Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

cara menyembuhkan sakit tenggorokanCara medis untuk mengobati sakit tenggorokan biasanya menggunakan obat jenis antibiotik jika disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Namun sayangnya tak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh bakteri atau jamur, namun justru virus merupakan penyebab infeksi pada sakt tenggorokan terbanyak yang tak mempan dengan antibiotik. Tergantung penyebabnya, radang tengorokan bisa juga disembuhkan dengan cara alami atau tanpa obat-obatan.  Selain infeksi, penyebab lain sakit tenggorokan juga bisa karena iritasi, asam lambung, habis berteriak secara berlebihan, dan reaksi alergi. Sakit tenggorokan terkadang juga disertai dengan sakit kepala, sakit perut,  dan bengkak di leher. Kondisi yang menyebabkan rasa tak nyaman ini adalah umum terjadi dimana saja dan kepada siapa saja, namun jangan khawatir karena disini ada pengobatan cara alami yang bisa Anda coba sebelum memutuskan untuk membeli obat kimia.

Advertisement

Berikut Cara alami menyembuhkan sakit akibat radang tenggorokan

Jeruk lemon

Anda bisa menggunakan jeruk lemon segar untuk mengatasi sakit tenggorokan, karena hal ini bisa membantu mengeluarkan lendir.

Cobalam air lemon dengan madu hangat. Campur perasan air dari setengah lemon dan1 sdt madu yang dicampur dengan secangkir air hangat, minum secara perlahan.
Hal ini juga bisa dibantu dengan cara berkumur dengan airl lemon segar yang dicampur dengan air hangat dengan perbandingan yang sama.
Anda juga bisa mengiris setengah lemon lalu taburi dengan garam dan merica di atas bidang potongannya. Cara selanjutnya dijilat secara perlahan.

Cuka apel

Cuka apel bisa membantu menyembuhkan sakit tenggorokan karena memiliki sifat antibakteri .

Tambahkan sesendok makan cuka sari apel dan sesendok teh air lemon dan madu kedalam secangkir air hangat dan meminumnya perlahan. Lakukan cara ini sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari untuk terbebas dari rasa sakit dan peradangan akibat radang tenggorokan.
Anda juga bisa membuat campuran cuka sari apel untuk berkumur. Campurkan sesendok teh garam dan sesendok makan cuka sari apel dan secangkir air hangat. Gunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.

Lihat juga :  Makanan yang baik untuk penderita stroke

Kayu manis

Kayu manis juga berkhasiat bagus, juga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan yang biasanya menyertai influenza.

Campurkan sesendok teh bubuk kayu manis dan sesendok teh bubuk lada hitam dengan segelas air hangat. Saring, dan gunakan campuran ini untuk dua atau tiga kali sehari.
Cara lain bisa dengan mencampurkan beberapa tetes minyak kayu manis dan 1 sdt madu asli. Minum sebanyak dua kali dalam sehari untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan oleh  sakit tenggorokan.

Larutan garam

Salah satu cara termudah dan terbaik untuk menyembuhkan sakit tenggorokan adalah berkumur dengan menggunakan air garam. Garam bekerja seperti antiseptik, dan dapat membantu menarik cairan keluar dari membran mukosa pada tenggorokan. Hal ini akan menghilangkan dahak dan mengurangi peradangan.

  • Campurkan 1/2 sdt garam dan segelas air hangat. Untuk mengusir rasa asin, anda bisa menambahkan sedikit madu.
  • Hanya gunakan untuk berkumur, dan jangan menelannya. Ludahkan sisa air setelah berkumur.

Lakukan cara ini setidaknya 4 kali dalam sehari agar tenggorokan  lebih cepat membaik.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antiseptik serta memiliki sifat obat yang lain dapat membantu mengobati atau mencegah sakit tenggorokan.

Caranya, makan sesiung bawang putih mentah setiap hari supaya bioaktif dalam bawang yang dikenal dengan allicin akan membantu mematikan bakteri penyebab sakit tenggorokan.
Atau Anda juga bisa menggunakan minyak bawang putih. Masukkan beberapa tetes minyak bawang putih kedalam secangkir air dan gunakan untuk  berkumur  sekali sehari.

Madu

Madu memiliki sifat antibakteri, yang dapat membantu dalam melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan. Hal ini juga akan bekerja membantu menarik air dari jaringan di tenggorokan yang meradang sehingga akan mengurangi pembengkakan.

Lihat juga :  Obat sakit Gigi Tradisional

Tambahkan 1 hingga 2 sdm madu kedalam secangkir air hangat dan minum beberapa kali sehari. Anda juga bisa menambahkan madu kedalam secangkir teh herbal kesukaan anda.
Sebelum Anda tidur bisa menelan 1sdt  madu, karena ini akan membantu  menenangkan tenggorokan sehingga bisa cepat tertidur.

Kunyit

Obat alami lain yang baik untuk sakit tenggorokan adalah kunyit, yang memiliki  sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat.

Campurkan 1 seperempat sdt bubuk kunyit dengan segelas air hangat. Minum secara perlahan pada pagi hari pada saat perut masih kosong. Lakukan cara ini sekali dalam sehari selama 3 – 4 hari.
Anda juga dapat menambahkan 1 sdt bubuk kunyit dengan 1 sdt lada hitam dengan segelas susu hangat dan di minum sebelum tidur.

Baking soda dan garam

Baking soda adalah bahan serbaguna yang banyak tersedia dirumah tangga. Selain berkumur hanya dengan air garam,  baking sodapun bisa disertakan dengan garam untuk membantu meredakan sakit tenggorokan.  Berkumur dengan campuran garam dan baking soda efektif mematikan bakteri dan mencegah jamur.

Campurkan air 1 cangkir hangat, 1/4 sdt baking soda, dan 1/8  sdt garam. Gunakan berkumur setiap 3 jama atau sesuai kebutuhan.

Teh bunga chamomile

Teh kamomil  secara alami memiliki sifat menenangkan, dan merupakan salah satu tanaman herbal  yang sudah lama digunakan untuk menyembuhkan kondisi seperti sakit tenggorokan. Hal ini seringkali digunakan sebagai obat alami antiradang, dan zat antioksidan.

Beberapa studi menunjukkan bahwa  uap teh chamomile yang dihirup dapat membantu meringankan gejala flu termasuk sakit tenggorokan. Meminum teh chamomile juga bisa memberikan  manfaat yang sama, serta plus dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh Anda bisa melawan virus atau akteri penyebab sakit radang tenggorokan.

Disarankan mengunjungi dokter jika kasus sakit tenggorokan Anda parah dan disertai dengan demam, atau jika amandel meradang dan membengkak sehingga memblokir tenggorokan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *