Cara Menyembuhkan Keputihan, Jenis, dan Penyebabnya

cara menyembuhkan keputihanBagaimana cara menyembuhkan keputihan?…. Sebelum kita bahas tentang kondisi yang khusus dialami oleh kaum perempuan ini, mari mengenal apa sih keputihan itu terlebih dahulu..

Advertisement

Keputihan adalah kondisi yang lumrah dan teratur pada umumnya, tapi ada beberapa kasus keputihan  yang bisa menandakan adanya infeksi. Kalau biasanya, cairan yang normal bening atau putih dan tak berbau, tapi cairan yang abnormal mungkin dapat berwarna kuning atau hijau, menggumpal, atau berbau tak sedap. Keputihan yang abnormal biasanya disebabkan oleh ragi atau infeksi oleh bakteri. Jika Anda melihat keputihan atau cairan apapun yang terlihat tidak seperti biasanya atau berbau busuk, maka Anda perlu untuk periksa kedokter untuk mendapat diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Jenis cairan keputihan

Ada beberapa jenis keputihan, yang dikategorikan berdasarkan warna dan konsistensi cairan . Beberapa jenis adalah normal, tetapi yang lain mungkin menunjukkan adanya kondisi tertentu dibelakangnya yang membutuhkan pengobatan.

Bening dan encer

Cairan yang bening dan encer adalah normal, yang bisa terjadi setiap saat. Hal ini mungkin karena bekerja atau olahraga berat.

Bening dan kental

Jika berwarna bening namun konsistensinya melar atau kental, mungkin menunjukkan Anda mungkin berovulasi – merupakan jenis keputihan normal.

Berwarna putih

Debit sedikit dan berwana putih adalah normal, terjadi terutama pada awal atau akhir siklus menstruasi. Namun jika disertai dengan rasa gatal dan konsistensinya kental dan agak kuningadalah tidak normal dan membutuhkan pengobatan. Hal ini mungkin merupakan tanda terjadii infeksi oleh jamur .

Berwarna coklat atau ada darah

Debit yang coklat atau berdarah biasanya normal  terutama yang terjadi selama atau setelah menstruasi.  Hal ini bisa jadi merupakan tanda kehamilan, atau jika terjadi diawal kehamilan ini bisa menjadi tanda keguguran ; namun ini perlu dikonsultasikan dengan dokter kandungan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini bisa jadi merupakan tanda  kanker serviks. Maka dari itulah mengapa pentingnya untuk melakukan pap smear tahunan.

Berwarna Kuning atau Hijau

Cairan yang keluar  kuning atau hijau terutama jika menggumpal dan tebal atau disertai dengan bau adalah tidak normal. Hal ini mungkin merupakan tanda dari infeks.

Penyebab keputihan

Keputihan yang normal menunjukkan fungsi tubuh yang sehat, karena itu juga merupakan cara tubuh untuk melindungi organ Anda. Jumlahnya bisa meningkat dkarena berolahraga, sedang 😀 , masa ovulasi,  penggunaan pil KB, dan stres fikiran.

Berikut kemungkinan penyebab dari keputihan yang abnormal :

Bakteri penyebab keputihan yang umum adalah bakteri vajinosis. hal ini ditandai dengan peningkatan keputihan yang berbau tak sedap. Penularan bakteri ini umumnya dialami wanita yang memiliki pergaulan yang bebas.

Lihat juga :  Tanda, Gejala, dan Pengobatan Kengser atau turun bero

Jenis infeksi  yang lain adalah  protozoa, seringkali menular melalui hubungan bebas namun juga bisa dari bertukar pakaian renang atau handuk. Jenis keputihan yang ditunjukkan karena infeksi ini berwarna kuning atau hijau dan  memiliki bau busuk. Gejala yang bisa muncul seperti nyeri, peradangan, dan gatal-gatal, namun beberapa orang tidak memiliki gejala.

Infeksi lain yang menyebabkan keputihan patologis adalah  jamur/ragi yang menghasilkan cairan berwarna putih keju yang disertai rasa panas dan gatal. Adanya ragi dalam organ kewanitaan adalah normal, namun dalam keadaan tertentu pertumbuhannya bisa tak terkendali. Kondisi lain yang meningkatkan infeksi ragi adalah stres, diabetes, penggunaan pil KB, kehamilan, penggunaan antibiotik berkepanjangan, serta gonroe dan klamidia(infeksi yang menular karena berhubungan bebas)

Human Papilloma Virus (HPV) yang ditularkan melalui hubungan bebas dapat menyebabkan kanker serviks. Kanker serviks mungkin tidak menunjukkan gejala, namun bisa menghasilkan keluarnya cairan yang berwarna coklat,  berdarah atau berair yang disertai bau yang tidak sedap. Kabar baiknya, kanker serviks yang mematikan ini bisa  dengan mudah dicegah atau dideteksi dengan melakukan Pap smear tahunan dan pengujian HPV .

Cara pengobatan atau Penyembuhan Keputihan

Kapan Saatnya periksa kedokter?

Jika keputihan atau debit cairan  yang tidak biasanya, dengan disertai gejala lain seperti demam, rasa nyeri di perut, penurunan berat badan, mudah lela, dan  buang air kecil meningkat, maka Anda harus mendapatkan pemeriksaan medis secepat mungkin. Jika Anda kekhawatiran apapun tentang normalitas keputihan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Penyembuhan keputihan normal

Menyekanya dengan tisu bayi

Kelebihan debit bisa diseka dengan tisu bayi, namun jangn terlalu masuk kedalam. Cukup bersihkan bagian luarnya saja.

Sering Berganti Pakaian

Berganti  pakaian sebanyak 2-3 kali dalam sehari bisa membantu mengatasi keputihan.  Hal ini karena akan membantu menjaga bakteri masuk dan juga mengurangi rasa ketidaknyamanan dan bau.
Pastikan pakaian yang anda kenakan sudah tepat, karena beberapa bahan pakaian bahkan bisa menyebabkan masalah. Pakaian yang baik saat kondisi seperti ini adalah dari bahan katun dengan aliran udara yang baik; artinya celana ketat tidak baik.

Mengangin-anginkan

Coba untuk mendapatkan sebanyak mungkin paparan udara. Udara akan membantu  mengurangi peluang terinfeksi. Cara ini dapat membantu menyembuhkan keputihan oleh ketidakseimbangan bakteri.

Lihat juga :  Yang tidak boleh bagi Orang dengan Gangguan Tiroid

Mengenakan Pantyliner

Jika  debit  sangat buruk dan sulit dikendalikan, maka Anda bisa menggunakan pad atau pantyliner namun sebaiknya sering-sering diganti. Hati hati menggunakan produk douche, karena banyak yang beraroma sabun karena pemakaian dalam jangka panjang justru bisa membuat masalah menjadi lebih buruk. Hal ini bisa mengganggu pH alami dari organ anda.

Penyembuhan keputihan dengan metode pengobatan herbal

Herbal cukup aman dan efektif untuk mencegah keputihan yang abnormal. Banyak obat herbal yang efektif untuk memberantas infeksi bakteri atau jamur penyebab keputihan. Selain itu, solusi rumahan untuk membantu menyembuhkan keputihan bisa Anda lakukan seperti berikut :

Cuka sari apel bisa Anda pergunakan karena dapat menjaga pH alami tubuh. Hal ini juga bersifat asam dan antiseptik yang membantu memulihkan keasaman dari flora, plus mengurangi bau. Campurkan cuka sari apel dan air murni dengan perbandingan yang sama untuk cebok sebanyak 2 kali sehari.

Daun sirih sudah sekian lama dipakai oleh nenk moyang kita dalam mengendalikan keputihan. Hal ini juga telah didukung oleh penelitian; nah untuk menggunakan daun sirih, anda bisa membacanya lebih lengkap disini.

Buah Pisang bisa membantu mengendaikan debit keputihan yang tak biasa. Caranya cukup mudah, cukup makan 1 – 2 buah pisang setiap hari sampai kondisi membaik.

Okra bisa bermanfaat dalam mengobati keputihan, yaitu membantu menghilangkan lendir yang pada akhirnya mengurangi keputihan.

Ambil 100 gram okra, bersihkan dan potong kecil-kecil. Rebus dengan setengah liter  air selama 20 menit sampai air tinggal separuhnya. Saring dan bagi menjadi 3 bagian.
Minum satu bagian dengan madu tiga kali sehari.

Buah delima memiliki manfaat  penyembuhan yang kuat khususnya dalam pengobatan keputihan. Semua bagian delima bisa dipergunakan untuk solusi ini.Untuk mengatasi keputihan, minum segelas jus buah delima segar yang diekstrak 1 kali sehari selama satu bulan. Anda juga bisa menggunakan daun delima sebanyak 30 lembar dengan 10 biji lada  hitam, giling bersama-sama untuk membuat adonan.Tambahkan kedalam setengah gelas air minum, saring dan diminum 2 kali sehari selama 3 minggu.
Cara lainnya bisa dengan memanfaatkan kulit buah delima yang dikeringkan, kemudian digiling menjadi bubuk. Campurkan  1 sdm bubuk kulit delima dengan 2 gelas air, yang digunakan sebagai douching atau mencuci  organ kewanitaan anda.

Demikian cara – cara penyembuhan keputihan, dan sekali lagi perlu ditegaskan bahwa jenis tertentu keputihan perlu di periksakan ke dokter, karena bisa dilatarbelakangi kondisi kesehatan yang lain.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *