Top 10 Cara Mudah Agar BAYI bisa TIDUR PULAS Semalaman

Cara agar bayi tidur pulas semalamanMengasuh bayi memang salah satu kewajiban ibu-ibu yang paling kompleks, sejak mulai dari mengganti popok, memandikannya, mengajaknya bermain, menyusui ASI, dan masih banyak lagi hingga sampai saat menidurkannya. Berbicara mengenai menidurkan Bayi nih,,, hal ini biasanya menjadi persoalan tersendiri, sebab bayi terkadang susah tidur atau tidur yang tidak pulas. Terutama pada saat malam hari, tentu ibu-ibu akan menjadi lebih repot lagi jika bayinya sebentar-sebentar bangun, rewel dan susah tidur – yah, tentu saja karena ibu besok harus menyiapkan kewajiban menjalankan perawatan bayinya yang lain.

Advertisement

Tidur adalah sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi yang lebih optimal. Bayi yang baru lahir biasanya bisa tidur dalam 16 sampai 17 jam tiap hari, dan terjaga mulai dari 2 hingga 4 jam pada siang atau malam hari untuk beberapa minggu awal. Ketika bayi elah mencapai usia 6 sampai 8 minggu, umumnya mulai tidur lebih singkat pada siang harinya dan  lebih lama pada malam hari.

Anda bisa melakukan sedikit penyesuaian dan bantuan kepada bayi Anda supaya dapat dengan mudah dan senang untuk belajar tidur pada malam hari. Mungkin pada awalnya bayi mencoba untuk memprotes ibu, tapi segera setelah itu ia akan terbiasa dengan perubahan tersebut. Terkadang semua kebiasaan baik harus diusahakan agar dapat bekerja maksimal, dan tidur yang baik  meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang bayi Anda.

Berikut 10 Tips dan cara terbaik agar Bayi dapat tidur pulas semalaman tanpa rewel sampai pagi :

1. Pergunakan alat bantu tidur bayi white noise

Jika bayi Anda sangat mudah terbangun oleh suara, misalnya suara klik tombol lampu, atau suara pintu yang ditutup, maka Anda perlu untuk memutar white noise.

White noise adalah alat bantu tidur untuk bayi yang paling efektif, dan mudah untuk digunakan. Suara yang dihasilkan alat ini mirip dengan suara yang didengar bayi saat di dalam rahim. Suara berirama yang dihasilkan akan membantu bayi Anda tidur lebih lama dan bahkan mengurangi stres.

Tersedia juga aplikasi white noise yang bisa anda unduh gratis di ponsel pintar kesayangan anda.

2.  Memberi makan bayi tepat pada waktunya

Rutinitas tidur termasuk memberinya makan yang benar, agar  bayi sudah merasa kenyang saat pergi tidur dan tidak terbangun karena kelaparan.

Cobalah untuk memberi makan bayi Anda sekurangnya 30 menit sebelum jadwal tidur malam yang sudah dibuat. Jika bayi Anda sudah mulai diberikan makanan padat atau MPASI, berikan yang lembut dan sehat. Hindari makanan yang dapat menyebabkan gas atau kembung pada bayi.

Jika bayi Anda berusia kurang 6 bulan, pastikan bayi bersendawa setelah makan. Angin yang ikut masuk dalam perut bayi bersama makanan akan membuatnya tidak nyaman dan dapat menyebabkannya menjadi sering menangis pada malam hari.

Berikan makan malam dengan suasana yang tenang, dan lebih hidup dan ceria pada siang hari. Hal ini akan membantu bayi untuk belajar membedakan antara siang dan malam hari.

Jika si kecil  bangun dan menangis, tunggulah selama 10 menit sebelum menawarkan susu formula atau susu ASI.

3. Ikuti rutinitas tidur yang konsisten

Bayi bisa belajar dengan mudah dan mengikuti jadwal tidur dengan konsisten. Hal ini akan membantunya dapat tidur lebih lama.

Lihat juga :  Apakah memberikan dot baik untuk Bayi?

Membiasakan rutinitas tidur yang konsisten akan memberikannya sinyal yang tepat yang dipahami bayi bahwa waktunya untuk tidur sudah tiba. Ketika bayi sudah tahu apa yang akan terjadi kemudian, dia lebih cenderung akan menerimanya dan cepat terbiasa.

Ajarkan rutinitas tidur yang sederhan, dimulai dengan pijatan ringan, kemudian mandi air hangat, yang selanjutnya diberikan pakaian dan popok bersih. Putar beberapa lagu yang lembut, berikan pelukan yang hangat dan lembut  akan membantu membiasakan bayi. Setelah itu bayi Anda akan segera mengaggap kegiatan ini adalah saatnya tidur.

4.  Hindari pencahayaan ruangan tidur yang terang-benderang

Sama seperti orang dewasa yang  tidak bisa tidur di kamar dengan cahaya yang terang benderang, bayi Anda juga bisa begitu. Lampu yang terang bisa sangat mengganggu bagi bayi Anda. Namun hal ini bukan berarti kamar harus gelap gulita!

Menggunakan lampu yang redup di malam hari akan membantu bayi Anda untuk belajar membedakan antara siang dan malam. Hal ini juga akan membantu mengatur ritme sirkadian atau  jam biologis bayi.

Walaupun jika Anda perlu untuk mengganti popok di malam hari, usahakan tetap dengan cahaya lampu yang redup. Lakukan dengan sedikit berbicara dan se interaktif mungkin, misalnya “Ayo adik, saatnya ganti popok dulu yaa?..” dengan nada pelan dan lembut tentunya…

5. Mengatur Suhu Kamar yang sesuai

Jika Anda tidak dapat  tidur nyenyak di kamar yang berhawa terlalu panas atau terlalu dingin, maka demikian halnya juga dengan bayi Anda .

Cobalah untuk mengatur suhu dan kelembaban kamar yang tepat untuk membantu bayi Anda dapat tertidur dengan nyenyak.

Jika bayi Anda terlihat berkeringat, lepaskan selimut atau lapisan pakaian. Jika bayi Anda terlihat kedinginan,  tambahkan lapisan kain.

Jangan membuat suhu hangat di tempat tidur tibia-tiba menjadi dingin. Hal ini karena Bayi umumnya tidak suka perubahan suhu yang cepat karena dapat membuatnya kesal.

Pastikan ruangan tempat bayi Anda tidur tidak pernah terlalu panas ataupun terlalu dingin.

6. Tempatkan bayi ditempat  tidurnya saat mengantuk

Banyak ibu-ibu yang menggendong sambil menggoyang atau menyusui bayi mereka untuk membantunya tertidur,  lalu kemudian secara diam-diam memasukkan kedalam kotak bayi. Hal ini kurang baik karena dapat menyebabkan bayi sering terbangun di malam hari karena mereka tidak tahu bagaimana cara untuk dapat tidur kembali sendiri.

Baca juga : Buah dan Sayur terbaik untuk diperkenalkan pada Bayi

Jika Anda mengingnkan sikecil bisa tidur pulas sepanjang malam, letakkan dia di atas tempat tidurnya ketika ia sudah terlihat mengantuk. Hal ini mungkin terdengar tidak biasa, tapi efektif untuk membantu bayi bisa belajar tidur sendiri.

Trik ini bisa sangat membantu, tapi mungkin butuh waktu seminggu bagi bayi untuk belajar.

7. Berikan waktu untuk bayi beraktifitas dan tidur siang

Tips ini penting untuk mendorong bayi agar lebih banyak melakukan aktivitas pada siang hari. Pada saat bayi Anda sudah bangun, ajaklah berbicara, menyanyi dan bermain-mainlah dengan sikecil. Stimulasi yang dilakukan pada siang hari ini akan sangat membantu bagi sikecil dapat tidur lebih baik pada malam hari.

Namun pastikan bahwa bayi Anda tidak kelelahan pada malam harinya, karena  hal ini justru dapat membuat bayi lebih sulit terbiasa tidur  di malam hari .

Lihat juga :  10 Makanan penyebab penyakit yang seolah sehat

Berikan waktu untuk tidur siang secara teratur untuk memastikan bahwa bayi Anda tidak lelah.

2-3 kali tidur siang yang singkat antara 20 sampai 30 menit adalah ideal. Namun tidur siang yang  terakhir tidak boleh terlalu dekat dengan waktunya tidur malam yang dijadwalkan.

Namun tidur siang pada balita tidak harus melampaui total lebih dari tiga jam dalam satu hari.

8. Bisa mencoba tida tidur dalam wilayah kasur yang sama

Hindari tidur satu tempat dengan bayi Anda karena hal ini tidak akan membantunya belajar tidur sendiri. Bahkan dapat meningkatkan risiko bayi kena sindrom kematian bayi mendadak. Untuk itu  Ibu harus menghindari menyusui bayinya sambil berbaring di tempat tidur. Masih Satu kamar, namun beda tempat.

Untuk memastikan keselamatan sikecil, Anda dapat menempatkannya didalam boks atau keranjang bayi di kamar tidur Anda. Dengan cara ini, bayi Anda masih akan dekat dengan Anda namun masih ada jarak. Menurut AAP, berbagi kamar benar-benar dapat membantu mengurangi risiko SIDS.

9. Bisa mencoba memberikan dot bayi

Pertimbangkan untuk menggunakan dot bayi, daripada ibu menggoyang-goyangkannya. Gerakan yang teratur pada mulut bayi  saat menggunakan dot akan membantunya bisa terbiasa dengan cepat.

Selain itu, menggunakan dot saat tidur bisa membantu mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak, menurut satu studi yang dupublikasikan dalam Pediatrics tahun 2012.

Namun pastikan untuk menawarkan dot bayi Anda ketika bayi berusia 3 sampai 4 minggu dan Anda telah terbiasa dengan rutinitas merawat bayi yang efektif.

Jika dot jatuh keluar dari mulut bayi saat ia tidur,  dan dia tidak menangis, maka tidak perlu untuk memberikannya kembali. Secara bertahap bayi akan belajar untuk tidur tanpa dot .

Ibu perlu untuk mencuci dan mensterilkan dot setiap hari sebelum diberikan untuk mencegah kuman.Dan kalau perlu ganti dot teratur.

Baca juga : Manfaat wortel untuk bayi umur 6 bulan

10. Waktu tidur yang sama

Untuk dapat membuat bayi tertidur semalaman tanpa terbangun, ibu harus memilih waktu yang sama setiap hari. Sedikit perubahan dalam rutinitas tidur bayi dapat membuatnya rewel.

Menjaga jam tidur yang sama akan membantu mengembangkan jam biologis bayi, yaitu hormon yang mengatur siklus siang dan malam.

Jangan melakukan sesuatu pada bayi dengan berharap ia akan tidur sedikit lebih lama pada keesokan harinya. Hal ini selain dapat membuatnya lelah, juga akan  membuatnya lebih sulit untuk terbiasa.

Tips :

  • Karakter setiap bayi berbeda-beda, sehingga apa bisa bagi bayi Anda,  mungkin tidak bisa untuk bayi yang lain.
  • Bisa memerlukan waktu 3 sampai 14 hari untuk mengubah pola tidur bayi.
  • Jika sikecil terbangun pada malam hari, tunggulah beberapa menit sebelum Anda masuk ruangan. Kebanyakan bayi sedikit rewel dan merengek namun segera kembali tertidur sendiri.
  • Hindari wilayah tidur bayi  terbebas dari selimut,  bantal dan barang-barang lembut lainnya termasuk mainan.
  • Jangan meletakkan bayi di kasur udara walaupun sementara. Ingat, setiap jenis tempat tidur darurat tidak aman bagi bayi
  • Hindari menutupi kepala bayi atau kepanasan saat tidur.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *