Cara Menyembuhkan Amandel Secara Alami

cara menyembuhkan sakit amandelMungkin kebanyakan orang membayangkan bahwa sakit amandel itu adalah penyakit yang terjadi pada anak kecil oleh akibat sering makan es. Namun faktanya, amandel bisa terjadi pada orang tua ; serta cara menyembuhkan amandel tidak harus dengan operasi pengangkatan. Benarkah Tonsilitis atau istilah lain untuk radang amandel disebabkan karena sering makan es?…. Sakit amandel disebabkan oleh sejenis virus peradangan yang kemudian menyebabkan jaringan amandel menjadi terfinfeksi oleh bakteri patogen.

Advertisement

Amandel adalah sepasang organ kecil berbentuk oval yang berada di dalam tenggorokan, yang bertugas untuk menangkal masuknya bakteri melalui mulut; namun ketika amandel terinfeksi maka akan meradang dan kita sebut sakit amandel. Namun es adalah makanan yang bisa tidak higienis, dimana yang berpotensi menyimpan banyak bakteri patogen dan virus yang akhirnya menyebabkan radang amandel.

Meskipun kebanyakan kasus radang amandel disebabkan oleh jenis virus streptococcus pyogenes, namun bisa saja oleh jenis bakteri patogen biasa. Ketika bakteri patogen mulai berkembang biak melebihi jumlah bakteri yang menguntungkan, maka akan menyebabkan infeksi yang dapat menyebabkan sakit pembengkakan dan peradangan.

Pengobatan untuk sakit radang tenggorokan dan amandel selama ini mengandalkan  menggunakan antibiotik, namun cara ini tidak selalu berlangsung dalam jangka panjang, bahkan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Cara Penyembuhan Radang Amandel

Pendekatan terbaik untuk mengobati radang amandel adalah dengan cara mencegah peradangan datang lagi serta mencegah keparahan;  plus meningkatkan fungsi kekebalan tubuh melalui konsumsi makanan sehat, mengonsumsi herbal antiviral dan menghindari segalah hal yang menyebabkan stres tubuh.

Salah satu alasan kenapa kita harus menghindari operasi amandel, adalah karena amandel adalah organ yang berperan utama dalam menjaga Anda dari patogen penyebab penyakit. Operasi pengangkatan amandel yang bertugas menangkap bakteri jahat berarti sama saja dengan memuluskan penyakit masuk kedalam tubuh kita.

Lihat juga :  Manfaat dan kebutuhan Kalsium bagi pertumbuhan Anak

Gejala dan Tanda Umum Radang Amandel

  • Bau mulut tak sedap
  • Penurunan nafsu makan, rasa mual atau muntah
  • Amandel membegkak dan terasa sakit
  • Kesulitan menelan makanan
  • Timbul demam atau kedinginan
  • Sakit kepala
  • Warna kemerahan di sekitar amandel dan tenggorokan
  • Kelenjar getah bening samping tenggorokan dan leher terasa lunak
  • Rasa nyeri pada telinga dan leher
  • Terdapat lapisan warna putih atau kuning pada amandel
  • Luka pada tenggorokan
  • Rasa sakit di tenggorokan
  • Suara serak atau hilang

Mendapatkan istrirahat yang cukup

Ketika tubuh kelelahan, maka beristirahat total akan mempercepat penyembuhan. Istirahatlah untuk mendapatkan tidur yang baik tujuh sampai sembilan jam malam. Berhenti dari aktifitas fisik termasuk olahraga selama sakit.

Mengurangi gejala nyeri

Amandel yang radang dan bengkak tentu menyebabkan rasa sakit terutama saat menelan makanan. Cobalah minum air hangat untuk membantu meringankan rasa nyeri tersebut, kalau perlu bisa dibantu dengan obat pereda rasa nyeri.

Cobalah mengonsumsi makanan yang lembut dan halus seperti jus, bubur, kentang tumbuk, dan yogurt. Minumlah banyak cairan agar tetap terhidrasi, namun tapi hindari minuman yang sangat panas, teralu manis atau  asam, atau minuman bersoda.

Madu alami bisa dicampur dengan kayu manis atau jahe dengan air untuk diminum. Madu asli memiliki efek menghambat sekitar 60 jenis bakteri berbahaya dan beberapa jenis jamur bahkan virus. Madu juga bermanfaat mempercepat penyembuhan, karena secara alami mempunyai sifat antibakteri dan antivirus.

Untuk anak-anak jangan diberikan obat penghilang rasa nyeri sembarangan di toko, karena banyak jenis obat ini yang tidak aman untuk anak-anak serta mengandung bahan aktif atau tambahan yang tidak akan membantu mengatasi persoalan. Jangan menggunakan obat kumur antiseptik, dekongestan, dan antihistamin, karena tidak melawan kuman penyebab amandel – bahkan bisa justru menambah keparahan dari penyakit.

Lihat juga :  Memberikan ASI menambah kecerdasan Anak

Memperkuat Sistem kekebalan  Tubuh

Semakin baik perawatan diri maka semakin kecil kemungkinan terkena sakit akibat infeksi apapun. Salah satu cara terbaik untuk mencegah infeksi dan peradangan di semua daerah tubuh adalah dengan cara  diet tinggi nutrisi yang bisa meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan cepat dan efektif dalam merespon serangan bakteri atau virus.

Diet sehat dan tinggi nutrisi berarti meliputi makanan yang  lebih sedikit mengandung racun dan bahan kimia yang bersifat menekan sistem limfatik.

Makanan yang harus dihindari untuk mendapat kekebalan yang optimal adalah :

  • Penyebab alergi bisa seperti produk susu, gluten, kedelai, kerang, dllmisalnya
  • Produk hewani yang berkualitas rendah, misalnya daging olahan yang mengandung banyak poengawet
  • Makanan yang terpapar pestisida
  • Makanan yang mengandung kimia, pengawet dan bahan-bahan sintetis dan tinggi gula buatan.

Penuhi kebutuhan tubuh dengan  nutrisi yang sangat dibutuhkan termasuk antioksidan seperti :

Obat herbal seperti daun pecut kuda banyak dianggap baik untuk membantu menyembuhkan amandel, mungkin karena tanaman ini banyak mengandung antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh, anti radang, serta anti nyeri alami. Jangan pernah mengambil pengobatan sendiri terutama antibiotik untuk mengobati amandel. Karena tidak semua tonsilitis disebabkan oleh bakteri, namun bisa juga karena virus, maka kondisi yang parah harus mendapatkan diagnosis penyebab dan pengobatan yang tepat oleh dokter.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *