Cara Alami untuk Mengatasi Sulit tidur(Insomnia)

cara alami mengatasi insomniaMemang banyak obat-obatan kimia tersedia dipasaran yang khusus dibuat untuk mengatasi sulit tidur, namun mungkin saja ada kompensasi yang harus Anda bayarkan. Obat-obatan untuk membantu tidur seperti ini mungkin akan memberikan efek samping seperti bibir kering, adanya interaksi obat, jantung berdebar, hingga gangguan pencernaan. Bahkan penggunaan jangka lama bisa membuat seseorang ketergantungan, dan bukan tidak mungkin Anda akan menambah dosisnya manakala dosis sebelumnya sudah tidak memberikan arti apa-apa terhadap bantuan tidur untuk Anda. Setidaknya Anda mengambilnya sesuai aturan atau resep dokter, dan berkonsultasi jika insomnia masih terus berlanjut.

Advertisement

Insomnia dan kesehatan

Tidur adalah siklus alamiah dan sangat penting bagi kehidupan umumnya dan kesehatan pada khususnya. Hanya pada saat tidur pulas dimalam hari, hormon-hormon penting pembangun tubuh kita bekerja secara maksimal. Insomnia menyebabkan Kita tak mendapat tidur cukup dimalam hari, dan dampaknya akan langsung kita rasakan pada keesokan harinya, seperti muka pucat, lesu, kekelahan, kurang konsentrasi, hingga kewaspadaan menurun. Namun ada lagi yang juga sangat dikhawatirkan akibat tidak dan atau kurang tidur malam, yaitu sistem kekebalan tubuh yang menurun, sehingga kita mudah terserang penyakit dan infeksi seperti penyakit tipus, dsb.

Sulit tidur atau insomnia bisa disebabkan oleh bemacam hal, dan sangat umum diderita orang terutama di negara maju dan berkembang. Kondisi medis, stres, dan gaya hidup adalah faktor umum penyebab insomnia; efek samping obat tertentu kadang juga bisa menyebabkan sulit tidur. Dan dalam banyak kasus, jika Anda mengerti akar penyebab masalahnya, maka Anda bisa mengatasi ini. Menggunakan obat tidur dalam jangka lama bisa membahayakan kesehatan, dan beberapa tips berikut mungkin bisa menjadi solusi untuk masalah Anda!:

Lihat juga :  Multiple Sclerosis adalah Penyakit Autoimun

 Beberapa tips untuk mengatasi sulit tidur malam atau Insomnia

  • Mencoba untuk tidak tidur pada siang hari, jika Anda memiliki kebiasaan ini.
  • Tetapkan waktu tidur dan bangun secara teratur setiap hari.
  • Hindari stimulan sebelum tidur pada malam hari seperti kafein, nikotin dan alk*hol. Kopi dan minuman benergi, teh, dan cokelat mengandung kafein.
  • Cobalah meninggalkan makan besar dekat dengan waktu tidur, dan Anda bisa menggantinya dengan makanan ringan.
  • Magnesium adalah senyawa mineral yang bersifat menginduksi tidur secara alami, yang ditemukan dalam kacang-kacangan, sayuran hijau tua, kacang almond mentah, serta biji-bijian.
  • Madu mentah murni adalah makanan sehat dan alami yang baik untuk mendatangkan ngantuk dan mudah tertidur. Buatlah secangkir teh chamomile, dan tambahkan 2 sendok madu menggunakan air hangat. Teguk menjelang tidur malam Anda!. Baca juga : Khasiat bunga Chamomile bagi Kesehatan
  • Minum banyak cairan, tapi jangan terlalu banyak pada saat menjelang waktu tidur.
  • Minum susu hangat menjelang tidur.
  • Berolahraga memiliki dampak yang luarbiasa terhadap keseluruhan diri Anda. Dengan berolahraga metabolisme tubuh akan menjadi lancar, sehingga peredaran darah yang mengirim oksigen keseluruh tubuh menjadi maksimal. Olahraga juga bermanfaat meningkatkan perasaan senang atau bahagia. Lakukan olahraga secara teratur, namun hindari setidaknya 3 jam menjelang tidur malam. Baca juga : Manfaat Lurabiasa Rutin Olahraga di Pagi hari
  • Pastikan tubuh dan fikiran Anda rileks pada saat mau tidur.
  • Pastikan Anda memiliki tempat tidur yang nyaman, di kamar yang nyaman, dengan pencahayaan minimum, kebisingan rendah, dan temperatur yang sesuai. Ruangan kamar tidur juga harus memiliki ventilasi yang baik.
  • Jangan tempatkan jam didalam kamar Anda. Selain detaknya bisa mengganggu, sering melihat jam juga akan semakin membuat Anda sulit tidur; karena perasaan Anda akan semakin cemas.
  • Jika Anda tidak bisa tertidur dalam waktu yang wajar untuk pergi ke tempat tidur, cobalah membaca dengan tenang sampai Anda merasa lelah.
  • Jika Anda terganggu atau tak bisa tidur dengan teman tidur Anda, cobalah untuk beberapa malam tidur di kamar yang terpisah.
  • Gunakan cara pengobatan alami untuk insomnia, yang terbuat dari minyak esensial murni – misalnya minyak lavender.
Lihat juga :  Gejala, pengobatan, dan makanan yang tidak dan boleh untuk tipus

Baca juga : Inilah 5 Obat Tidur yang Alami

Tingkatan insomnia

  • Kebanyakan jenis insomnia,  hanya sebentaran saja dialami oleh seseorang. Hal ini adalah yang dikenal insomnia transient; yang biasanya hanya berlangsung beberapa malam saja, dan seringkali terjadi ketika orang harus melakukan perjalanan atau pindah ke tempat baru.
  • Insomnia jangka pendek, yang biasanya bisa berlangsung lebih lama yaitu sekitar 2-3 minggu, bisa disebabkan oleh rasa khawatir atau stres.
  • Insomnia kronis, yaitu yang bisa menyebabkan kekhawatiran. Hal ini bisa membuat penderita bisa mengalami gangguan tidur selama 3 malam setiap minggu selama satu bulan atau bahkan lebih. Bentuk insomnia ini harus benar-benar dicari, apa penyebab dan masalah yang mendasarinya; contohnya sindrom kaki gelisah juga bisa menjadi penyebabnya.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *