Cara Alami Menyembuhkan Batuk Berdahak

cara menyembuhkan batuk berdahakBatuk Berdahak seringkali menyertai Pilek dan infeksi pada saluran pernapasan atas. Kondisi ini mungkin bukan masalah kesehatan yang serius, namun jika batuk berdahak tidak sembuhkan segera maka bisa menyumbat dan mengiritasi tabung bronkial dan pada akhirnya bisa menyebabkan infeksi di saluran pernapasan atas .

Advertisement

Adanya dahak ini biasanya ditandai dengan keinginan terus-menerus untuk membersihkan tenggorokan dengan batuk terus-menerus, ingus, gejala sesak napas, tubuh lemah dan bahkan demam. Dahak seringkali terasa menumpuk di dada dan tenggorokan dan biasanya akan dikeluarkan melalui batuk.

Dalam dahak itu sendiri terdapat bakteri, virus atau hasil dari reaksi tubuh dalam menanggapi infeksi. Selain karena infeksi umum seperti  bronkitis, pilek dan flu , dahak bisa juga dikarenakan alergi di tenggorokan yang teriritasi seperti contoh pada asma, sakit pita suara, dan mer*kok .

Batuk berdahak bisa membuat jengkel karena seolah tak ada hentinya, apalagi kalau kita dituntut untuk berhubungan secara langsung dengan banyak orang setiap hari dalam beraktifitas. Untuk itu disini ada cara alami untuk mengakhiri segera batu berdahak yang menjengkelkan ini.

Cara alami untuk menyembuhkan batuk berdahak yang menjengkelkan

Madu asli

Madu merupakan obat alami yang  populer untuk mengatasi batuk. Pada tahun 2007, ABC News melaporkan hasil sebuah studi yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine yang menjelaskan bahwa pemberian madu untuk anak-anak antara usia 2 – 18 tahun sebelum tidur bisa membuat mereka tidur lebih baik dan batuk mereka berkurang lebih banyak daripada jika diberikan sirup atau tidak. Dua sendok teh madu bisa diminum langsung atau dapat juga dicampur dengan air hangat atau teh hangat. Namun jangan pernah memberikan madu kepada anak-anak berumur 1 tahun kebawah, karena madu mengandung alergen yang anak seumuran itu masih belum tahan.

Sup Ayam

Mengonsumsi sup ayam untuk meyembuhkan pilek dan flu biasa telah terbukti hasilnya. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh dokter di University of Nebraska Medical Center tahun 200 menunjukkan bahwa sifat-sifat kimia dari sup ayam membantu meredakan batuk dengan jalan mengurangi sekresi lendir, sekaligus juga memperlambat sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh yang merangsang respon inflamasi.

Lihat juga :  Mengetahui Perbedaan Antara Flu dan Pilek

Bawang merah dan Gula

Bawang merah dan gula mungkin terdengar kurang menarik, namun ini merupakan bagian dari obat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak. Iris-iris bawang merah dan masukkan ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkan gula pasir setengah cup dan biarkan semalaman.Pada saat didiamkan semalam, bawang merah akan  menyerap gula dan menjadikannya sirup. Untuk mempercepat prosesnya, didihkan campuran kedalam panci di atas api kecil selama sekitar 1 .1/2 jam. Minum sirup sesendok setiap 2 jam.

Herbal pepermint

Obat herbal yang terdiri dari pepermint bisa menyingkirkan infeksi akibat virus dan bakteri, dan banyak dijual di apotik.Peppermint memiliki menthol yang membantu meredam refleks batuk. Daun pepermint juga dapat dibuat menjadi teh dengan tambahan rempah segar seperti jahe, madu dan air panas. Namun orang dengan masalah kandung empedu tidak boleh mengonsumsi pepermint. Jika Anda memiliki kondisi medis lainnya, sebaiknya bertanya kepada dokter sebelum menggunakan obat herbal.

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih merupakan hasil penyulingan dari pohon kayu putih(M. leucadendra) yang berkhasiat menghangatkan tubuh, melemaskan otot, dan mencegah perut kembung. Menghirup uap dari minyak atsiri kayu putih bisa cepat membantu meredakan batuk berdahak. Cara menggunakan metode uap adalah dengan menambahkan 2 atau 3 tetes minyak kayuputih ke dalam mangkuk panas dengan uap yang mengepul , hirup uapnya selama 10 – 15 menit. Gunakan minak kayu putih secara hati-hati karena dapat menyebabkan reaksi alergi .

Air lemon

Lemon adalah bahan alami yang bagus untuk melonggarkan tenggorokan akibat lendir dan dahak. Hal ini karena lemon mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan mengandung vitamin C yang tinggi yang bermanfaat meningkatkan ketahanan tubuh dari infeksi.

Tambahkan 2 sdt perasan air lemon plus 1 sdm  madu kedalam segelas air hangat. Minum 3 kali sehari untuk melegakan tenggorokan dan mengurangi produksi dahak.
Anda juga bisa mengambil separuh irisan lemon, taburi sedikit garam dan merica di atasnya lalu kemudian hisap perlahan pada irisan lemon. Hal ini  akan membantu memaksa dahak untuk keluar dari tenggorokan. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali sehari.

Lihat juga :  Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

Jahe

Jahe adalah bahan dekongestan alami, yang sudah digunakan menyembuhkan sakit tenggorokan dan infeksi saluran pernafasan atas.

Senyawa ekspektoran dalam jahe akan mengurangi  tenggorokan dan dada yang sesak tersumbat oleh dahak sehingg Anda bisa bernapas lebih mudah.

Iris-iris 3 inchi jahe segar kedalam air panas. Dinginkan selama beberapa menit lalu kemudian tambahkan 2 sdt madu. Minum  beberapa kali dalam hari.

Kunyit

Kunyit adalah rempah yang memiliki sifat antiseptik  kuat yang bisa membantu mengurangi dahak dengan cara mematikan bakteri yang menyebabkan produksi lendir berlebihan. Kunyit juga akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda agar lebih tahan terhadap infeksi.

Ambil segelas air panas, lalu tambahkan 1 sdt kunyit. Minum sekali pada pagi hari dan sekali sebelum tidur.

Cabe rawit

Cabai rawit bisa membantu tubuh untuk mengencerkan dan mengeluarkan lendir yang menumpuk dan menyumbat di hidung dan tenggorokan. Sifat cabai rawit yang hangat dan merangsang juga membantu mengurangi rasa sakit di dada dan menenangkan tenggorokan yang  teriritasi.

Untuk membuat ramuan alami cabe rawit untuk batuk berdahak,  campur 1/4 sdt bubuk cabai rawit dan 1/2 sdt parutan jahe segar, serta  madu dan cuka sari apel masing-masik 1 sdm, dan 2 sdm air hangat
Minum sebanyak 2-3 kali sehari untuk membantu mengurangi produksi dahak.

Jus Wortel

Wortel sudah diketahui efektif dalam menyembuhkan batuk berdahak. Wortel merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat baik , plus antioksidan kuat yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tahan dari berbagai macam infeksi. Wortel juga banyak nutrisi dan vitamin yang berguna membantu mengurangi  batuk yang berdahak.

Ambil 4-5 wortel segar, tambahkan air matang secukupnya lalu diekstrak untuk membuat jus. Kemudian tambahkan dua atau tiga sdt madu madu. Minum jus wortel ini sepanjang hari untuk membersihkan dahak yang mengumpul ditenggorokan.
Demikian solusi alami untuk menyembuhkan batuk berdahak yang menjengkelkan. Namun  jika Anda melihat ada darah di dahak,  atau dahak yang berwarna kuning atau hijau, atau tidak sembuh-sembuh sebaiknya berkonsultasi dengan dokter segera.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *