baik, yaitu jenis mineral yang penting untuk membangun tulang dan otot usia anak-anak. Berikan susu dengan lemak(jangan susu skim atau rendah lemak), jika anak Anda belum berusia dua tahun, kecuali anak kelebihan berat badan.
Susu untuk sarapan yang cepat dan mudah, sajikan dengan sereal atau cookies, atau mencampur dengan buah-buahan.

Lihat juga :  Manfaat penting dan dosis vitamin C untuk Anak

4. Selai kacang

Kacang banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal, juga menyediakan energi dan protein untuk anak-anak. Namun, beberapa produk selai mungkin mengandung garam, gula, minyak sawit, dan lemak terhidrogenasi, yang mengurangi kualitas gizi.

5. Gandum

Serat dalam gandum bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit .
Berikan anak sereal gandum dan biskuit gandum untuk camilan. Campur dengan biji-bijian lain seperti beras merah, nasi putih, atau roti putih supaya enak.

6. Daging

Daging kaya akan protein dan zat besi. Zat Besi berguna untuk mengoptimalkan perkembangan dan fungsi otak, dan mendukung sistem kekebalan tubuh anak.
Pilihlah potongan daging yang lunak, dicincang atau dipotong kecil-kecil. Campur daging sapi cincang, ayam atau ikan dengan tahu, telur, remah roti, atau kentang tumbuk.

7. Ikan

Ikan juga kaya akan protein, dan membantu untuk membangun otot dan tulang yang sehat. Ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan sarden, juga mengandung asam lemak omega 3 dalam jumlah tinggi, yang berguna untuk mendukung perkembangan mata, otak dan saraf. Campurkan daging ikan dengan nasi, tahu, atau kentang .

8. Keju

Keju sangat banyak menyediakan protein, kalsium, fosfor dan vitamin D , sehingga keju sangat bagus untuk pertumbuhan tulang yang sehat.
Anak-anak mungkin lebih menyukai keju dengan rasa yang ringan seperti keju mozzarella. Keju bisa diberikan kepada anak bersama roti keju pada roti atau pizza, atau diparut dan ditaburkan atas pasta, nasi goreng atau mie.

9. Brokoli

Brokoli sarat dengan nutrisi, yang bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan mata dan mencegah kerusakan sel. Sayuran ini juga menyediakan banyak serat yang bermanfaat meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Bahkan brokoli menempati urutan pertama sebagai sayuran yang paling bergizi sedunia
Potong brokoli kecil-kecil. Sajikan dengan dips (dressing salad, saus keju, saus tomat atau saus wijen, atau taburi dengan keju parut di atasnya. Anda juga bisa menggunakan brokoli atau sayuran sebagai topping untuk pizza atau untuk mengisi omelet.

Lihat juga :  Buah dan sayuran yang paling tinggi mengandung Vitamin C

10. buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah

Buah-buahan dan sayuran berwarna cerah termasuk wortel, labu, ubi jalar, tomat dan buah pepaya, yang tinggi beta karoten dan karotenoid lain yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kulit dan penglihatan yang baik, pertumbuhan anak, dan perbaikan jaringan tubuh. Buah sayuran bisa diberikan kepada anak untuk nasi, nasi tim, salad, dan lain-lain, sesuai kreasi Anda

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *