Cara Menyembuhkan Bisul dengan Obat Alami

cara menyembuhkan bisulBisul memang menjengkelkan, bahkan sebagian orang mengalami bisul berulang. Bisul bisa muncul dimana saja, dan tentu saja akan sangat menggangu kenyamanan fisk maupun pergaulan. Lalu apa sih penyebab bisul, atau mungkin udunen menurut orang Jawa, dan furunkel menurut dokter?….Menurut situs Webmd, bisul disebabkan oleh kuman stapilokokus, yaitu bakteri patogen yang memasuki tubuh melalui luka goresan kecil juga melewati folikel rambut. Bisul juga sering disebabkan oleh kuman jenis streptococcus, yang juga sama-sama bisa berkembang karena kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, dan kulit lembab. Penyebab bisul lain bisa karena kurang asupan makanan bergizi, menderita diabetes, dan ada gangguan sistem kekebalan tubuh.

Advertisement

Bisul pada mulanya berbentuk kecil berwaran kemerahan. Sejalan dengan waktu,  bisul semakin tampak jelas dan mulai menonjol, keras, dan lembut. Pada akhirnya pusat bisul melembut terlihat seperti gelembung yang penuh dengan sel darah putih yang bertujuan melawan infeksi untuk membasmi kuman. Warna putih di pusat bisul terdiri dari sel darah putih, kuman,  dan protein yang dikenal orang dengan sebutan nanah. Kemudian nanah akan keluar dengan sendirinya atau melalui pembedahan.

Gejala yang dapat muncul menyertai bisul termasuk demam, kelenjar getah bening membengkak, dan rasa nyeri. Karena bisul adalah masalah infeksi yang disebabkan oleh kuman, maka pengobatan yang dilakukan dokter pada umumnya adalah dengan antibiotik; dan untuk mencegah bisul berulang,  maka akan disarankan untuk menjaga kebersihan kulit. Catatan : Hati-hati menggunakan antibiotik tanpa resep dokter

Penyembuhan bisul dengan obat rumahan

Jika bisul tambah para dan disertai dengan gejala lain termasuk kelenjar getah bening membengkak, rasa sakit yang parah, nanah tidak keluar dengan sendirinya, bisul yang lainnya muncul, anda memiliki diabetes, memiliki masalah jantung, menggunakan obat-obatan misalnya kemoterapi, sebaiknya minta nasehat dan pengobatan medis oleh dokter.

Lihat juga :  Makanan yang baik untuk mengatasi Asam lambung tinggi

Untuk bisul yang tidak tampak menunjukkan gejala yang parah, beberapa bahan alami yang tersedia di dapur mungkin bisa menyembuhkannya tanpa perlu minum obat-obatan medis, seperti berikut :

Jinten hitam habatassauda

Jinten hitam habatassauda adalah salah satu obat alami yang paling dikenal untuk menyembuhkan berbagai jenis infeksi pada kulit termasuk bisul.
Anda bisa menerapkan minyak jinten hitam pada pusat bisul.
1 1/2 sdt minyak biji hitam juga bisa diminum bersama dengan secangkir minuman hangat atau dingin sebanyak dua kali sehari selama beberapa hari.

Kunyit

Kunyit bisa bekerja sebagai pembersih darah alami, serta  memiliki sifat antiperadangan yang dapat sangat membantu dalam penyembuhan bisul.

Rebus sesendok teh bubuk kunyit dengan segelas air, lalu minum tiga kali dalam sehari selama empat atau lima hari. Baca juga : Manfaat Kunyit untuk jerawat
Anda juga bisa membuat adonan dari jahe segar dan kunyit segar lalu menempelkannya pada bisul dan membalutnya dengan kain bersih.

Kentang segar

Kentang mentah juga efektif untuk menyembuhkan bisul secara alami. Kentang mentah juga mengandung zat antibakteri, sehingga bisa mempercepat kesembhan bisul yang menyakitkan. Caranya anda cukup memarut kentang segar, lalu menempelkannya pada bisul selama beberapa saat atau sampai kering. Lakukan beberapa kali.

Kompres hangat

Kompres hangat adalah cara  untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga bisa membantu menyembuhkan bisul.

Celupkan kain lap yang steril ke dalam air yang hangat , lalu letakkan pada bisul dan biarkan selama sekitar 10 menit. Anda juga bisa  menggunakan air garam hangat untuk mengompres bisul. Ulangi mengompres sebanyak 3 atau 4 kali dalam sehari.

Bawang merah atau bawang putih

Bawang merah maupun bawang putih memiliki zat bioaktif yang bersifat antiseptik dan antimikroba sehingga cukup efektif untuk pengobatan bisul.

Lihat juga :  Cara Menyembuhkan Asam Lambung Tinggi

Jika Anda memilih menggunakan bawang merah, iris bawang merah dan tempelkan pada pusat bisul. Ikat dengan kain dan biarkan selama beberapa jam. Ulangi proses ini tiga sampai empat kali dalam sehari sampai nanah mengalir keluar.
JIka anda memilih bawang putih, haluskan sampai lembut 2-3 siung bawang putih segar dan menempelkan pada bisul. Anda juga bisa sekaligus memakan  2-3 siung bawang putih mentah setiap hari sampai bisul sembuh.

Konsumsi makanan bergizi dan menjaga kebersihan kulit

Kekebalan tubuh yang buruk juga akan membuat seseorang rentan terhadap infeksi termasuk yang menyebabkan bisul. Meningkatkan kekebalan tubuh bisa dimulai dengan diet sehat makanan bergizi, dan merubah gaya hidup yang lebih baik seperti berolahraga, tidur cukup, menghindari alk*hol dan r*kok. Karena kuman identik dengan hal yang kotor, maka rawatlah kebersihan diri secara lebih baik untuk mencegah bisul muncul lagi dikemudian hari.

Demikian cara menyembuhkan bisul, penyakit kulit yang umum diderita orang. Namun meskipun bisul sebagian besar tidak membahayakan, jika kondisi semakin parah dan Anda ada riwayat penyakit terutama diabetes, sebaiknya datang ke dokter. Jangan pernah mengeluarkan cairan/nanah pada bisul terutama dengan benda yang tidak steril, dan jangan menyentuhnya dengan tangan terutama jika belum dicuci.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *