10 Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol

kolesterolJika Anda berkeinginan untuk menjaga kadar kolesterol Anda, berarti Anda sudah memilih cara yang tepat untuk sehat. Kolesterol telah dikatakan sebagai penyebab  banyak penyakit, terutama yang terkait dengan kesehatan pembuluh darah, seperti jantung koroner, darah tinggi, stroke, ginjal, dsb. Bagaimana jika kadar kolesterol dalam darah Anda diketahui tinggi?. Ya tentu saja harus ada upaya untuk membuatnya kembali normal dan menjaganya untuk tidak terus meningkat setiap waktu – yaitu dengan cara menjaga makanan, obat-obatan medis, dan berolahraga. Nah, jika Anda berfikir bahwa cara alami adalah yang terbaik, maka informasi berikut mungkin yang sedang Anda cari!

Advertisement

Berikut 10 cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda

1. Oat

Mengubah sarapan adalah salah satu cara pertama yang baik untuk menurunkan kolesterol Anda. Sarapan dua porsi oat  setiap pagi dapat menurunkan kolesterol LDL ( kolesterol buruk) sebesar 5,3% hanya dalam 6 minggu. Hal ini karena beta-glucan, zat dalam gandum bersifat menyerap LDL dalam darah Anda. Baca juga : Jenis-jenis lemak dalam makanan

2. Anggur merah

Para ilmuwan telah mengungkap bahwa anggur merah mengadung tinggi serat tempranillo, yang digunakan untuk membuat minuman anggur merah – mungkin benar-benar berdampak signifikan terhadap kadar kolesterol. Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen metabolisme dan gizi di Universitas Complutense de Madrid di Spanyol menemukan bahwa orang mengkonsumsi suplemen anggur yang sama dengan anggur merah, kadar LDL mereka menurun 9%. Selain itu, golongan yang kolesterol tinggi terlihat penurunan LDL hingga 12% .

3. Ikan Salmon dan ikan berlemak lainnya

Omega 3 adalah salah satu manfaat alami bagi kesehatan, dan telah terbukti menangkal penyakit jantung, demensia, dan masih banyak penyakit lainnya. Sekarang asam lemak ini juga diketahui memiliki manfaat kesehatan lain, yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat. Menurut penelitian yang dilakukan di universitas Loma Linda, menggantikan asupan lemak jenuh dengan omega 3 (seperti yang ditemukan pada ikan salmon, sarden, dan herring) dapat meningkatkan kolesterol baik hingga 4%.

Lihat juga :  Daftar Makanan terbaik untuk meningkatkan tinggi badan dengan cepat

4. Kacang-kacangan

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengasup 1,5 ons kacang kenari  6 tiap hari dalam seminggu selama 1 bulan menurunkan total kolesterol mereka hingga 5,4% dan kolesterol LDL hingga 9,3%. kacang Almond dan kacang mete adalah pilihan kacang yang baik lainnya. Namun walaupun kacang sehat untuk jantung, tapi tinggi kalori – dengan demikian batasi porsinya hanya1,5 ons atau segelas setengah. Gunakan gelas ukur untuk melihatnya, sehingga Anda dapat melihat persis jumlahnya.

5. Teh

Teh yang sangat dikenal akan zat antioksidan yang baik untuk melawan kanker ini ternyata juga dapat melindungi kita dari kolesterol LDL. Menurut penelitian yang dilakukan oleh USDA, teh hitam mengurangi lemak dalam darah hingga 10% hanya dalam jangka 3 minggu. Temuan ini disimpulkan dalam studi yang lebih besar tentang teh yang juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

6. Coklat hitam

Cokelat hitam yang kaya antioksidan kuat ini juga membantu membangun kadar kolesterol baik atau HDL. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 yang diterbitkan AJCN , partisipan yang diberi coklat bubuk mengalami peningkatan kolesterol HDL hingga 24%  selama lebih dari 12 minggu, jika dibandingkan dengan kelompok lain yang hanya 5%. Pilihlah cokelat hitam yang pahit, daripada coklat susu, karena ia  antioksidan 3 kali lebih banyak. Antioksidan ini mencegah platelet darah saling menempel, bahkan mungkin mencegah arteri tersumbat.

7. Bawang putih

Bawang putih telah ditemukan dapat menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi kita dari infeksi. Penelitian juga menemukan bahwa bawang putih membantu menghentikan plak yang menyumbat arteri pada tahap yang paling awal, yaitu dengan menjaga partikel kolesterol menempel ke dinding arteri. Cobalah untuk makan dua sampai empat siung bawang segar dalam sehari.

Lihat juga :  10 Cara untuk Mencegah Penyakit Ginjal

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam yang bisa menyehatkan jantung yaitu monounsaturated fatty (MUFA)atau dalam bahasa Indonesianya Lemak Tak jenuh Tunggal, yang menurunkan kolesterol LDL dan menghilangkan lemak perut. Baca juga : Cara Menggunakan Minyak Zaitun yang sehat

9. Sayuran hijau

Bayam adalah jenis sayuran berdaun hijau tua yang populer, ditemukan mengandung banyak lutein. Lutein bermanfaat untuk menjaga kita dari degenerasi makula, penyebab utama kebutaan. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa hanya setengah cangkir makanan yang kaya lutein setiap hari akan mencegah serangan jantung dengan cara membantu dinding arteri menyingkirkan kolesterol yang menyebabkan penyumbatan.

10. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk jantung. Jenis asam lemak tak jenuh tunggal seperti dalam buah alpukat benar-benar membantu meningkatkan kolesterol HDL sekaligus menurunkan LDL. Kelebihan alpukat dari buah lainnya adalah mengandung beta-sitosterol, yaitu lemak nabati menguntungkan yang bersifat membatasi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Karena alpukat agak tinggi kalori dan lemak, maka sebaiknya asupannya dimoderasi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *