Cara menghilangkan lingkar hitam dibawah mata secara alami

menghilangkan lingkar hitam bawah mataLingkaran hitam di bawah mata cenderung lebih mempengaruhi penampilan Anda daripada sekedar kerutan atau uban. Dengan keadaan ini, seseorang bisa terlihat lebih lesu, kurang bersemangat, dan tidak pernah terlihat ceria. Apakah lingkaran hitam dibawah mata ini bisa dihilangkan?.. Jawabannya bisa, namun perlu komitmen berusaha dan kedisiplinan. Paling tidak Anda masih dapat meminimalkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata Anda, dan bahkan dalam beberapa kasus bisa menghilangkan sepenuhnya. Baca lebih banyak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Advertisement

Berikut cara menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata,  mengatasi penyebabnya, mengatasi secara alami, dan solusi menggunakan kosmetik

A) Mengatasi Penyebabnya

1. Dapatkan banyak tidur malam.

Belum jelas alasannya, kenapa kurang tidur malam bisa menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata. Yang jelas kurang tidur menyebabkan kulit menjadi pucat (sehingga meningkatkan warna gelap di bawah mata), dan mengurangi tingkat sirkulasi. Namun banyak yang dipercaya bahwa terlalu sedikit waktu tidur merupakan penyebab masalah ini. Sebelum tidur di malam hari, bersihkan semua riasan mata. Jika Anda tidak melakukannya, ketika usia Anda sudah lebih tua, maka mata Anda bisa terlihat jauh lebih lelah setiap hari.
Tentukan berapa banyak tidur yang Anda butuhkan ( biasanya 7-9 jam per malam, tapi bisa berbeda untuk orang ). Cobalah untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup secara teratur selama beberapa minggu untuk melihat, apakah ini bisa membantu.
2. Dapatkan vitamin yang memadai yang membantu tidur.

Kurangnya tidur, ditambah dengan kurangnya penyerapan vitamin, cenderung mengurangi fungsi adrenal. Semakin sedikit fungsi adrenal yang Anda miliki, maka semakin sedikit vitamin B6 yang bisa diserap oleh tubuh Anda. Semakin sedikit tubuh Anda menyerap B6, maka semakin sedikit kelenjar adrenal Anda yang berfungsi , yang pada akhirnya menyebabkan lingkaran hitam. Tidur cukup, ditambah dengan asupan vitamin, kalsium / magnesium yang banyak dari makanan dan sayuran (susu lebih tinggi kalsium dan magnesium), dan suplemen mineral baik untuk mengembalikan fungsi adrenal.

3. Mengatasi alergi .

Alergi adalah penyebab umum dari perubahan warna kulit yang berada di bawah mata. Jika alergi adalah akar masalah Anda, maka obati alergi Anda atau mencegah alergen. Masalah alergi musiman seperti demam sering bisa diobati secara efektif dengan resep obat.
Untuk jenis alergi yang lain, tindakan yang terbaik biasanya adalah menghindarinya. Jika lingkaran hitam atau bengkak terjadi terus menerus, Anda mungkin memiliki alergi makanan atau bahan kimia di rumah atau tempat kerja. Berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk membantu menentukan apa yang mungkin membuat Anda alergi. Orang dengan alergi juga cenderung menjadi kekurangan B6, asam folat ,dan B12. Mengambil multivitamin juga dapat membantu mengatasi masalah ini.

Lihat juga :  Cara Penggunaan dan Manfaat Kunyit untuk wajah dan kulit

4. Intoleransi gluten .

Alergi lain yang umum yang menyebabkan lingkaran hitam bawah mata adalah intoleransi gluten, atau yang alergi terhadap tepung terigu pada khususnya. Lebih parah, Anda bisa memiliki penyakit celiac. Untuk menguji apakah ada penyakit celiac, Anda harus menjalani tes darah yang dilakukan oleh dokter. Sangat penting untuk diingat bahwa Anda mungkin hanya intoleransi gluten, dan tidak memiliki penyakit celiac.

5. Sembuhkan masalah hidung tersumbat.

Hidung tersumbat bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, karena pembuluh darah di sekitar sinus Anda menjadi gelap dan melebar.

6. Makanlah dengan baik.

Makan sehat, diet seimbang , minum vitamin, dan banyak minum air putih. Seluruh masalah kosmetik bisa dikaitkan dengan kekurangan vitamin. Lingkaran hitam dan bengkak sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin K, atau tingkat antioksidan yang tidak memadai. Juga, kekurangan vitamin B12 (biasanya terkait anemia) dapat mengakibatkan lingkaran hitam).
Makan banyak sayuran, terutama kubis, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya, dan buah-buahan segar. Mengambil suplemen vitamin setiap hari jika diperlukan, serta dapatkan asupan cairan yang mencukupi untuk meningkatkan sirkulasi darah.
7. Kurangi asupan garam .

Kelebihan konsumsi garam menyebabkan tubuh menahan air pada tempat-tempat yang tidak biasa, danini bisa mengakibatkan bengkak di bawah mata. Terlalu banyak garam juga bisa mengganggu sirkulasi, dan menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit menjadi kebiruan.

8 Koreksi Kebiasaan merok*k

Merok*k juga bisa menyebabkan masalah pembuluh darah (pembuluh darah), yang menyebabkannya terlihat lebih menonjol dan lebih biru.

9. Bersantai .

Relaxing mungkin bisa membantu menghilangkan masalah stres dan kecemasan,  yang membuat Anda sulit tidur, sulit makan, dan kurang beristirahat dengan baik. Dengan demikian, cukup waktu bersantai akan membantu kulit di bawah mata Anda menjadi cerah kembali, karena stres berkurang dan merasa lebih nyaman. Kulit cenderung mencerminkan seluruh induk penyakit secara emosional dan fisik, jadi jangan mengabaikan kebutuhan untuk bersantai.

10. Terimalah apa yang tidak bisa diubah

Ada beberapa penyebab lingkaran bawah mata, yang Anda mungkin tidak bisa berbuat banyak untuk memulihkannya, termasuk:

  1. Kelainan pigmentasi. Ini dapat menyebabkan lingkaran gelap di bawah mata.
  2. Paparan sinar matahari. Dapat meningkatkan produksi melanin.
  3. Penipisan kulit. Penuaan akan menipiskan kulit, membuat pembuluh darah menjadi lebih jelas, karena lemak dan kolagen berkurang.
  4. Keturunan. Ketahui apakah kondisi ini ada dalam keluarga Anda, karena lingkaran di bawah mata diyakini seringkali diturunkan.

Namun hal ini tidak berarti bahwa Anda tidak bisa melakukan apa-apa, tetapi Anda harus siap untuk mendapatkan sukses yang minimal ketika mencoba untuk menghilangkannya.
11. Fitur wajah Anda.

Lingkaran hitam mungkin karena memang sudah menjadi fitur wajah Anda sendiri. Tidak banyak memang yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh perubahan, selain harus berhati-hati menggunakan kosmetik.

Lihat juga :  Cara alami mengecilkan perut gendut setelah melahirkan

B) Pengobatan alami

  • Gunakan irisan mentimun. Irisan mentimun telah lama digunakan untuk mengurangi bengkak, menyegarkan penampilan kulit di sekitar mata, mempercepat pemulihan mata lelah dan bengkak. Letakkan sepotong irisan mentimun diatas mata, sesuai dengan luas wilayah area yang gelap. Lakukan ini setiap hari ini, dengan ditambah berbaring selama 10-15 menit. Tutup mata Anda. [Baca juga :30 Manfaat Luarbiasa mentimun Bagi kesehatan, kulit dan rambut ]
  • Tempelkan kantong teh dingin atau es batu yang dibungkus dengan kain lembut diatas mata Anda setiap hari. Zat tannin dalam kantong teh bisa mengurangi pembengkakan dan perubahan warna pada kulit. Berbaringlah, terutama di pagi hari, dan tempatkan kantong teh yang dingin dan basah di atas mata Anda selama sekitar 10-15 menit. Tutup mata Anda. Anda bisa mendinginkan kantong teh semalaman, sehingga siap digunakan pada pagi harinya.
  • Membuat larutan garam. Masukkan 2 cangkir air dengan 1/4 sendok teh garam laut dan / atau setengah sendok teh baking soda di salah satu lubang hidung Anda. Miringkan kepala ke samping, sehingga air bisa keluar melalui lubang hidung lainnya. Ini paling baik digunakan ketika Anda sedang mengalami hidung tersumbat. Gunakan botol plastik yang ujungnya kecil dan bisa menyalurkan air campuran ini kedalam lubang hidung Anda.
  • Gunakan kentang. Satu buah kentang mentah dilembutkan, kemudian sendok dan tempatkan bubur kentang diatas mata Anda yang tertutup selama 30 menit, sambil berbaring telentang. Sesudahnya , cuci dengan air hangat. Metode ini bisa bekerja dengan baik bagi sebagian orang.
  • Gunakan sendok dingin. Masukan sendok kedalam freezer selama 10-15 menit. Keluarkan, dan pergunakan untuk menutupi lingkaran hitam mata. Tahan di sana sampai sendok menjadi hangat kembali.

C) Solusi menggunakan Kosmetik

  • Oleskan krim mata yang mengandung vitamin K dan retinol. Lingkaran hitam bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin K. Apapun penyebabnya, namun, krim kulit yang mengandung kedua bahan ini bisa mengurangi bengkak dan perubahan warna yang signifikan pada banyak orang.
  • Penggunaan setiap hari dalam jangka panjang sepertinya akan membawa efek yang besar.
  • Gunakan krim bawah mata. Gunakan concealer, yang berguna untuk menyamarkan lingkaran warna gelap bawah mata. Sangat penting untuk menggunakan concealer yang sesuai dengan kulit Anda. Setelah menggunakan concealer, atur dengan serbuk transparan.

Tes kulit. Sebelum menggunakan kosmetik, pertamakali cobalah untuk menguji pada kulit Anda. Hentikan menggunakan jika menyebabkan iritasi pada kulit, menyebabkan ruam, atau membuat mata Anda sakit atau berair.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *