Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

mengobati sakit gigi berlubangKalau kata Orang lebih baik sakit gigi dari pada yang lain, tapai menurut saya sepertinya kurang tepat. Karena sekuat apapun fisik seseorang, jarang ada yang sanggup menahan sakitnya gara-gara gigi berlubang. Selain itu, cara mengobati sakit gigi berlubang agak-agak susah mencarinya jika tidak tahu – sedangkan cabut gigi disaat gigi meradang sangat tidak dianjurkan. Nah, jadi setuju pendapat yang mana?.. Lubang pada gigi yang menyebabkan rasa sakit yang luarbiasa umumnya terjadi seiring bertambahnya usia, kebersihan mulut yang tak terjaga, dan beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan gigi. Pembusukan adalah hal yang menyebabkan rongga pada gigi, yang akhirnya menyebabkan ujung saraf  terekpose dan menyebabkan gigi menjadi sangat sensisitf. Rasa nyeri yang diakibatkan bisa intens atau lama meredanya, sehingga umumnya praktis akan menghambat proses mengunyah makanan sampai rutinitas sehari-hari. Sampai Anda bisa mendapatkan kesempatan mengunjungi dokter gigi, Anda bisa mengatasi rasa sakit Anda sendiri menggunakan strategi menghilangkan rasa nyeri yang tak tertahankan dan intens. Baca juga : Obat sakit Gigi Tradisional

Advertisement

Berikut beberapa langkah untuk mengobati rasa sakit gigi dengan cepat akibat berlubang

Menambal gigi ke dokter

Buat rencana atau jadwal untuk bertemu dengan dokter gigi Anda. Biasanya orang yang sakit gigi bahkan tidak mampu untuk pergi sendiri, dan jika Anda memiliki gigi yang berubang, maka Anda harus menambalnya yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Membiarkan lubang terbuka terus menerus dapat menyebabkan kerusakan lebih parah, dan gigi menjadi sensitif baik panas maupun dingin.

Mengoleskan analgesik topikal

Untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang, Anda bisa mengoleskan analgesik topikal yang memang dirancang untuk sakit gigi pada permukaan yang sakit . Analgesik bekerja dengan cara mematikan ujung saraf yang bertujuan untuk menumpulkan rasa sakit. Minyak cengkeh adalah obat herbal yang juga dapat memiliki efek yang sama dengan analgesik yang sangat mudah ditemukan di sebagian besar apotek atau toko obat. Jangan memasukkan obat aspirin atau obat penghilang rasa sakit lainnya langsung kedalam gigi atau gusi Anda, karena bisa menyebabkan luka bakar.

Lihat juga :  Manfaat dan cara penggunaan bunga lavender untuk kesehatan

Obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri hanya dapat membantu meredakan rasa sakit gigi dalam waktu singkat. Penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan acetaminophen bekerja dengan menghilangkan pembengkakan dari dalam dan memblokir reseptor nyeri sehingga Anda akan merasa lebih baik. Penghilang rasa sakit tidak boleh digunakan dalam jangka panjang untuk mengobati nyeri gigi berlubang, dan sebaiknya diambil berdasarkan resep dokter.

Untuk Sikat gigi ataupun apapaun gunakan air hangat

Sikatlah gigi Anda menggunakan air hangat dan hindari suhu yang ekstrim. Lubang gigi dapat membuat gigi Anda menjadi jauh lebih sensitif dari biasanya, jadi hindari semacami es krim, kopi panas dan makanan atau minuman yang sangat panas atau dingin lain yang dapat menyebabkan gigi Anda lebih sakit.

Jaga kebersihan mulut

Terakhir yang penting untuk Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan mulut yang baik dari biasanya bahkan jika Anda memiliki gigi berlubang. Gigi yang sakit masih perlu dibersihkan, namun gunakan benang gigi setidaknya dua kali dalam sehari. Sementara itu mungkin akan sangat menyakitkan apabila Anda menyikat gigi yang sakit, jadi gunakanlah sikat berbulu lembut untuk memastikan bahwa setiap partikel sisa makanan telah dihilangkan karena bisa membuat rasa sakit semakin menjadi lebih buruk.

Untuk mengobati sementara sakit gigi berlubang, Anda cukup memerlukan Analgesik topikal, Minyak cengkeh, obat Pereda nyeri, Pasta gigi, Sikat Gigi yang lembut, dan Benang sutera gigi yg pendek. Sakit gigi yang parah bisa berlanjut lebih buruk, jadi jika sakit gigi tak kunjung reda setelah Diobati sendiri sebaiknya secepatnya mendatangi dokter gigi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *