10 Cara untuk Mencegah Penyakit Ginjal

cara mencegah penyakit ginjalPenyebab utama dari gagal ginjal adalah penyakit diabetes type 2 dan tekanan darah tinggi disebagian besar belahan dunia. Ginjal adalah organ tubuh kita yang ambil bagian untuk tugas penyaringan sisa atau limbah tubuh, serta kelebihan cairan pada darah yang beredar dalam tubuh kita. Jadi jika seseorang mengalami gagal ginjal, maka hanya akan 2 pilihan; tergantung dengan alat cuci darah seumur hidup, atau dilakukan transplantasi ginjal.

Advertisement

Diabetes bisa menyebabkan penyakit ginjal, karena gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh dara diseluruh tubuh, termasuk pembuluh darah kecil yang melakukan penyaringan darah. Sementara itu tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan dan semakin memperburuk keadaan, lebih banyak merusak pembuluh darah dan mempercepat perkembangan penyakit ginjal. Meskipun prosentasi penderita diabetes yang mengalami sakit ginjal cukup tinggi (20-40%), tapi hal ini bisa diperlambat secara signifikan jika didiagnosa lebih dini dan segera diobati.

Secara alami ginjal juga menurun kapasitas penyaringannya setelah seseorang berusia 30-40 tahun hingga sebesar 10%. Dan jika Anda  meningkatkan beban kerja ginjal semenjak awal, maka resiko penyakit ginjal dikemudian hari pasti akan lebih tinggi.

Cara pencegahan penyakit ginjal sejak dini

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Dan ketika Anda bisa merawat ginjal Anda sejak dari awal, maka resiko gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya bisa ditekan. Berikut 10 tips cara mencegah penyakit ginjal :

1. Memagajemen  diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dengan baik :

Penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal. Oleh karena itu, selalu kendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah dengan jalan mengikuti diet sehat, olahraga. Pedoman pengobatan yang benar sangat penting untuk mencegah penyakit ginjal.

2. Mengurangi asupan garam :

Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

Lihat juga :  Mengetahui Kondisi kesehatan dari warna feses atau pup

3. Minum banyak air setiap hari :

Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

4. Jangan menahan buang air kecil :

Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin.

Jadi, jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal. Baca juga Mengetahui kondisi kesehatan berdasarkan warna urin

5. Makan dengan benar:

Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal.

Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet Anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.

6. Minum-minuman yang sehat :

Termasuk jus segar atau jus blender adalah cara lain supaya Anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal Anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

Hindari berlebihan minum minuman bersoda, kopi atau  teh, karena minuman ini mengandung kafein yang berpotensi mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Jadi dengan demikian, ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuangnya.

Lihat juga :  Penyebab dan pengobatan keringat berlebih(Hyperhidrosis)

Jika Anda sudah menderita masalah dengan ginjal, maka Anda harus menghindari jus yang terbuat dari sayuran seperti bayam dan bit. Hal ini karena kedua sayuran tersebut kaya akan asam oksalat, yang menyebabkan pembentukan batu ginjal. Tapi Anda pasti bisa minum air kelapa.

7. Hindari alk*hol dan mer*kok :

Kelebihan asupan alk*hol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendali hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal. Mer*kok memang tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tetapi bisa mengurangi fungsi ginjal secara signifikan – plus memiliki efek buruk pada kesehatan jantung, yang selanjutnya bisa memperburuk masalah ginjal.

8. Olahraga rutin :

Para ahli dan peneliti yakin bahwa obesitas sangat terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal terkait. Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat. Berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, Anda akan selalu merasa segar dan aktif. Berikut lebih lanjut tentang bagaimana obesitas dan penyakit ginjal terkait .

9. Hindari mengkonsumsi obat tanpa saran dari medis :

Apapun jenis obat-obatan yang Anda konsumsi harus melewati ginjal untuk dilakukan penyaringan. Penambahan dosis atau minum obat-obatan tanpa Anda sadari bisa meningkatkan beban racun pada ginjal. Itulah mengapa Anda harus selalu mengikuti resep dan dosis yang diberikan ahli kesehatan, dan menghindari mengobati diri sendiri.

10.  Hati-hati mengkonsumsi suplemen dan obat-obatan herbal atau jamu :

Jika Anda mengambil suplemen vitamin atau beberapa suplemen herbal, Anda harus mempertimbangkan dengan kebutuhan Anda. Berlebihan mendapatkan asupan vitamin dan herbal tertentu atau jamu terkait dengan kerusakan ginjal. Anda harus berkonsultasi dengan dokter mengenai risiko penyakit ginjal sebelum mengambil suplemen dan jamu.

Demikian 10 tips cara supaya kita terhindar dari penyakit ginjal, lebih-lebih gagal ginjal yang sangat ditakuti diseluruh dunia. Jangan lewatkan jadwal kontrol ke dokter Anda, jika sedini mungkin didiagnosis, penyakit ini akan lebih mudah untuk diobati.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *