Cara memanfaatkan Kunyit untuk menyembuhkan diabetes

manfaat kunyitKita mungkin telah banyak mengetahui banyak hal tentang Kunyit, termasuk khasiatnya yang dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit. Ternyata kunyit juga menguntungkan untuk penderita diabetes. Lalu kenapa kunyit bisa memberikan manfaat bagi penderita gula darah ini?. Itulah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Advertisement

Kunyit telah lama diakui bermanfaat obat dan dalam hal bumbu masakan sejak zaman kuno. Senyawa utama dari kunyit ini adalah curcumin, yang memberikan warna kuning oranye, sedikit pahit dan berbau tajam. Kunyit juga digunakan sebagai pewarna alami pada makanan.

Dalam dunia industri obat-obatan, kunyit diyakini memiliki sifat teraupotik obat yang kuat. Rimpang kunyit memiliki manfaat penyembuhan dan sifat obat, yang dapat membantu mengobati penyakit seperti alergi, infeksi, radang, gangguan jantung, osteoarthritis, gangguan pencernaan, diabetes dll.

Kunyit juga tersedia dalam bentuk rimpang segar, bubuk, kapsul, sirup dan minyak. Umumnya kunyit tidak memiliki efek samping, dan dianggap aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi mengkomsumsi suplemen kunyit dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menimbulkan efek buruk untuk kesehatan, seperti sakit maag, masalah perut, jerawat dll. Konsumsi kunyit juga harus dihindari oleh ibu menyusui, wanita hamil dan pasien yang sedang menjalani operasi.

Baca juga: Khasiat manfaat Kunyit

Kunyit Untuk membantu penyembuhan Diabetes

Diabetes Mellitus adalah penyakit metabolik yang mengganggu glukosa atau kadar gula dalam darah. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya produksi hormon insulin, yang menyebabkan diabetes type 1,  dan jenis diabetes yang tak tergantung insulin adalah  diabetes melitus tipe 2. Kasus diabetes type 2 adalah yang paling banyak terjadi, yaitu sekitar 90% dari seluruh kasus diabetes.

Kunyit juga dikenal memiliki sifat kuratif yang menakjubkan untuk mengobati diabetes. Sifat Antioksidan, sifat antimikroba dan anti – glikemik pada kunyit terkait dengan senyawa kurkumin yang dapat membantu mengatur produksi hormon insulin dalam tubuh, mengontrol dan menyeimbangkan gula darah dan trigliserida, mencegah pengembangan resistensi insulin atau sensitivitas insulin, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah infeksi dan radang, mengurangi lemak, dan mengurangi stres. Dan dengan demikian kunyit akan membantu menyembuhkan dan pencegahan diabetes. Kunyit dapat membantu mencegah dan mengobati diabetes dengan cara-cara sebagai berikut :

1 . Meningkatkan kesehatan :

Zat antioksidan dan senyawa fitonutrien dalam kunyit membantu mengobati berbagai macam penyakit, dan meningkatkan kesehatan secara umum. Dengan demikian kunyit akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya akan mencegah masalah kesehatan seperti penyakit diabetes secara efisien dan efektif .

Lihat juga :  Obat alami tradisional flu atau batuk pilek

2 . Meningkatkan kekebalan tubuh:

Sifat Antioksidan, antimikroba, anti inflamasi, dan anti glikemik dari kurkumin akan membantu untuk melawan dan mencegah penyakit dengan jalan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian kunyit juga membantu mencegah diabetes.

3 . Mengatur kadar insulin :

Pankreas adalah organ tubuh yang bertugas memproduksi insulin dalam tubuh manusia. Zat Anti glikemik dalam kunyit akan membantu untuk mempertahankan fungsi pankreas yang sehat, mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, mencegah perkembangan resistensi insulin dalam tubuh, serta menurunkan kadar gula darah dan trigliserida. Dengan demikian akan sangat membantu dalam pengobatan diabetes secara efektif .

4 . Mencegah dan mengurangi lemak tubuh berlebihan:

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko terbesar diabetes. Curcumin dalam kunyit akan membantu untuk mengontrol trigliserida dan kadar kolesterol dalam datah, menyeimbangkan gula darah, memperbaiki pencernaan, menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak, sehingga membantu mengobati masalah obesitas. Oleh karena itu, kunyit akan sangat membantu untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes.

5 . Mencegah infeksi dan peradangan :

Bakteri Patogen jenis tertentu juga diyakini dapat memicu diabetes tipe 1. Sifat Antivirus, antibakteri, dan sifat antibiotik kunyit akan membantu untuk mengobati dan mencegah infeksi jenis bakteri. Dengan demikian akan membantu untuk menghindari diabetes. Kunyit juga bisa membantu menyembuhkan penyakit metabolik dan peradangan, yang dapat menyebabkan masalah gula darah tinggi .

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *