Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan bahan alami

jerawatBekas jerawat umumnya membuat kaum perempuan menjadi kurang percaya diri, sehingga beraneka dilakukan cara menggunakan make up tebal untuk menyamarkannya. Nah, daripada harus main poles terus menerus, bagaimana kalau flek bekas jerawat tersebut kita coba hilangkan dengan menggunakan bahan dan cara alami. Bahan-bahan yang umumnya kita jumpai didapur ternyata juga memiliki khasiat tinggi untuk urusan yang satu ini, termasuk Lemon, mentimun, minyak zaitun, nanas, tomat, hingga garam dan es batu. Apa saja rahasianya, dan bagaimana cara untuk menerapkannya, sehingga kulit wajah Anda menjadi mulus dan mengembalikan kepercayaan diri Anda?. Baca terus artikel ini, dan mungkin Anda nanti akan mengucapkan selamat tinggal kepada make up yang tebal.

Advertisement

Berikut bahan dan cara alami untuk menghilangkan flek atau noda bekas jerawat diwajah Anda!

Lemon

Jika Anda memiliki flek bekas jerawat yang berwarna hitam, Anda bisa menggunakan jeruk lemon untuk mengatasinya. Caranya, Peras lemon untuk mengambil airnya dan tampung dalam wadah. Bersihkan muka Anda dengan pembersih wajah. Ambil kapas, celupkan kedalam air lemon, lalu oleskan hingga merata pada noda hitam tersebut. Biarkan selama 10 menit, bilas dengan air dingin hingga bersih. Air lemon ini bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif, sehingga pergunakan tabir surya jika bekeraktifitas dibawah terik matahari.

Baca juga : Manfaat Kunyit untuk mengatasi jerawat

Putih telur

Putih telur juga bermanfaat untuk memudarkan noda bekas jerawat, yang bisa Anda ambil jika tidak memiliki alergi telur. Caranya, ambil putih telur, kocok dengan garpu,  lalu oleskan pada wajah secara merata. Biarkan semalaman. Anda juga bisa menambahkan putih telur ini dengan beberapa tetes air lemon, tapi tidak harus. Putih telur juga memiliki sifat antiinflamasi atau anti peradangan. Baca juga : Nilai Gizi, efek samping, dan manfaat putih telur bagi kesehatan

Lihat juga :  Tips Alami Perawatan Kulit agar Sehat

Tomat

Tomat mengandung asam alami yang bisa memudarkan flek bekas jerawat, dan melembutkan kulit. Selain dioleskan pada kulit wajah, tomat juga sekaligus bisa di makan atau diminum dalam bentuk buah blender murni. Hal ini karena kandungan vitamin dalam tomat yang tinggi, sehingga bisa menghilangkan noda bekas jerawat dan membantu membatasi produksi sebum yang bisa menyebabkan pori-pori membesar.

Mentimun

Mentimun tak hanya bisa membantu menghilangkan lingkar hitam dibawah mata, tetapi juga memiliki kemampuan memudarkan fleks bekas jerawat Anda. Caranya, iris tipit-tipis mentimun, kemudian tempelkan pada wajah yang sebelumnya sudah dicuci bersih.

Nanas

Nanas bermanfaat untuk menjaga kelembutan kulit, karena memasok zat kolagen. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nanas sebagai masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara membuat masker nanas sangat mudah, kupas kulit nanas, diblender, kemudian bubur nanas ini Anda pergunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin sehabis bekerja atau saat mau istirahat malam, minimal 3 hari sekali.

Masker tomat, mentimun, dan kentang

Sayuran ini bisa dipergunakan sebagai masker wajah untu menghilangkan noda bekas jerawat, karena banyak mengandung senyawa seperti asam alami dan vitamin yang bermanfaat menghaluskan serta menyehatkan kulit. Cara penggunaan, blender ketiga jenis buah sayur tersebut, kemudian setelah menjadi bubur/pasta, oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini rutin paling tidak seminggu dua kali untuk memperoleh kulit yang kencang serta bebas noda.

Garam dan Madu

Untuk menghilangkan flek bekas jerawat, Anda juga bisa menggunakan bahan alami yaitu garam dan madu. Caranya, ambil garam laut, larutkan dengan sedikit air. Gunakan kapas untuk mengoleskan garam dan air tersebut ke wajah yang ada flek bekas jerawatnya. Biarkan dulu selama 30 menit, lalu cuci dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin. Setelah itu oleskan madu, dan biarkan selama 20 menit sebelum dibersihkan kembali dengan air .

Lihat juga :  Khasiat manfaat Bengkuang bagi kesehatan dan kecantikan

Es Batu

Banyak yang sudah membuktikan keampuhan es batu untuk menghilangkan noda bekas jerawat mereka. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih. Lalu gunakan untuk menggosok daerah wajah yang ada bekas jerawat selama 15 sampai 20 menit. Lakukan setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Baking soda dan minyak zaitun

Baking soda bisa digunakan untuk mengeksofiliasi atau pengelupasan sel kulit mati untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang membandel. Caranya : Campurkan 1 sdm baking soda dengan 2 sdm air bersih. Lalu gunakan campuran baking soda dan air tersebut untuk mengolesi sambil menggosok bekas jerawat secara perlahan-lahan. Lakukan langkah ini selama 1 menit, stelah itu bilas dengan air bersih. Setelah pengelupasan dengan baking soda selesai, selanjutnya oleskan minyak zaitun. Langkah ini sangat penting supaya kulit tidak kehilangan kekenyalan atau elastisitasnya, karena minyak zaitun memiliki manfaat melembabkan dan melembutkan kulit.

Nah beberapa bahan dan cara alami diatas semoga bisa membantu memudarkan fleks bekas jerawat Anda yang mengganggu.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *