Cara Alami mengecilkan Pori-Pori kulit Wajah

cara alami mengecilkan pori-pori wajahPori-pori kulit adalah alat tubuh untuk bisa mengeluarkan keringat, racun, serta untuk memungkinkan bagi minyak dan keringat agar bisa melapisi kulit. Namun jika pori-pori lebih besar dari normal dan terbuka, tentu tidak ada yang menginginkannya terutama pada wajah. Jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak, atau hanya pada bagian tertentu pada wajah, maka kemungkinan Anda juga akan memiliki pori-pori yang lebih besar dari normal. Meskipun Anda tidak bisa mengubah jenis kulit Anda, namun ada cara alami untuk membantu mengecilkan atau meminimalkan jumlah pori-pori yang terbuka. Namun jangan menggunakan cara ini secara berganti-ganti, tapi cobalah pilih sakah satu cara dan lakukan beberapa hari secara teratur sebelum mencoba yang lain. Mulailah untuk satu atau dua minggu sebelum pindah menggunakan yang lain, dan ini akan bekerja dengan baik sesuai dengan jenis kulit Anda. Baca juga : Cara membuat Masker beras untuk memutihkan wajah

Advertisement

Berikut cara-cara alami yang bagus untuk mengecilkan pori-pori, untuk mendapatkan kulit sempurna dan indah :

Es Batu

ES adalah bahan yang mudah diperoleh, dan merupakan cara paling sederhana untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Es akan menyegarkan dan secara langsung meningkatkan penampilan kulit Anda. Cukup gosokkan es batu pada kulit Anda selama 20 sampai 30 detik. Supaya lebih mudah Anda dapat  membungkus es batu dengan kain lap yang bersih. Lakukan cara ini setidaknya dua kali dalam sehari. Anda juga bisa mencuci muka Anda dengan menggunakan air es. Caranya juga mudah, masukkan beberapa es batu kedalam wastafel yang penuh air.

Aloe Vera

Gel dari tanaman lidah buaya tidak hanya bagus untuk membantu kulit menyembuhkan dirinya, tapi juga membantu menutup pori-pori wajah. Ambil beberapa gelas gel segar dari daun lidah buaya dan gosokkan kepada kulit Anda selama tiga sampai lima menit. Setelah itu biarkan hingga benar-benar kering. Lanjutkan bilas dengan air dingin.

Masker kamomil dan Tomat

Kamomil berguna untuk menenangkan kulit dan membuat pori-pori kembali normal, sedangkan asam dalam tomat membantu pengelupasan dan mencerahkan kulit. Campurkan dengan perbandingan yang sama, yaitu tomat yang sudah dihaluskan dan bubuk chamomile. Terapkan ini pada bagian pori-pori wajah Anda yang membesar selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Baking Soda

Baking soda selain akan menghilangkan kotoran dari dalam pori-pori, tetapi juga akan menyeimbangkan pH kulit Anda. Namun jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, Anda mungkin ingin mencoba cara yang lain. Campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan air hangat, kemudian aduk sampai membentuk pasta. Terapkan ini ke wajah Anda dengan gerakan melingkar, sambil pijat lembut ke kulit Anda. Biarkan masker selama 1 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan setiap hari selama minggu pertama, dan kemudian dikurangi menjadi 3 kali per minggu berikutnya.

Masker Yoghurt

Yoghurt alami tidak ditambahkan gula atau buah-buahan mengandung bakteri laktat dan probiotik, yang akan membantu menyingkirkan bakteri jahat yang menyebabkan jerawat. Bahan ini juga merupakan pembersih yang bagus yang akan mengurangi pori-pori dan menghilangkan kotoran dari pori-pori. Aduk yoghurt alami didalam wadah dan oleskan/lapiskan tipis ke wajah Anda. Biarkan selama 10 menit, setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali dalam seminggu selama 2 minggu untuk bisa mendapatkan hasil terbaik.

Lihat juga :  Top 14 Makanan yang bisa membuat Anda Terlihat Lebih Muda

Putih telur dan lemon

Walaupun putih telur adalah cara lama namun sangat efektif untuk mengencangkan kulit dan menarik keluar kelebihan minyak. Ambil bagian putih dari 2 butir, kocok dan kemudian tambahkan air dari separoh irisan lemon. Campur rata dan kemudian terapkan ke wajah Anda. Biarkan sampai benar-benar mengering, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini tiga kali per minggu untuk mencapai hasil terbaik. Baca juga : Manfaat jeruk Lemon untuk kesehatan dan kecantikan

Scrub Mentega dan garam

Masker ini pertama kali akan membuka pori-pori untuk menghilangkan kotoran dan minyak, lalu kemudian mengecilkan dan menutupnya kembali. Campurkan beberapa sendok makan mentega dengan satu sendok makan garam, aduk hingga menyerupai pasta. Gosok secara perlahan pada wajah Anda, lalu  biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Scrub Cuka apel

Cuka sari apel alami akan menyeimbangkan pH kulit, dan mematikan bakteri penyebab jerawat. Encerkan terlebih dulu cuka sari apel sebelum menerapkannya pada kulit, yaitu satu bagian cuka sari apel dan satu bagian air. Rendam kapas dan gosokkan pada wajah Anda dan biarkan selama dua – tiga menit, lalu bilas dengan air dingin. Oleskan pelembab setelahnya sehingga kulit Anda tak terlalu kering. Gunakan 1 kali dalam 1 hari, biasanya sebelum tidur adalah saat yang terbaik.

Masker Oatmeal

Oatmeal adalah pelembab dan tomatadalah penghilang  kelebihan minyak dan mengecilkan pori-pori. Secara bersama-sama keduanya akan membuat pori mengecil, dan membersihkan wajah. Campurkan satu bagian oatmeal dengan satu bagian bubur tomat dan campur dengan baik. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Scrub Ketimun

Mengapa mentimun sangat baik untuk perawatan wajah dan tubuh? Karena mengandun zat alami yang menyegarkan kulit, memberikan cahaya, juga membuka pori-pori. Buat Jus dari mentimun segar dan mengoleskannya ke wajah dengan bantuan kapas yang bersih. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Scrub Air lemon dan  Mentimun

Campur tiga atau empat tetes air mawar pada jus mentimun, dan terapkan pada wajah Anda dengan bantuan kapas bersih, lalu bilas dengan air dingin setelah 15 menit. Cara ini meminimalkan pori-pori yang besar, sedangkan zat silika dalam mentimun akan memperbaiki tekstur kulit.

Scrub Lemon dan gula

Campurkan dua sendok makan gula dan setengah air lemon. Oleskan ke wajah dengan tangan dengan dipijat  lembut selama sekitar 30 detik lalu bilas dengan air dingin. Gunakan scrub ini sebanyak dua kali dalam seminggu. Jangan menggosok terlalu keras karena akan mengiritasi kulit. Ini adalah scrub alami yang baik untuk mencerahkan kulit, menghilangkan bintik-bintik, menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran, serta menyusut pori-pori.

Lihat juga :  Perawatan Gigi Kosmetik untuk senyum yang lebih Indah

Facial steam

Pertama cuci wajah dengan pembersih ringan, lalu pasang wajah diatas panci yang berisi air panas untuk mendapatkan uapnya, maka uap pori-pori Anda akan terbuka. Setelah selama sekitar 5 menit, bilas wajah Anda dengan air dingin segera. Lakukan dengan sangat hati-hati.

Madu asli

Madu 100% organik adalah salah satu pencuci terbaik yang bisa Anda gunakan untuk kulit Anda. Madu adalah zat antibakteri dan memiliki sifat penyembuhan jika diterapkan ke kulit. Campurkan madu asli dan yoghurt tanpa gula, lalu menerapkannya pada wajah Anda. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan ini tiga hingga empat kali dalam minggu untuk mendapat hasil terbaik. Baca juga : Cara menggunakan Madu untuk kecantikan Wajah

Scrub Almond

Almond mengandung senyawa yang berkhasiat mengembalikan kulit, sehingga membuat kulit Anda kembali halus dan bersih. Dapatkan 5 atau 6 buah Almond, lalu hancurkan dengan baik. Tambahkan beberapa tetes jus lemon, kemudian blender untuk membuatnya menjadi pasta. Anda bisa menambahkan beberapa tetes jus lemon lagi jika merasa perlu untuk membuat pasta yang lebih halus. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Masker Cendana dan Kunyit

Campurkan satu sendok makan kunyit dan cendana bubuk dengan ditambahkan tiga- empat tetes minyak almond. Aduk campuran ini hingga berbentuk pasta dan gosokkan dengan lembut d area wajah dan leher Anda. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Masker ini akan merevitalisasi kulit Anda, membuatnya bercahaya, dan menyusutkan pori-pori yang  besar.

Masker tanah liat

Zat alami produk dari bumi ini sangat sempurna untuk menyerap minyak berlebih. Anda bisa menggunakan tanah liat hijau, tanah liat putih, atau tanah liat bentonit. Cukup campurkan dua sendok tanah liat  dengan air secukupnya untuk membuat masker yang halus. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama sekitar 20 menit. Kemudian gosok lembut tanah liat menggunakan air dingin. Gunakan cara ini dua kali seminggu untuk memperoleh hasil terbaik.

Tips untuk membantu mengecilkan pori-pori :

  • Jangan banyak mengusap dan menyentuh wajah Anda, karena hal ini hanya akan menyebarkan bakteri dan menambahkan lebih banyak minyak dan kotoran dari tangan Anda.
  • Tidak pernah pergi tidur dengan riasan.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng, karena menyebabkan wajah Anda semakin berminyak.
  • Selalu bilas wajah Anda dengan air dingin.
  • Cuci tangan dengan cara yang benar sebelum menyentuh wajah atau mempersiapkan perawatan.
  • Gunakan bahan-bahan yang berkualitas baik sehingga kulit bisa menerimanya secara maksimal.
  • Persiapkan semua bahan dengan benar dan lengkap, sehingga Anda tidak terburu-buru dan bisa melakukan perawatan dengan baik dan benar.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *