Cara Alami Merawat Rambut agar Sehat dan Kuat

manfaat dan cara menggunakan kondisioner dengan benar
Merasakan tidak mendapatkan hasil yang memuaskan setelah sering berganti-ganti shampoo adalah masalah perawatan rambut yang umum. Jika Anda merasakan demikian, mungkin Anda perlu untuk mencoba perawatan rambut secara alami. Mungkin Anda telah mengabaikan perawatan dasar rambut, sehingga rambut cenderung menjadi tidak sehat, sehingga obat-obatan rambut apapun tak akan membantu.

Advertisement

Berikut tips cara alami untuk merawat rambut agar sehat dan kuat

Menggunakan telur

Jika Anda memiliki rambut kering atau rapuh, cobalah untuk menggunakan putih telur untuk melembabkan rambut Anda. Gunakan ½ cangkir putih telur(hanya putih, atau dengan kuning), untuk digunakan membasahi rambut yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Jaga kebersihan Rambut

Rambut rontok adalah masalah yang seringkali disebabkan oleh ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepal . Oleh karena itu, menjaga kebersihan rambut adalah penting untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat.

Hindari air panas

Air panas hanya akan membuat rambut Anda kering dan rapuh, karena akan menghilangkan minyak pelindung rambut Anda. Dengan demikian, lebih memilih suhu air yang hanya sedikit lebih hangat daripada suhu tubuh Anda.

Perawatan menggunakan labu botol(blonceng)

Giling blonceng hingga menjadi halus, kemudian ratakan pada rambut Anda secara menyeluruh. Biarkan kira-kira selama setengah jam, kemudian mencuci rambut kembali hingga bersih.

Agar rambut menjadi lembut berkilau

Campurkan 1 cangkir conditioner dan 2-3 sendok makan madu. Oleskan campuran ini secara merata pada rambut Anda yang telah dibasahi. Diamkan selama 30 menit, dan kemudian cuci rambut secara menyeluruh. Campuran ini berguna untuk menutup kutikula rambut Anda,  dan akan membuat rambut berkilau dan lembut.

Terapi Baking soda

Buatlah campuran 3 sdm baking soda dan air. Bilas rambut Anda dengan campuran ini setelah keramas. Biarkan selama setidaknya 5 menit sebelum dibilas bersih. Terapi ini bermanfaat untuk membantu menghilangkan kelebihan sampo dan produk styling dari rambut Anda .

Lihat juga :  Manfaat dan cara penggunaan Kondisioner rambut yang benar

Untuk rambut mengembang

Oleskan campuran air hangat dan cuka sari apel dengan perbandingan 1/1. Gunakan campuran ini untuk membasahi rambut Anda, kemudian bilas bersih setelah 5 menit untuk menghilangkan bau sari apel.

Jangan terlalu sering mencuci rambut Anda

Keramas idealnya adalah setiap 2-3 hari, untuk pengaturan yang tepat dari minyak rambut alami. Mengurangi waktu keramas yang terlalu sering juga akan membantu untuk mendapatkan kembali kilau rambut alami Anda.

Kondisioner alami

Campurkan telur dan yoghurt, kemudian gosokkan ke kulit kepala Anda. Biarkan selama lima atau 10 menit, dan kemudian dicuci bersih.

Agar rambut menjadi kuat

Gunakan minyak almond untuk merawat rambut kering dan rusak. Ini adalah cara yang sangat sederhana, tuangkan sedikit minyak almond kedalam mangkuk, dan panaskan selama 40 detik. Kemudian ratakan pada rambut Anda. Diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan rambut Anda secara normal menggunakan sampo dan kondisioner dengan menggunakan air dingin .

Jus lemon untuk rambut kusam

Setelah bilasan terakhir saat keramas, terapkan jus lemon pada rambut Anda. Cukup perginakan handuk untuk mengeringkan rambut Anda.

Gunakan perlindungan sebelum Anda melompat ke dalam kolam

Kolam renang bisa menyebabkan kerusakan besar untuk rambut Anda,  karena mengandung bahan kimia. Untuk itu terapkan sedikit kondisioner pada rambut Anda sebelum Anda berenang. Ini akan melindungi rambut Anda sebelum terjadi kontak dengan air kolam.

Merawat rambut rusak akibat matahari

Buatlah campuran ½ cangkir madu, 1-2 sdm minyak zaitun dan 1-2 sdm kuning telur. Oleskan campuran ini pada rambut Anda selama 20 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat. Perawatan ini akan membantu untuk mengisi obligasi protein keratin.

Lihat juga :  Top 10 Makanan yang menyehatkan Rambut

jangan mengikat rambut terlalu ketat

Untuk mencegah kerusakan akibat rambut rapuh, hindari menggunakan band atau tidak mengikat rambut Anda terlalu erat.

Teknik menyisir yang baik

Hindari penggunaan sisir dengan gigi plastik untuk mencegah kerusakan rambut akibat listrik statis. Cara terbaik untuk menyisir rambut Anda adalah dengan terlebih dahulu menyisir bagian ujung rambut terlebih dulu untuk menghilangkan kusut,  dan kemudian bisa menyisir mulai dari akar sampai ke ujung rambut. Teknik ini akan membantu penyebaran minyak rambut alami secara tepat, dan dengan demikian akan mencegah kerusakan .

Potonglah rambut secara teratur

Potong rambut Anda setidaknya setiap enam minggu untuk menghilangkan ujung rambut yang kering atau pecah.

Jangan sisir saat rambut basah

Rambut ketika basah akan menjadi tiga kali lebih lemah, dan dengan demikian lebih baik untuk diistirahatkan. Direkomendasikan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu dengan handuk, sebelum menyisir rambut dengan sisir dengan gigi jarang.

Biarkan rambut Anda kering karena udara

Biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya,  daripada menggunakan blow dryer atau hot rol. Mengeringkan rambut menggunakan mode ini akan membuat rambut Anda lebih rapuh dan kering. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menunggu rambut Anda kering oleh udara, bisa menggunakan blow dryer dengan pengaturan hangat bukan pengaturan panas.

Diet yang baik

Minum banyak air dan makan-makanan yang sehat yang terdiri dari buah-buahan mentah dan sayuran. Pengobatan yang paling efektif untuk perawatan rambut adalah diet yang sehat. Diri Anda adalah tentang apa yang Anda makan, dan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda akan tercermin dari luar.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *