Cara Alami Menyembuhkan Gusi Bengkak dan Berdarah

cara menyembuhkan gusi bengkakGusi bengkak dan berdarah adalah masalah yang umum. Jaringan disekitar gigi yang membentuk gusi penuh pembuluh darah, dan ketika ada pembengkakan pada gusi maka akan membuatnya terlihat menonjol keluar dan berwarna merah – bukan berwarna merah muda ketika dalam kondisi normal. Jaringan gusi yang sehat berwarna merah muda dan solid; dan jika gusi membengkak, maka akan terlihat merah gelap dan mudah sekali berdarah. Pembengkakan pada gusi bisa  disebabkan oleh sejumlah masalah seperti gingivitis, periodontitis, infeksi, alergi kekurangan gizi, dan kehamilan.

Advertisement

Penyebab umum gusi bengkak lainnya termasuk karena efek pemakaian gigi palsu yang kurang pas atau penggunaan peralatan gigi lainnya, cedera karena sebab tertentu misalnya salah dalam menyikat gigi.

Perawatan kebersihan mulut yang kurang bagus bisa menyebabkan karang gigi, yang akhirnya membuat gigi meradang dan akhirnya trinfeksi oleh kuman.

Gigi bengkak yang tidak diobati bisa berkembang menjadi periodontitis, yaitu bentuk  penyakit gusi yang lebih parah. Menggunakan teknik menyikat gigi yang tepat dan beberapa solusi alami mungkin dapat mencegah sakit gusi berdarah dan bengkak lebih lanjut.  Namun jika gusi bengkak dan gejalanya tidak sembuh selama lebih dari dua minggu, sebaiknya Anda mendatangi dokter gigi untuk mendapat diagnosa dan pengobatan yang tepat.

Berikut cara alami pengobatan rumah untuk menyembuhkan Gigi Bengkak dan berdarah

Garam dapur

Garam adalah bahan yang cukup efektif untuk menyembuhkan gusi bengkak. Hal ini karena bumbu dapur ini bisa menghambat pertumbuhan bakteri didalam  mulut dan bisa mencegah infeksi yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan mulut.

Setelah Anda menyikat gigi Anda dengan sikat gigi yang berbulu lembut, kemudian gosok gusi Anda dengan garam selama beberapa detik. Kemudian bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat. Lakukan cara  ini sekali sehari.
Anda juga bisa membuat larutan garam yaitu,  1 sdt garam dan segelas air hangat kuku dan gunakan untuk berkumur dua atau 3 kali sehari sampai gigi bengkak pulih kembali.

Baking Soda

Campurkan baking soda dengan air secukupnya untuk membuatnya menjadi bentuk pasta, lalu gosokkan pada gusi Anda dengan jari anda yang bersih. Lalu lakukan sikat gigi. Sifat alkali dari baking soda bisa membantu menetralisir asam dari kotoran bakteri. Baca juga : Manfaat Baking soda untuk kesehatan, kecantikan dan rumah tangga

Lihat juga :  Manfaat Pijat Refleksi bagi Kesehatan

Minyak cengkeh

Minyak cengkeh sudah lazim digunakan sebagai obat rumah untuk gusi berdarah. Menggosok minyak cengkeh pada gusi bengkak dan berdarah akan meredakannya. Ada beberapa bukti ilmiah yang mendukung bahwa minyak cengkeh bersifat mematikan kuman. Minyak cengkeh banyak dijual diapotik terdekat Anda.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida juga bisa membantu mengurangi peradangan pada gusi yang membuatnya bengkak dan sakit. Hal ini akan membantu mematikan kuman dan mengatasi masalah umum pada mulut. Untuk menjaga kesehatan mulut, gunakan tingkatan 3 persen larutan hidrogen peroksida.

Campurkan dengan air dengan perbandingan yang sama atau separuh-separuh, lalu gunakan berkumur selama 30 detik. Setelah itu bilas dengan air hangat.
Campurkan 1 sdt  baking soda dengan hidrogen peroksida hingga membentuk pasta. lalu gosokkan pasta ini pada gusi Anda. Diamkan selama1 menit sebelum berkumur dengan  air. Lakukan salah satu dari kedua cara ini sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Catatan :jangan sampai Anda menelan hidrogen peroksida.

Kunyit

  • Kunyit juga merupakan bahan alami yang baik untuk mengatasi gusi bengkak. Hal ini karena kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri,  dan antiinflamasi dan bisa membantu mengurangi rasa sakit serta pembengkakan atau  peradangan pada gusi.
  • Campurkan 1/4 sdt bubuk kunyit dengan sedikit air untuk membuat pasta, lalu oleskan pasta kunyit pada gusi Anda dengan jari yang bersih.
  • Diamkan selama 5 menit, lalu pijat gusi Anda dengan lembut selama 1 menit.
  • Berkumur dengan air hangat.
  • Ulangi cara ini 2 atau 3 kali sehari selama 1 hingga 2 minggu.

Kantung Teh hitam

  • Teh hitam mengandung tanin yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Selain itu, sifat antioksidan dalam teh akan meningkatkan kesehatan mulut yang lebih baik.
  • Masukkan kantong teh hitam kedalam air mendidih selama 2 sampai 3 menit.
  • Keluarkan kantung teh dan biarkan sampai hangat.
  • Tempelkan kantong teh hitam pada gusi yang bengkak selama 10 atau 15 menit.
  • Bilas mulut Anda dengan cara berkumur dengan larutan garam dan air hangat.
  • Gunakan cara ini selama beberapa hari.

Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya  juga bisa efektif untuk menyembuhkan gusi bengkak dan berdarah, karena memiliki sifat antiperadangan serta sifat antibakteri sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak di mulut dan menurunkan paradangan pada gusi.

Lihat juga :  Mengetahui Perbedaan Antara Flu dan Pilek

Ambil gel lidah buaya, dengan jari yang bersih gosokkan pada gusi yang bengkak. Sambil pijat lembut gusi anda selama 1 – 2 menit lalu berkumur dengan air hangat. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari sampai sembuh.

Tingkatkan asupan vitamin D

Jika Anda seringkali mengalami gusi bengkak, maka tingkatkan asupan vitamin D. Vitamin D memiliki sifat antiradang yang akan membantu mengurangi pembengkakan dan mencegahnya kambuh lagi. Vitamin D juga bagus untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, sehingga gigi juga tak mudah rusak dan menyebabkan peradangan.

Berjemur dibawah matahari pagi akan membantu tubuh Anda untuk memproduksi vitamin D aktif. Plus konsumsilah makanan yang kaya vitamin D seperti ikan salmon, susu, telur, biji-bijian dan minyak ikan.

Mengonsumsi makanan bergizi

Asupan nutrisi yang tepat dan seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Pastikan Anda telah mendapatkan asupan makanan yang cukup mengandung tinggi kalsium, vitamin C dan  folat  untuk mencegah gusi bengkak. Kekurangan  nutrisi tersebut bisa menyebabkan gusi meradang.

Makanan yang kaya vitamin  C terutama buah jeruk, buah stroberi, buah kiwi, buah nanas, paprika, brokoli,  dan melon.
Makanan yang kaya kalsium termasuk produk susu, ikan sarden, tofu, ikan salmon, susu kedelai, dan sereal yang diperkaya.
Makanan  yang tinggi asam folat termasuk sayuran berdaun hijau tua, brokoli, asparagus, kacang polong, kacang-kacangan,  dan buah alpukat.

Tips mencegah gusi bengkak

  • Sikat gigi secara teratur terutama setelah makan.
  • Hindari menyikat gigi terlalu kasar karena dapat melukai gusi
  • Gantilah sikat gigi setiap tiga bulansekali
  • Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut.
  • Hindari makanan dan minuman yang sangat panas atau sangat dingin.
  • Minum banyak cairan setiaphari untuk meningkatkan produksi air liur, yang secara alami membantu mengendalikan bakteri.
  • Kurangi stres karena dapat akan memperparah sakit gusi
  • Periksa gigi kedokter secara rutin minimal 6 bulan sekali

Demikian beberapa cara alami untuk membantu menyembuhkan sakit gigi bengkak dan berdarah Anda. Namun jika sakit tak kunjung memmbaik dalam 2 minggu, maka segera periksakan ke dokter.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *