Cara Meningkatkan Trombosit secara alami

meningkatkan trombositTrombosit adalah sel kecil dalam darah yang berbentuk tidak teratur, lengket dan tidak berwarna, dan jumlah trombosit yang normal adalah 150 ribu sampai 450 ribu unit per milimeter kubik darah. Sel dalam darah ini berfungsi untuk menghentikan pendarahan, yaitu dengan cara berkumpul dan membentuk gumpalan didaerah tubuh yang luka – yang akan membantu menghentikan pendarahan jika ada luka, sehingga mencegah kehilangan banyak darah. Trombositopenia, atau sebutan untuk jumlah trombosit darah yang rendah, terjadi karena bermacam sebab, termasuk faktor genetika, karena obat-obatan, alk*hol, infeksi virus atau kuman, kehamilan, dan penyakit. Obat-obatan sudah tersedia untuk mengatasi kondisi ini, akan tetapi makanan tertentu juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan butuhkan untuk meningkatkan trombosit.

Advertisement

Mengkonsumsi makanan sehat.

Buah-buahan dan sayuran segar baik untuk membantu menaikkan jumlah trombosit Anda, terutama yang diproduksi secara organik. Buah berri, sayuran berdaun hijau, jeruk, tomat dan buah kiwi bisa membantu meningkatkan kadar trombosit.

  • Selain dengan meningkatkan asupan makanan sehat diatas, Anda juga harus menjauhi makanan tertentu yang tidak sehat. Makanan tersebut termasuk makanan olahan, gula halus, dan makanan cepat saji ; serta jauhi juga minuman beralk*hol dan minuman berkafein. Makanan dan minuman tidak sehat ini bisa menyebabkan trombosit drop, karena bisa menghambat produksinya yang dilakukan oleh sumsum tulang.

Berikut ini solusi alami untuk membantu meningkatkan jumlah kadar trombosit dalam darah Anda!

Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3.

Makanan jenis ini termasuk ikan,  telur, minyak biji rami, ikan tuna, dan ikan salmon. Asam lemak omega 3 akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan secara alami, yang akhirnya meningkatkan jumlah trombosit.

Minum suplemen vitamin dan mineral.

Suplemen adalah pilihan yang ideal apabila Anda tidak bisa mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran tertentu. Anda bisa meminum suplemen vitamin C dengan dosis 1.000 IU setiap hari. Vitamin C adalah vitamin larut dalam air, sehingga lebih cepat diserap ke dalam tubuh. Suplemen ini berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan bisa meningkatkan jumlah trombosit secara alami.

  • Anda juga bisa membuat sendiri ekstrak daun pepaya. Ambil 2 daun pepaya yang cukup muda, tumbuk, dan peras untuk mengambil ekstraknya ; dapatkan ekstraknya hingga 2 sdm.
Lihat juga :  Daun Sirih untuk Mengobati Keputihan

Minum air hangat.

Air dingin bisa memperlambat saluran pencernaan Anda, yang bisa berdampak terhadap cara tubuh menyerap nutrisi. Sel-sel darah terbuat dari air dan protein, jadi jika Anda minum lebih banyak air, maka Anda akan menghasilkan lebih banyak sel darah.

Susu tanpa lemak

Makanan tinggi kalsium mungkin juga meningkatkan trombosit. Kalsium, plus vitamin K dan protein fibrinogen bekerja secara bersama membantu trombosit untuk bisa membeku. Tanpa kalsium yang cukup, tubuh akan lebih lama untuk bisa menghentikan pendarahan. Produk susu rendah lemak bisa membantu tujuan ini.

Folat

Menurut medline plus, kekurangan folat yang parah bisa menyebabkan jumlah trombosit menjadi rendah atau turun. Folat, atau vitamin B-9, diperlukan tubuh untuk pembelahan sel dan pertumbuhan, yang mendukung peningkatan jumlah trombosit. Orang dewasa harus bisa mendapatkan 400 mikrogram folat per hari. Jus jeruk sangat dikenal mengandung folat, dan makanan seperti sereal, bayam, asparagus, buncis, lentil juga mengandung nutrisi ini.

Protein tanpa lemak

Thunder Bay Regional Health Center merekomendasikan diet tinggi protein untuk meningkatkan jumlah trombosit. Makanan ini juga juga merupakan sumber zinc yang sangat baik serta vitamin B-12. Vitamin B-12 mempromosikan produksi trombosit, dan kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan trombositopenia. Zinc meningkatkan kekebalan tubuh, dan kekurangan dapat menyebabkan penyembuhan luka yang lambat. Tiram adalah sumber seng terbaik, termasuk daging sapi, kepiting, ayam dan kalkun.

Cukup tidur dan istirahat.

Dapatkan waktu tidur permalam paling tidak 7 sampai 8 jam. Hal ini bisa membantu tubuh Anda untuk mengisi ulang atau menghasilkan lebih banyak trombosit.

Olahraga

Tentu saja olahraga bisa dilakukan jika tidak karena penyakit atau hal lain. Lakukan latihan kekuatan dan latihan kardiovaskular untuk membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Latihan-latihan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hindari olahraga yang bisa menyebabkan cedera atau mengakibatkan pendarahan.

Lihat juga :  Resiko/efek buruk mendengarkan musik dengan Headset

Tips :

  • Umur rata-rata trombosit adalah sekitar 10 hari, dan untuk menjaga tingkat trombosit Anda, Anda perlu sering mengambil diet dari sumber alami.
  • Jika Anda akan mengambil obat atau suplemen, pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter harus memantau Anda secara berhati-hati,  karena Anda mungkin memiliki kondisi kesehatan lain yang sudah ada sebelumnya, yang mungkin bisa terpengaruh oleh perubahan diet atau perilaku Anda secara keseluruhan. Jika kondisi Anda semakin memburuk, Anda mungkin perlu bantuan medis sesegera mungkin.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *