Cara alami mengatasi rasa mual pada saat hamil muda

Ibu hamilRasa mual dan serasa ingin muntah saat hamil muda juga sering disebut dengan morning sickness, karena umumnya terjadi pada pagi hari. Benarkah hanya terjadi pagi hari?, Tidak juga, karena ada beberapa wanita hamil bisa terjadi sewaktu-waktu sepanjang hari. Karena penyebab secara pasti tidak diketahui, pengobatan masalah ini bisa memiliki efektifitas yang berbeda-beda. Namun jangan khawatir karena ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Advertisement

Gaya hidup yang sehat sangat penting untuk mendukung kehamilan yang sehat. Jika Anda sehat sebelum dan setelah mengalami kehamilan, juga mengenali kebutuhan tubuh selama kehamilan, maka Anda akan lebih kuat serta lebih rendah resiko mengalami morning sickness. Pendekatan terbaik untuk mengenali kebutuhan tubuh Anda adalah dengan memahaminya sebaik mungkin.

Baca Juga : Tips Sehat Perawatan Kecantikan Selama Hamil

Berikut ini beberapa hal yang bisa membantu Anda untuk memahami tubuh Anda, bahwa ada beberapa perubahan yang terjadi dalam tubuh Anda saat hamil. Hal ini yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan yang dapat menyebabkan rasa mual dan muntah.

  • Perubahan hormon
  • Perubahan metabolisme
  • Perubahan internal tubuh
  • Perubahan gula darah
  • Stres, emosional, kekhawatir andan kecemasan.
  • Peningkatan kepekaan terhadap lingkungan dan polusi – mungkin termasuk bisa dipicu oleh bau atau rasa.

Solusi alami untuk mengatasi rasa mual selama awal kehamilan / morning sickness :

Seorang wanita hamil tentu sangat membutuhkan asupan gizi yang lebih baik, karena ia juga harus memenuhi kebutuhan gizi bagi pertumbuhan janin dalam kandungannya. Oleh karena itu, gejala mual diawal kehamilan ini bisa mengganggu perkembangan janin jika sampai menyebabkan ibu hamil jarang mau makan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips cara alami untuk mengatasi morning sickness :

  1. Pahamilah tubuh Anda, tetap makan, cukup istirahat, berolahraga, dan merawat diri sendiri.
  2. Tetap makan secara teratur, karena perut yang kosong akan menyebabkan sering merasa pusing. Jangan pergi selama lebih dari 3 jam tanpa makan, walaupun hanya memakan camilan.
  3. Makan dalam jumlah sedikit, karena makan terlalu banyak bisa menyebabkan Anda merasa nauseas atau kembung. Jadi makanlah dengan porsi kecil secara teratur .
  4. Makan-makanan rumahan yang sederhana. Makanan olahan bisa memperburuk kondisi morning sickness pada kebanyakan wanita. Hindari makanan kaya krim, makanan berat,  makanan olahan, makanan pedas, makanan cepat saji yang berminyak/gorengan, dan kopi. Makanan yang sulit dicerna akan berdiam lama didalam usus, dan bisa membuat Anda merasa sakit. Makanan yang tidak tercerna atau makanan tinggi bahan kimia, pengawet, atau aditif dapat meningkatkan rasa mual, karena tubuh lebih sensitif selama kehamilan. Makanan umum seperti gandum, roti, kerupuk, kentang rebus, nasi, sayuran yang dikukus, lemon, buah segar, sayuran mentah dan salad adalah pilihan yang baik.
  5. Hindari makanan yang sensitif bagi Anda, yaitu alergen atau makanan yang intoleran. Hindari juga makanan yang beresiko tidak baik bagi kehamilan, termasuk keju lunak.
  6. Makanlah sesuatu setelah Anda bangun tidur, walaupun jika Anda tidak merasa lapar . Hal ini bisa sepotong buah, roti panggang, kacang dll .
  7. Berbaring atau beristirahat sebentar ketika Anda merasa sakit.
  8. Menyeruput air es dingin, air mineral dengan perasan lemon, teh manis, dan teh jahe, kadang-kadang bisa membuat Anda merasa lebih baik.
  9. Makan satu atau dua buah biskuit jahe, mengisap permen permen mungkin bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa mual dan muntah.
  10. Pernafasan, yoga , meditasi, atau latihan relaksasi sudah diketahui bermanfaat, terutama jika stres adalah yang membuat Anda mual.
  11. Minum vitamin B6 sebanyak tiga kali sehari (10 -20 mg) bisa membantu meringankan rasa mual.
  12. Buatlah jus yang terdiri dari apel, wortel, seledri, bit dan jahe,  atau apel, jeruk nipis / lemon, seledri dan mint, adalah pilihan yang baik jika Anda tidak merasa ingin makan.
  13. Sediakan air dan makanan kecil seperti pisang, jeruk mandarin, apel atau kacang.
  14. Cobalah untuk tidak fokus terhadap mual Anda. Tetap berfikiran positif dan tenang .
  15. Mandi santai dengan beberapa minyak atsiri yang bersifat menenangkan dapat membantu.
  16. Hindari lingkungan lembab, berjamur atau pengap. Bau bahan kimia atau bau yang kuat
    seperti solar, bensin dan asap knalpot juga harus dihindari.
  17. Akupunktur juga dapat mengurangi rasa mual dan muntah .
Lihat juga :  Jenis Ikan yang terbaik dan aman bagi ibu Hamil

Makan dengan berhati-hati, merawat diri sendiri, dan memahami kebutuhan tubuh Anda mungkin bisa meringankan masalah morning sickness. Nikmatilah kehamilan Anda, dan cobalah untuk mengobati morning sickness Anda dengan cara yang berbeda .

Catatan :

Jika Anda merasa terganggu dengan morning sickness yang sudah terjadi sewaktu-waktu, atau Anda masih belum merasa baik setelah trimester pertama kehamilan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau ahli kandungan Anda. Dokter mungkin akan merekomendasikan diet yang terbaik bagi Anda, dan beberapa suplemen yang bisa membantu Anda menjadi lebih baik selama menjalani masa-masa kehamilan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *