Cara Menggunakan Minyak Zaitun yang sehat

Manfaat Minyak zaitunMinyak zaitun (olive oil), adalah minyak nabati yang sangat mengandung antrioksidan polifenol dan mengandung lemak tak jenuh tunggal. Dengan demikian, artinya bahwa minyak zaitun baik untuk kesehatan. Hal ini terutama bermanfaat bagi jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat, plus meningkatkan kadar kolesterol baik. Pada umumnya orang salah kaprah menggunakan minyak zaitun, menggunakannya untuk memasak apapun dengan suhu tinggi. Tujuannya sih baik, ingin lebih sehat. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua cara memasak menggunakan olive oil itu selalu baik bagi kesehatan?. Ada cara memasak tertentu, yang sebenarnya justru tidak baik jika menggunakan minyak zaitun!. Bahkan, penggunaan minyak zaitun yang kurang tepat untuk memasak, justru bisa merugikan kesehatan!. Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara terbaik memasak dengan minyak zaitun.

Advertisement

Berikut ini cara memanfaatkan minyak zaitun yang benar demi kesehatan

Gunakan jika :

Jika Anda membuatnya sebagai dressing untuk salad atau menumis sayuran di atas api sedang, minyak zaitun adalah pilihan yang sangat baik. Hal ini karena minyak ini memiliki rasa yang berbeda,  Anda bisa langsung menggunakannya kedalam piring dengan sayuran yang kukus, sup atau roti. Minyak zaitun mengandung lebih banyak lemak tak jenuh tunggal, jika dibandingkan dengan minyak nabati lainnya sehingga merupakan pilihan yang cocok untuk kesehatan terutama jantung.

Jangan di gunakan jika :

Jika Anda memasak makanan yang harus menggunakan api yang besar, sebaiknya tidak menggunakan minyak zaitun. Hal ini karena minyak zaitun memiliki titik asap yang lebih rendah, sehingga pada panas tinggi akan berasap. Dan jika Anda memanaskan minyak zaitun sampai ke titik asapnya, maka senyawa bermanfaat yang terkandung dalam minyak zaitun akan mulai menurun, dan bahkan bentuk senyawa akan berubah menjadi senyawa yang berpotensi merugikan kesehatan.

Lihat juga :  Manfaat dan penggunaan Minyak Cengkeh

Apa pengganti olive oil yang lebih sehat untuk memasak dengan suhu tinggi?

Minyak canola adalah minyak nabati lain yang memiliki titik asap yang lebih tinggi daripada minyak zaitun, dan merupakan pilihan yang baik jika dipergunakan untuk memasak dengan api besar – seperti memanggang sayuran atau menumis makanan dengan panas tinggi. Minyak canola juga memiliki rasa yang netral, dan mengandung asam lemak omega 3 yang menyehatkan jantung, dan juga ideal untuk memasak. Minyak jenis ini lebih murah daripada minyak zaitun, jadi jika Anda ingin berhemat dan tetap sehat, maka minyak canola adalah pilihan yang baik. Minyak kelapa yang dibuat secara tradisional, bahkan jauh lebih sehat jika untuk memasak/menggoreng makanan dengan suhu tinggi daripada minyak zaitun, karena jauh lebih tahan dan senyawanya tak mudah rusak.

Garis bawah

Menggoreng menggunakan minyak zaitun tidak selalu baik. Adakalanya minyak zaitun yang sehat dan mahal ini justru berubah menjadi merugikan kesehatan, karena sedikit kesalahpahaman tentang penggunaannya. Cukup hanya tambahkan sedikit minyak zaitun diatas roti, salad, sayur rebus, atau untuk menumis dengan api sedang, dan Anda akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *