Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Paling banyak perut kembung ini disebabkan karena gas yang menumpuk di perut, menyebabkan bersendawa, dan terkadang sakit perut. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung, yaitu stres karena kesibukan, masuk angin, kebiasaan makan, dan makanan. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan perut kembung adalah alergi makanan, gangguan pencernaan, menstruasi, dan gangguan kesehatan tertentu.

Advertisement

Ada beberapa tips dan cara pengobatan alami untuk mengatasi perut kembung

Herbal

Beberapa herbal tertentu bisa mengusir gas dalam perut dan mencegah kembung. Salah satu herbal yang terbukti efektif memecah dan mengusir gas adalah jahe. Menurut penelitian, jahe dikatakan terutama membantu mempercepat pencernaan. Jika perut lebih cepat dikosongkan, maka gas juga akan bergerak lebih cepat kedalam usus kecil yang akan meringankan rasa tidak nyaman akibat kembung. Herbal lain yang juga bermanfaat untuk mengusir kembung adalah kamomil, kemangi, adas, jinten, kayu manis, bawang putih, oregano, peterseli, dan mint.

Probiotik

Probiotik juga bisa membantu pencernaan dan mengurangi gas yang berlebihan penyebab kembung. Probiotik adalah organisme hidup, yaitu bakteri baik yang mirip seperti yang ditemukan hidup dalam usus manusia. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Gastroenterology pada tahun 2011 menemukan bahwa, probiotik Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium lactis meredakan kembung pada 60 peserta yang memiliki masalah gangguan fungsional usus tertentu selama delapan minggu.

Hilangkan Stres Anda

Menurut review penelitian tahun 2008 yang diterbitkan di journal Evidenced-Based Complementary and Alternative Medicine, stres juga bisa menyebabkan kejang pada usus besar serta ketidaknyamanan dalam perut. Para peneliti juga mencatat bahwa relaksasi otot progresif, meditasi, yoga, atau konseling bisa membantu mengurangi stres, dan memiliki efek positif pada kesehatan pencernaan.

Lihat juga :  18 Manfaat luarbiasa Air putih Bagi kulit, rambut dan kesehatan

Obat apotek

Ada obat yang bisa Anda beli diapotek untuk membantu mengusir gas dan meringankan perut kembung. Obat-obatan ini umumnya mengandung arang aktif, simetikon, atau enzim makanan alami untuk membantu memecah makanan yang sulit dicerna. Beberapa orang mungkin menemukan obat ini efektif, namun yang lainnya tidak. Hal ini mungkin karena enzim ini hanya bisa membantu mencerna makanan tertentu seperti sayuran dan kacang-kacangan, namun tidak untuk serat dan laktosa.Tablet laktase mungkin yang hanya bisa membantu kembung yang diakibatkan oleh intoleransi laktosa.

Tips mencegah kembung lainnya :

  • Minumlah air jika Anda mengalami kembung, karena sebenarnya air membantu menyiram racun berbahaya dari dalam tubuh.
  • Sembelit dan obstruksi usus seringkali diketahui bisa menyebabkan perut kembung. Jadi atasi sembelit dengan menambahkan makanan yang kaya serat, seperti biji-bijian, kacang, stroberi dan aprikot kering. Namun sebaiknya juga tidak berlebihan mengkonsumsi makanan yang kaya serat tersebut.
  • Untuk sementara hindari makanan yang bisa memicu gas, seperti brokoli, kubis, produk gandum, pemanis buatan, maupun produk susu.
  • Minum air berkarbonasi juga bisa membantu jika Anda kembung akibat kelebihan gas.
  • Wanita cenderung mengalami kembung saat menstruasi. Perubahan kadar hormon pada wanita saat menstruasi bisa memperlambat pencernaan dan meningkatkan retensi air selama masa ini. Menghindari makanan yang tinggi garam dan kaya sodium asin bisa membantu.
  • Selama makan, kunyahlah makanan Anda secara perlahan-lahan. Anda cenderung memasukkan banyak udara kedalam perut ketika Anda makan cepat atau makan sambil berbicara. Makanlah dengan gigitan kecil dan mengunyah dengan benar, dengan mulut tertutup supaya udara tidak ikut masuk.
  • Makan sebanyak 5-6 kali dalam sehari, namun dalam porsi yang sedikit-sedikit. Makan besar bisa memperburuk masalah perut kembung Anda.
Lihat juga :  Faktor penyebab dan Cara Pencegahan Batu Ginjal

Kondisi kelebihan gas yang menyebabkan kembung ini umumnya normal. Akan tetapi jika gas dan kembung  ini terus berlanjut meskipun telah mengatur cara makan dan pola makan, serta melakukan pengobatan alami, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter atau ahli medis.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *