Cara Terbaik Minum Madu

cara terbaik minum maduPara ahli sepakat bahwa madu adalah salah satu makanan alami yang paling bergizi yang ada dimuka bumi ini. Madu yang dihasilkan oleh lebah tidak hanya mengandung gula alami yang sehat, tetapi juga banyak mengandung banyak vitamin, mineral dan senyawa kimiawi alami bermanfaat lainnya. Namun sama seperti bahan/makanan lainnya, mengkonsumsi madu juga harus ada batas dan aturannya; karena jika tidak, bisa saja berdampak kurang baik bagi kesehatan ketika Anda salah mengkonsumsinya. Apa saja manfaat madu bagi kesehatan? Untuk info hal itu secara lengkap Anda bisa membacanya disini

Advertisement

Berikut adalah beberapa panduan yang harus diikuti siapa saja sebelum mengkonsumsi madu untuk kesehatan yang lebih baik

Madu tidak boleh untuk penderita diabetes

Gula putih biasa dan beberapa buah-buahan yang tinggi gula tidak diperbolehkan untuk penderita diabetes, karena tentu saja akan memicu perubahan kadar gula darah yang tak menentu. Hal yang sama ini juga berlaku untuk madu, walapun terkenal sebagai pengganti gula alami terbaik karena ada manfaat ganda bagi kesehatan. Hal ini karena madu mengandung glukosa dalam jumlah yang sangat tinggi, yaitu jenis senyawa gula yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Lonjakan glukosa dalam darah yang secara tiba-tiba dapat mendatangkan bencana pada keseimbangan tubuh penderita diabetes. Jika penderita diabetes membutuhkan pemanis alami, bisa mencoba alternatif lain seperti madu putih bebas glukosa.

Madu tidak dianjurkan untuk balita, terutama bayi

Bayi dan balita masih belum memiliki kekebalan tubuh yang begitu kuat seperti anak yang lebih tua atau remaja, karena sistem kekebalan tubuh mereka masih dalam tahap berkembang. Madu tidak dianjurkan bagi balita apalagi bayi, hal ini karena madu mungkin mengandung bakteri dan racun yang dapat menyebabkan botulisme. Botulisme adala racun yang bisa hadir selama proses pembuatan, pengangkutan, dan penyimpanan. Jika racun alam ini masuk ke dalam tubuh bayi, akibatnya bisa menyebabkan suatu bentuk keracunan makanan, dan dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak, bahkan kematian.

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Madu

Cara terbaik dan sehat minum madu

Madu adalah makanan yang bisa diproduksi lebah sepanjang tahun, dan madu juga dapat dikonsumsi hampir setiap saat sepanjang hari. Namun untuk mengkonsumsi madu, sangat dianjurkan pada pagi hari yaitu ketika tubuh sedang membutuhkan tambahan energi. Rekomendasi konsumsi madu harian antara 50 -100 gram per hari.

Mempersiapkan madu: Meskipun ada banyak cara untuk mengolah dan mengkonsumsi madu, bahkan anda dapat mengkonsumsinya ketika masih baru saja diambil dari sarang lebah. Namun ada beberapa cara yang dianggap salah. Menambahkan madu kedalam air panas akan menghancurkan enzim dalam madu, sehingga hal ini akan mengurangi manfaat kesehatan madu secara keseluruhan. Selain itu, madu tak perlu ditambah dengan makanan yang kaya vitamin seperti vitamin C dan D, karena kandungan mineral dalam madu dapat merusak vitamin ini – dengan demikian secara efektif akan meniadakan potensi manfaat kesehatannya. Madu tidak boleh dicampur dengan tahu, karena kombinasi keduanya dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan negasi nutrisi.

Kesimpulan

Madu sampai detik ini masih merupakan salah satu dari banyak karunia alam asli. Namun jika Anda mengkonsumsinya dengan cara yang salah, maka Anda tidak akan mendapatkan manfaat yang terbaik darinya. Bahkan yang lebih buruk lagi, yaitu justru malah merugikan kesehatan. Konsumsilah madu dengan cara yang benar, maka tubuh Anda akan menjadi lebih baik. Satu catatan lagi, dapatkanlah madu asli/murni, kalau Anda memang harus minum madu demi kesehatan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *