Cara Menyembuhkan Asam Lambung Tinggi

cara menyembuhkan asam lambung tinggiAsam lambung adalah zat yang secara alami diproduksi tubuh untuk membantu mencerna makanan serta melindungi saluran pencernaan dari infeksi. Namun jika asam lambung berlebihan, maka dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman, rasa nyeri, bahkan memicu masalah kesehatan yang lebih parah. Gejala asam lambung tinggi yang paling umum adalah heartburn, atau yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Memiliki perasaan sering mulas bisa menunjukkan penyakit gastroesophageal reflux atau GERD yang bisa merusak kerongkongan hingga tenggorokan. Mengurangi kelebihan asam lambung adalah cara yang paling baik untuk menyembuhkan kondisi kesehatan ini.

Advertisement

Penyembuhan atau pengobatan asam lambung tinggi yang menyebabkan GERD

Pengobatan medis

Banyak obat yang bisa dibeli bebas untuk menyembuhkan asam lambung tinggi, namun anda juga perlu pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. hal ini karena tingkatan gejala asam lambung yang naik berbeda, ada sedang dan parah; dan dosis obat yang diberikan berbeda untuk mengurangi efek samping yang dapat ditimbulkan.

Jika kondisi asam lambung tak kunjung membaik, mungkin perlu dipertimbangkan pilihan endoskopi. Hal ini diperlukan untuk memeriksa kemungkinan peradangan, bakteri H.Pylori, dan kemungkinan kanker.

Pengobatan alami asam lambung

Belum banyak penelitian yang dilakukan untuk penyembuhan alami asam lambung. Meskipun mungkin tidak banyak diyakini masyarakat medis, namun hal ini setidaknya membantu meringankan gejala-gejala:

  • Baking soda setengah atau satu sendok teh baking soda yang di campur kedalam segelas air bisa membantu untuk menetralkan asam lambung
  • Minum jus lidah buaya mungkin meredakan sensasi rasa terbakar dari acid refluks
  • Teh jahe atau teh chamomile bisa mengurangi stres, meredakan mual, serta  membantu pencernaan
  • Licorice dan jinten hitam adalah dua jenis herbal yang banyak diyakini membantu meringankan gejala asma lambung

Baca juga : Kunyit  berkhaisat menjaga kesehatan lambung

Lihat juga :  Panduan Detox Alami - Cara Reset Kesehatan Anda!

Hindari peppermint dan susu

Peppermin dan susu banyak yang bilang bisa menurunkan asam lambung. Namun efek ini hanya sementara, dan bisa membuat tubuh memproduksi asam lambung berlebih kemudian.

Meningkatkan produksi air liur .

Studi menunjukkan bahwa air liur yang jumlahnya meningkat dapat menetralisir asam lambung. Anda bisa  meningkatkan produksi air liur Anda dengan cara mengunyah permen karet . Namun pastikan yang bebas gula untuk mencegah kelebihan asupan kalori tinggi.

Terapi Akupuntur.

Akupunktur mungkin terdengar kurang menarik, namun penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur bisa menurunkan gejala mulas.

Makan dengan diet sehat dan seimbang

Secara umum, diet seimbang adalah diet yang memasukkan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan susu rendah lemak; termasuk protein rendah lemak, seperti ayam, ikan-ikanan , dan kacang-kacangan. Diet sehat  juga harus rendah lemak jenuh dan lemak trans, kolesterol, natrium (garam), dan gula tambahan.

Mendapatkan atau mempertahankan indeks massa tubuh (BMI)yang sehat.

Berat badan yang sehat menurut istilah medis didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (BMI). BMI memperkirakan kisaran berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan dan gender.

Hindari makan dengan porsi yang banyak

Makan secara perlahan-lahan dengan gigitan sedikit demi sedikit dan mengunyah dengan baik efisiaen untuk pencernaan . Makan dengan gigitan yang besar akan menambah waktu yang diperlukan oleh perut Anda untuk memecah makanan.  Makan dengan cara cepat juga bisa membuat Anda menelan terlalu banyak udara, yang dapat menyebabkan kembung.

Hindari makanan yang memperburuk gejala acid refluks

Ttidak ada makanan apapun yang telah terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan asam lambung naik/GERD. Namun menghindari makanan tertentu yang telah terbukti memperburuk kondisi adalah cara yang baik. Hindari makanan minuman berikut :

  • Minuman berkafein, termasuk kopi, teh, dan soda. Coklat dan peppermint juga mengandung kafein
  • Hindari minuman Alk*ohol
  • Hindari makanan pedas termasuk cabai, lada, dll
  • Hindari makanan yang asam termasuk seperti buah jeruk, buah tomat,  dan cuka.
  • Hindari makan- makanan yang menyebabkan kembung dan gas berlebihan seperti kubis, brokoli, kacang-kacangan, produk susu, dan makanan berlemak tinggi termasuk gorengan.
  • Hindari gula atau makanan tinggi gula
Lihat juga :  Mengetahui Perbedaan Antara Flu dan Pilek

Berolahraga secara teratur.

Berolahraga teratur yang direkomendasikan yaitu aktifitas moderat minimal 30 menit  sehari setidaknya sebanyak 5 kali dalam seminggu. Atau bisa digabungkan menjadi 25 menit latihan aerobik yang keras perhari sebanyak 3 kali  seminggu dan aktifitas intensitas menengah sampai tinggi latihan otot  2 kali seminggu.
Lakukan saja yang terbaik  yang Anda bisa. Olahraga Berjalan  kaki jarak pendek adalah lebih baik daripada hanya duduk-duduk dirumah.
Namun hiindarilah berolahraga terlalu keras terutama setelah makan. Tergantung kepada ukuran dan jenis makanan yang Anda makan,  perut Anda mugkin memerlukan waktu sekitar 3 sampai 5 jam untuk mencerna makanan dan mengosongkannya. Untuk menghindari asam lambung naik, gunakan sebagian besar waktu yang 3 – 5 jam setelah makan besar itu berlalu atau hanya makan-makanan ringan sebelum beraktifitas fisik.

Menghindari kebiasaan yang bisa memperparah asam lambung tinggi

Berhentilah mer*kok secepat mungkin. Alk*hol juga  bisa memperburuk penyakit asam lambung. Terakhir, hindari juga berbaring setelah makan. Jika Anda tidak dapat melakukan itu karena kondisi tertentu, cobalah untuk tidur dengan kepala yang ditinggikan dengan beberapa bantal.

Demikian cara-cara penyembuhan asam lambung tinggi, yang memicu gejala GERD atau asam lambung naik. Penderita juga perlu untuk menghindari pantangan-pantangan seperti yang sudah disebutkan. Sekali lagi, berhati-hati membeli dan mengkonsumsi obat bebas untuk asam lambung, jika gejala tak kunjung membaik sebaiknya memeriksakan diri secara komprehensif ke dokter spesialis.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *