Tips Cara mencegah diabetes

Tips Cara mencegah diabetesDiabetes adalah salah satu penyakit yang paling populer di seluruh dunia, dan sayangnya penyakit ini bisa dikatakan sebagai penyakit seumur hidup. Diabetes tidak bisa disembuhkan secara total, dan penderita harus menjaga diet agar tidak kambuh dan terjadi komplikasi. Diabetes adalah gangguan metabolisme, di mana tubuh sudah tidak mampu lagi untuk menghasilkan hormon insulin dalam  jumlah yang cukup, serta tidak mampu menggunakan insulin dengan benar. Insulin adalah hormon yang berperan sangat penting bagi tubuh untuk mengubah gula, pati, dan makanan lain menjadi energi yang digunakan tubuh. Kurangnya produksi insulin berarti tubuh akan kekurangan energi, yang bisa hadir dengan banyak komplikasi dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, lebih baik sekarang marilah Kita untuk memulai mengambil langkah-langkah preventif, sebelum diabetes benar-benar menimpa kita. Tindakan pencegahan jauh lebih mudah daripada tindakan pengobatan atau pengelolaan diabetes. Agar penyakitnya tidak kambuh, penderita harus melakukan diet ketat dan bantuan pengobatan. Sementara itu untuk pencegahan, kita hanya perlu melakukan diet dan gaya hidup yang sehat.

Advertisement

Berikut Tips Cara terbaik untuk mencegah atau menghindari terkena Diabetes

Olahraga rutin

Melakukan rutinitas olahraga adalah cara terbaik untuk menghindari diabetes. Berolahraga secara teratur atau berkegiatan yang melibatkan aktivitas fisik bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin dan menyerap glukosa. Secara ilmiah telah ditetapkan bahwa olahraga ringan secara rutin setiap hari mengurangi risiko terkena diabetes.

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan atau yang dikatakan obesitas adalah salah satu penyebab umum diabetes, bahkan merupakan ancaman serius yang meningkatkan risiko diabetes. Oleh sebab itu disarankan untuk menjaga berat badan yang sehat, yang bisa melalui diet menurunkan berat badan yang sehat dan berolahraga secara teratur.

Lihat juga :  Inilah Makanan yang Membersihkan pencernaan Usus alami

Hindari Karbohidrat olahan

Cobalah untuk menghindari atau mengurangi mengkonsumsi karbohidrat olahan seperti gula, minuman ringan, minuman rasa buah, produk jus buah, roti putih,dan karbohidrat olahan lainnya karena seringkali menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Terlalu berlebihan mengkonsumsi karbohidrat sederhana/olahan bisa meningkatkan resiko diabetes, terutama bagi orang yang tidak pernah berktifitas secara fisik, atau orang yang beresiko tinggi diabetes karena genetika/keturunan.

Lebih banyak Mengkonsumsi makanan sumber nabati

Banyak mengkonsumsi sumber makanan dari tumbuhan/nabati bisa mengurangi risiko terkena diabetes. Mulailah mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayuran beraneka warna, kacang-kacangan, buah-buahan segar, serta biji-bijian. Asupan makanan nabati bisa menurunkan risiko diabetes, serta menjaga nafsu makan dan kalori tetap kontrol.

Cek rutin kesehatan umum dan mata

Rutin melakukan Cek kesehatan fisik dan mata sangat dianjurkan untuk mencegah diabetes. Hal ini untuk mengetahui komplikasi terkait diabetes jika ada, termasuk tanda-tanda kerusakan ginjal, kerusakan saraf, dan penyakit jantung. Spesialis perawatan mata akan memeriksa tanda-tanda kerusakan retina, katarak, dan glukoma.

Mengkonsumsi Lemak Sehat, dan menghindari lemak berbahaya

Penting bagi Anda untuk mengetahui mana makanan berlemak yang bisa diterima, dan mana makanan berlemak yang berbahaya bagi tubuh. Asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan dalam ikan seperti tuna dan salmon, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun adalah lemak yang bisa membantu mengurangi risiko diabetes. Sementara itu lemak trans(minyak goreng terhidrogenasi), dan lemak jenuh adalah jenis lemak berbahaya yang harus dihindari. Baca juga : Efek samping buruk makanan gorengan bagi kesehatan

Berhenti Mer*kok Dan Minum

Jika Anda terbiasa mer*kok atau minum, disarankan untuk menghentikan kebiasaan itu sesegera mungkin. Temb*kau dan miras dalam jangka panjang meningkatkan risiko diabetes. Bahkan merok*k khususnya meningkatkan risiko diabetes hingga 50% lebih, daripada resiko dari kebiasaan makan.

Lihat juga :  Tips Cara Olahraga Berlari yang baik dan benar

Mengendalikan tekanan darah dan kolesterol

Yang tak kalah pentingnya untuk menurunkan resiko diabetes adalah menjaga tekanan darah dan kolesterol, karena kedua kondisi tersebut akan memberikan tekanan pada pembuluh darah. Kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, serta diabetes akan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan lain yang lebih kompleks. Jadi kembali lagi ditekankan akan pentingnya olahraga dan gaya hidup sehat untuk menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah.

Atasi stres segera

Jika Anda berada dalam situasi stres berat, segeralah untuk mengambil langkah-langkah penanganan sesegera mungkin. Stres akan membuat seseorang mengabaikan semua aturan kesehatan, dan tubuh juga akan memproduksi hormon-hormon tertentu yang akan mencegah kerja insulin yang yang tepat. Jadi stres merupakan kondisi yang tidak boleh dianggap remeh, dan banyak orang yang setuju dengan pendapat “stres adalah ibu dari segala penyakit”.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *