Cara mencegah timbulnya Varises

cara mencegah varisesSelain menyebabkan rasa kurang percaya diri ketika mengenakan celana pendek atau bawahan yang lainnnya, varises dan spider veins(pembuluh darah kapiler yang berukuran lebih kecil) juga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti kesemutan, cepat merasa pegal, dan bahkan rasa sakit atau nyeri ketika berjalan atau berdiri. Varises adalah pelebaran pembuluh darah yang seringkali terjadi pada kaki, dan telah mempengaruhi sebagian dari orang dewasa diseluruh dunia terutama wanita. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh tekanan yang terus-menerus pada pembuluh darah dikaki, yang pada akhirnya melemahkan pembuluh darah tersebut.

Advertisement

Sayangnya tidak ada cara yang pasti untuk mencegah varises ini agar tidak terjadi pada kaki Anda, namun Anda bisa memperkecil kemungkinannya dengan melakukan beberapa hal dalam keseharian Anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena penyembuhan varises termasuk sulit, bahkan bisa memerlukan pembedahan atau laser.

Berikut ini beberapa cara terbaik pencegahan varises

Olahraga secara teratur.

Berjalan kaki dan joging akan meningkatkan sirkulasi pada kaki, dan sirkulasi darah yang tepat bisa membantu mencegah perkembangan dan memburuknya varises. Olahraga secara keseluruhan juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi , serta memperkuat seluruh sistem peredaran darah Anda.

Hindari berdiri terlalu lama.

Berdiri menetap dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan tekanan pada pembuluh vena di kaki. Seiring dengan berjalannya waktu, tekanan ini pada akhirnya melemahkan dinding pembuluh darah. Jika berdiri tidak bisa dihindari pada pekerjaan Anda, kurangi dengan jalan menggeser posisi berdiri sesering mungkin, dan cobalah untuk berjalan-jalan setidaknya setiap 30 menit sekali.

Duduk dengan cara yang benar .

Duduklah yang tegak, dan jangan menyilangkan kaki Anda. Postur duduk yang baik akan meningkatkan sirkulasi, sedangkan duduk bersila akan membatasi aliran darah menuju dan dari kaki.

Menjaga berat badan yang sehat .

Kelebihan berat badan akan membuat tekanan yang berlebihan pada kaki dan sistem peredaran darah Anda. Secara khusus, mengurangi berat badan juga akan mengurangi risiko varises. Biasakan makan yang sehat , serta menghindari makanan yang bergizi rendah dan berkalori tinggi. Selain itu, sertailah dengan berolahraga secara teratur. Makan sehat dan gerakan yang teratur akan membantu mengurangi risiko varises pada pembuluh vena Anda.
Ketahuilah bahwa beberapa orang lebih rentan mengembangkan varises daripada yang lain, terlepas dari faktor berat badan. Dalam hal ini, selain penting untuk tetap fit dan sehat, Anda mungkin juga perlu untuk memeriksakan diri ke dokter ,untuk memperoleh saran atau cara-cara lain untuk mengurangi risiko varises Anda.

Lihat juga :  10 Hal yang harus dihindari oleh penderita Asma

Berhenti mer*okok.

Merok*k berpotensi terhadap segudang masalah kesehatan, dan perlu diingat bahwa tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan merok*k juga bisa menyebabkan varises.

Hindari Pil KB tinggi estrogen

Penggunaan pil KB tinggi estrogen dalam jangka panjang telah terbukti meningkatkan risiko varises, yaitu dengan cara mengubah fungsi katup sirkulasi. Jika Anda memerlukan kontrol kelahiran untuk jangka waktu yang lama, tanyakanlah ke dokter Anda tentang pilihan KB yang lain.

Istirahatkan kaki

Terutama jika Anda harus berdiri untuk waktu yang lama, luangkan waktu sejenak untuk kaki Anda bersantai, dan tiingkatkan sirkulasi darah dengan cara menyelonjorkan kaki selama beberapa menit setiap hari ketika beristirahat.  Anda juga bisa mencoba menggunakan tabel inversi atau mengangkat kaki Anda ditempat tidur, sehingga posisi kaki Anda sedikit lebih tinggi dari kepala Anda ketika Anda tidur.

Kenakan Pakaian yang nyaman

Untuk meningkatkan sirkulasi darah ke tubuh bagian bawah, maka hindarilah sering mengenakan pakaian ketat pada kaki dan pinggang. Gunakan pakaian yang longgar yang nyaman, dan kurangi waktu mengenakan sepatu hak tinggi.

Memakai kaus/sarung kaki kompresi.

Jika Anda sudah mendapatkan varises, maka usahakanlah secara teratur untuk menggunakan kaus kaki kompresi (semacam stoking untuk kaki). Alat ini bisa dibeli di toko alat kesehatan atau apotek, yang tersedia dalam berbagai ukuran penekanan yang berbeda.
Periksa ke dokter atau apoteker sebelumnya untuk memastikan Anda mendapatkan selang dengan tekanan yang tepat.
Jika Anda terbang, tanyakan selang kompresi kepada dokter, untuk membantu mengurangi ketegangan pada kaki Anda dan bisa membantu untuk mencegah memburuknya varises yang ada.

Pilihan pengobatan medis.

Langkah-langkah di atas mungkin bisa membantu untuk mencegah timbulnya varises, menghentikan yang baru muncul, dan mengurangi ukuran varises dan rasa sakit yang ditimbulkan. Namun pengobatan mungkin disarankan jika kondisi varises Anda sudah parah, atau jika metode diatas tidak membantu. Pengobatan termasuk skleroterapi, operasi laser, dan pengupasan vena. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan pilihan pengobatan yang terbaik bagi Anda.

Lihat juga :  Tanda/Gejala, Penyebab dan pengobatan Vertigo

Varises pada umumnya bukan masalah kesehatan yang serius, namun bisa menyebabkan kondisi yang berpotensi lebih berbahaya. Jika Anda mengetahui varises Anda berkembang, sebaiknya memeriksakan diri secara medis dengan lengkap dan membicarakan kesehatan Anda dengan dokter Anda.

Tips

  • Cobalah untuk menjaga kaki lebih tinggi dari tubuh Anda saat tidur, juga oleskan minyak almond untuk membantu melancarkan aliran darah.
  • Sehabis berolahraga, jangan langsung duduk dengan menekuk kaki, tapi usahakan untuk duduk selonjor hingga usai beristirahatnya.
  • Varises lebih sering terjadi pada wanita, walaupun juga bisa mempengaruhi sejumlah besar orang. Semakin tua umur Anda, maka akan semakin besar kemungkinan Anda untuk mengembangkan varises. Namun varises bisa terbentuk pada usia berapa pun, dan keturunan mungkin juga bisa menjadi faktor resikonya.
  • Berkomitmen untuk melakukan perawatan, dan sehat dengan pakaian kompresi yang sesuai.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *