Cara Cepat Menyembuhkan Sakit Kepala dan Migrain

cara cepat menyembuhkan sakit kepalaSakit Kepala memang menjengkelkan, bisa datang tak kenal waktu, menyakitkan  dan biasanya berlangsung lama terutama untuk migrain. Pertanyaannya adalah cbagaimana penyembuhan sakit kepala yang cepat?…. Cara termudah untuk menghilangkannya adalah minum obat penghilang rasa sakit, namun cara ini bisa mendatangkan efek samping jika sering dikonsumsi apalagi jika berlebihan. Nah sebelum Anda mencoba atau sudah merasa terlalu sering mengatasi sakit kepala dengan aspirin, barangkali berfikir untuk mencoba cara alami yang tentu saja aman dan tanpa efek samping. Baca juga : Efek samping obat aspirin yang perlu Anda ketahui

Advertisement

Cara pengobatan alami migrain dan sakit kepala yang paling populer adalah minum teh chamomile atau akupressur, namun masih banyak lagi cara yang bisa anda pilih disini.

Cara penyembuhan alami untuk sakit kepala dan migrain

Sebelum masuk ke inti, pertamakali tiada salahnya kalau kita ketahui perbedaan sakit kepala dan migrain. Sakit kepala adalah kondisi yang ditandai dengan rasa tegang di leher, bahu, dan kulit kepala – sedangkan migrain adalah sakit kepala yang rasanya berdenyut nyeri, yang seringkali terasa pada samping kepala; migrain juga dikenal sakit kepala sebelah. Tapi sebenarnya gejalanya berbeda-beda untuk tiap orang, bahkan pada migrain selanjutnya juga beda.

Ini mungkin penting untuk di cermati bahwa jika anda mengalami sakit kepala,  hindari zat yang bisa menyebabkan sakit kepala seperti MSG atau vetsin, minum kopi berlebihan, hindari minuman alk*hol, coklat, keju, kacang-kacangan dan fermentasi daging dan kedelai, serta  aspartam(jenis pemanis buatan umum) yang terdapat dalam produk makanan atau minuman yang berpemanis buatan.

Jika Anda mengalami sakit kepala, hindarilah  perangkat elektronik termasuk ponsel, laptop dan televisi.

Makan-makanan yang sehat, dan secara rutin mengontrol gula darah bisa mencegah sakit kepala. Lakukan olahraga rutin, minimal 30 menit sehari dan 5 kali seminggu. Dan juga usahakan minum cukup cairan setiap hari untuk menjaga agar tubuh kita selalu tetap terhidrasi. Berikut beberapa bahan alami dan cara menggunakannya untuk mengobati sakit kepala :

Jahe

Jahe adalah obat alami yang manjur untuk urusan sakit kepala. Hal ini membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah di kepala, sehingga akan mengurangi rasa nyeri. Serta memiliki efek merangsang pencernaan, yang membantu menghilangkan rasa mual yang umum menyertai migrain.

Lihat juga :  Jenis Sakit Radang Sendi yang Paling Umum

Caranya gampang, jahe cukup di memarkan lalu di tambahkan kedalam air panas, dan diminum ketika hangat. Bisa juga teh jahe ditambahkan air lemon. Minum 2 kali sehari sampai sakit kepala hilang.

Minyak peppermint

Minyak Peppermint  memiliki aroma yang menyegarkan dan bisa membantu membuka  pembuluh darah yang terblokir yang menyebabkan sakit kepala. Kandungan menthol dalam peppermint membantu mengatur aliran darah dalam tubuh. Hirup minyak pepermint di ruangan yang dingin dan gelap. Anda juga bisa mencampur 3 tetes minyak peppermint kedalam satu sendok makan minyak almond, atau sedikit air dan gunakan untuk memijat bagian belakang leher Anda. Atau bisa juga dibuat minuman dengan cara menambahkan 1 sdt daun peppermint kering kedalam secangkir air mendidih. Tutup dan biarkan hangat selama 10 menit, lalu aring dan tambahkan beberapa madu sebagai pemanis dan minum secara perlahan.

Minyak Lavender

Minyak Lavender yang baunya harum menenangkan juga bisa cepat mengurangi sakit kepala. Caranya cukup hirup aromanya dari beberapa tetes yang di taruh pada telapak tangan. Anda juga bisa menambahkan 2 tetes minyak lavender kedalam 2 cangkir air mendidih dan hirup uapnya.

Kayu manis

Kayu manis adalah rempah yang bisa efektif menyembuhkan sakit kepala.Giling beberapa batang kulit kayu manis menjadi bubuk, lalu berikan air untuk membuat adonan kental. Terapkan di dahi dan berbaringlah selama 30 menit. Setelah selesai cuci dengan air hangat.

Peregangan ringan

Beberapa teknik peregangan dasar untuk  meregangkan kepala dan leher dapat membantu mengurangi intensitas sakit kepala. Tarik dagu Anda ke atas dan ke bawah, kiri dan kanan, serta  putar leher Anda ke samping atau arah bahu kiri dan kanan. Anda juga bisa mencoba memutar leher searah jarum jam dan berlawanan secara perlahan-lahan untuk membantu otot-otot bahu dan leher menjadi rileks.

Lihat juga :  Cara mengobati Asma dengan Aromaterapi

Kompres dengan es

Menempelkan kompres es ke bagian belakang leherbisa melepaskan rasa nyeri akibat migrain. Hal ini karena dinginnya  es bisa membantu mengurangi peradangan yang menyumbang sakit kepala. Dinginnya es juga memiliki efek mematikan rasa sakit.

Merendam kaki di air hangat  juga bisa membantu menyembuhkan sakit kepala cepat.

Cengkeh

Cengkeh juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala migrain karena sifatnya yang mendinginkan dan penghilang rasa sakit. Lembutkan beberapa bunga cengkeh dan tempatkan pada kain atau sapu tangan bersih. Hirup baunya setiap Anda merasakan sakit kepala hingga reda. Anda juga bisa menambahkan 2 tetes minyak cengkeh untuk 1 sdm minyak kelapa dan ditambah garam  untuk memijat secara lembut dahi dan tengkuk Anda.

Basil atau kemangi

Basil atau kemangi memiliki aroma yang kuat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala secara alami; hal ini karena tanaman ini memiliki sifat  analgesik. Minyak basil bersifat merelaksasi otot dan membantu menguir sakit kepala yang disebabkan karena  ketegangan otot-otot . Caranya ambil 3 atau 4 lembar daun segar, didihkan dengan secangkir air. Kemudian tambahkan sesedndok  madu dan minum secara perlahan. Anda pun  bisa mengunyah secara langsung beberapa lembar daun kemangi segar, atau menghirup uap daun basil yang dididihkan didalam panci.

Cuka sari apel

Buah apel maupun cuka sari apel bisa digunakan untuk mengusir sakit kepala yang membandel atau migrain . Hal ini karena bisa membantu mengembalikan keseimbangan asam-basa dalam tubuh. Caranya campurkan 1/2 cangkir cuka sari apel kedalam setengah cangkir air , lalu didihkan dalam panci yang ditutup. Angkat dari api,  letakkan handuk di atas kepala  dan secara perlahan-lahan hirup uapnya.

Ketika  Anda bangun tidur lalu merasakan sakit kepala, cukup makan sepotong buah apel yang diberi sedikit garam, kemudian minum air hangat setelah itu.

Demikian beberapa cara untuk menyembuhkan sakit kepala dengan cepat menggunakan bahan alami yang umum tersedia di tiap rumah.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *