Cara alami untuk mengatasi tekanan darah rendah

cara alami mengatasi darah rendahMasih ada sedikit kerancuan tentang masalah tekanan darah ini. Banyak orang yang beranggapan bahwa tekanan darah rendah dan kurang darah adalah sama. Disini perlu diketahui(bagi yang masih rancu), bahwa tekanan darah rendah dan kurang darah itu berbeda. Memang gejala yang bisa ditimbulkan keduanya nyaris sama, yaitu badan lemah, kurang semangat, mengantuk dll.

Advertisement

Kurang darah adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin), yang bertugas untuk membawa dan mengedarkan nutrisi serta oksigen keseluruh tubuh (disebut juga dengan anemia). Kurang darah terbanyak disebabkan oleh diet yang tidak sehat, gaya hidup(mis: suka begadang), atau kurang nutrisi tertentu seperti zat besi. Cara menanggulangi yang paling mudah adalah dengan cukup istirahat, mengubah diet, serta makan bayam atau makanan lain yang tinggi nutrisi khususnya zat besi.

Tekanan darah rendah , atau yang juga dikenal dengan hipotensi, adalah suatu kondisi di mana tekanan darah seseorang sangat rendah atau dibawah tekanan darah yang normal (120/80 mmhg), sehingga menyebabkan gejala seperti pusing, mudah pingsan, kelelahan, mual , sesak napas, penglihatan kabur, jantung berdebar, demam, dan kulit lembab(berkeringat dingin) . Orang yang dianggap menderita Tekanan darah rendah atau hipotesi jika tekanan darah mereka secara konsisten tetap sekitar 90/60 mm Hg atau lebih rendah. Dan, ketika tekanan darah menjadi lebih rendah lagi , dapat menyebabkan aliran darah yang tidak mencukupi untuk menjangkau dengan maksimal ke organ seperti otak , ginjal, dan hati. Hipotensi jika tak segera tertangani juga bisa sangat membahyakan, bahkan bisa mengancam jiwa.

Nah, kini sudah jelas beda dari keduanya. Dengan demikian, kita akan bisa mengambil langkah tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab tekanan darah rendah

  • Kondisi hipotensi dapat disebabkan oleh hal-hal seperti dehidrasi, terlalu lama tidur, kekurangan gizi, jumlah/volume darah kurang, gangguan jantung , kehamilan , gangguan endokrin, dan kondisi neurologis.
  • Obat-obat tertentu seperti alpha blocker, beta blocker , diuretik, antidepresan, dan lain-lain juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Ketika seseorang mengalami tekanan darah rendah  biasanya disarankan untuk meningkatkan asupan garam dan cairan. Namun Sebelum meningkatkan konsumsi garam, sebaiknya melakukan cek kesehatan kedokter. Juga disarankan untuk mengurangi minuman beralkoh*l, dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, nasi, pasta, dan kentang.

Lihat juga :  10 Hal yang harus dihindari oleh penderita Asma

Perawatan yang tepat untuk kondisi hipotensi ini tergantung dari penyebab pastinya. Namun Anda dapat mencoba beberapa pengobatan alami dirumah untuk mengurangi gejala. Sebaiknya pastikan, apakah kondisi yang Anda alami memang benar-benar tekanan darah rendah, yaitu dengan jalan cek tensi darah dengan alat tensimeter yang dilakukan oleh dokter/perawat kesehatan.

Berikut ini adalah solusi untuk mengobati tekanan darah rendah dengan cara alami dirumah.

Air Garam

Air garam membantu mengatasi tekanan darah rendah karena sodium dalam garam meningkatkan tekanan darah. Jangan berlebihan obat ini juga, karena kelebihan garam juga tidak sehat. Cukup hanya dengan mencampur setengah sendok teh garam kedalam segelas air dan meminumnya. Anda juga bisa minum-minuman olahraga atau energy drink.

kopi

Kopi murni kental atau minuman yang berkafein sementara juga dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Anda sering menderita tekanan darah rendah, minum secangkir kopi di pagi hari, terutama dengan hipotensi ortostatik. Tapi, jangan biasakan minum kopi juga karena efek jangka panjang dari kafein masih tidak jelas .

kismis

Kismis juga dianggap sangat baik untuk mengobati hipotensi secara alami.

Rendam 30 sampai 40 biji kismis kedalam secangkir air matang semalaman.
Makan di pagi hari satu per satu pada waktu perut kosong. Anda juga bisa sekaligus minum air rendamannya . Lakukan ini selama beberapa minggu atau satu bulan.

Kemangi

Kemang ini bermanfaat untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah, karena kaya akan vitamin C , magnesium, kalium, dan asam pantotenat. Selain itu, kemangi juga dapat membantu menyeimbangkan pikiran dan mengurangi stres.

Buat jus dari 10 sampai 15 lembar daun kemangi, dan tambahkan juga satu sendok teh madu. Minum jus ini setiap hari pada waktu perut kosong.

Cara lain adalah hanya dengan mengunyah 4-5 lembar daun kemangi setiap hari di pagi hari.

Akar licorice

Akar licorice lain adalah obat alami yang populer untuk menormalkan kembali kondisi tekanan darah rendah yang disebabkan oleh rendahnya tingkat hormon kortisol. Ini akan menghasilkan enzim yang akan memecah kortisol dan adrenalin untuk mendukung fungsi yang sehat. Hal ini juga efektif untuk menyembuhkan sindrom kelelahan kronis.

Anda dapat membuat teh licorice dengan menyeduh satu sendok teh licorice ( kering atau bubuk ) dengan secangkir air mendidih selama sekitar lima menit. Anda dapat meminumnya setiap hari selama beberapa hari. Atau , Anda juga dapat minum sekitar 400-500 mg kapsul akar licorice selama beberapa hari.

Lihat juga :  Makanan yang harus dihindari demi kesehatan

Jus buah bit

Jus bit mentah sangat membantu untuk tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah. Untuk hipotensi, minum secangkir jus bit dua kali dalam sehari selama sekitar satu minggu. Ini adalah satu lagi obat tradisional untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Rosemary

Rosemary diyakini juga bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah rendah, karena akan merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini membutuhkan 10 ml tingtur rosemary per hari. Anda hanya cukup menambahkan 3-4 tetes minyak esensial rosemary kedalam makanan/minuman.

Jus Lemon

Jus lemon sangat efektif untuk mengobati tekanan darah tinggi,  juga dapat digunakan untuk tekanan darah rendah, terutama bila disebabkan karena dehidrasi. Dalam kasus tersebut, Anda dapat minum jus lemon yang dicampur dengan sedikit garam dan gula. Ini akan membantu memberikan energi bagi tubuh Anda, dengan jalan merangsang fungsi hati dan membantu sistem pencernaan. Segelas jus tebu yang dicampur dengan satu sendok teh jus lemon dan garam juga bisa.

Jus wortel

Buatlah jus wortel segar, kemudian tambahkan dua sendok makan madu .
Minum dua kali sehari ( pada waktu perut kosong di pagi hari dan di malam hari ). Hal ini juga akan sangat membantu untuk meningkatkan tekanan darah rendah Anda.

Tips

Seiring dengan melakukan pengobatan alami untuk mengatasi darah rendah diatas , sebaiknya juga lakukan olahraga ringan teratur untuk membantu meningkatkan aliran darah. Namun hindari melakukan olahraga berat atau angkat berat, hal ini termasuk melakukan aktifitas fisik yang berat. Konsultasikan dengan dokter jika anda menggunakan obat tertentu, untuk mengetahui apakah ada obat resep yang Anda minum yang menyebabkan masalah hipotensi Anda.

Jika berbagai cara diatas tak cukup membantu dalam 1 bulan, sebaiknya Anda melakukan cek-up kesehatan secara menyeluruh. Karena biasa jadi Anda mengalami masalah kesehatan lain yang lebih serius, dimana yang dapat memicu turunnya tekanan darah Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *