Makanlah Buah ini untuk Mengatasi Insomnia Anda!

Oleh : Soraya Nurida
PisangMemasukkan banyak buah dan sayur kedalam diet sehari-hari adalah cara alami untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang telah direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan. Hal ini karena buah dan sayur, selain banyak mengandung berbagai mineral, vitamin, juga menyediakan beberapa zat antioksidan yang berguna untuk menangkal stres oksidatif(penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit termasuk kanker). Karena setiap jenis dari golongan makanan sehat ini memiliki kandungan nutrisi penting yang berbeda-beda, maka sangat disarankan untuk memasukkan beragam jenis buah dan sayur yang terdiri dari berbagai macam jenis kedalam diet Anda.

Advertisement

Baca juga : Manfaat penting Antioksidan bagi Kesehatan

Dalam artikel ini secara khusus Kita akan membicarakan tentang manfaat khusus dari beberapa buah tertentu. Nah, Atas kandungan beberapa jenis nutrisinya, ternyata buah juga bermanfaat untuk membantu meringankan, bahkan hingga mengatasi kondisi sulit tidur atau dikenal insomnia.

Insomnia adalah kondisi yang tak boleh dianggap enteng lho?; karena sering kurang tidur menyebabkan sistem pertahanan tubuh menurun, yang pada akhirnya akan lebih rentan terhadap berbagai penyakit dan infeksi. Jadi enyahkan segera, jangan biarkan insomnia terus-menerus mempengaruhi kehidupan Anda.

Buah tertentu mungkin bisa membantu mengatasi masalah Insomnia Anda.

Selain memeriksakan diri ke dokter(karena mungkin insomnia Anda didasari oleh kondisi kesehatan tertentu), Anda juga bisa sambil makan 5 jenis buah berikut secara teratur, yang mungkin bisa berguna untuk membantu meringankan penyakit sulit tidur Anda!

1. Buah Kiwi

Buah kiwi adalah salah satu jenis buah yang mengandung antioksidan tinggi. Karena salah satu pemicu insomnia adalah meningkatnya stres oksidatif, maka mengkonsumsi buah ini mungkin bisa membantu  Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa zat antioksidan bermanfaat menurunkan stres oksidatif sekaligus menangkal radikal bebas.

Lihat juga :  Manfaat makan Kulit Jeruk bagi Kesehatan

Selain kaya akan zat antioksidan, buah kiwi juga mengandung asam folat yang tinggi. Salah satu kemampuan asam folat adalah membantu tubuh memperlancar aliran darah, sehingga dengan demikian insomnia pun bisa teratasi. Peredaran darah yang tidak lancar adalah salah satu penyebab kesulitan tidur yang jarang disadari oleh kebanyakan orang.

2. Anggur

Anggur telah dikenal akan kandungan melatonin, yaitu hormon yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. Dengan begitu, para penderita insomnia boleh berharap dengan mengkonsumsi anggur untuk mengatasi masalah tidurnya.

3. Pisang

Siapa yang tak kenal buah yang satu ini. Karena Negara kita termasuk penghasil pisang yang melimpah, kenapa Anda tidak mengkonsumsinya? Mengkonsumsi Buah ini juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh. Selain itu, buah yang lembut dan manis ini juga bisa menjadi relaksan otot alami, yang bisa membantu tubuh Anda merasa lebih santai; dengan demikian akan lebih mudah untuk tertidur.

4. Ceri

Untuk membantu supaya tidur Anda bisa nyenyak dan nyaman, maka ceri adalah salah satu buah yang bisa membantu Anda. Tak kalah dengan Anggur, Ceri juga memiliki kandungan melatonin alami; seperti yang sudah kita katakan bahwa zat ini bisa mengatur pola tidur anda. Jika anda ingin tidur lebih nyenyak, maka anda bisa konsumsi segelas jus ceri, ataupun beberapa buah ceri segar sebelum tidur.

5. Apel

Sepertinya memang tak berlebihan jika buah apel ini telah ditempatkan dalam daftar sebagai “buah super” nomor satu didunia, karena bahkan juga bisa membantu mengatasi masalah insomnia. Menurut analisis biokimia modern, apel kaya akan vitamin B, vitamin C, kalium, seng, besi, fosfor, dan kalsium. Masih ditambah lagi dengan aroma buah apel yang memiliki efek penenang dan hipnosis yang sangat kuat, sehingga bisa membuat Anda bisa tertidur lebih mudah dan nyenyak.

Lihat juga :  Khasiat dan Manfaat Minyak bunga Melati

Baca Juga : Tips cara tidur cepat dan nyenyak

Ada banyak hal yang bisa mendasari Insomnia Anda, termasuk tingkat stres, kondisi medis, tingkat depresi, asupan stimulan(kopi, alkoh*l, nik*tin), obat-obatan, dsb. Insomnia adalah masalah yang bisa menimbulkan dampak yang cukup serius; jadi sebaiknya mencoba menghindari hal-hal tertentu yang bisa menyebabkan Anda sulit tidur seperti kopi, minuman berenergi, dll, beberapa saat sebelum tidur. Hindari juga stres dan tetap melakukan olahraga secara rutin dan sesuai. Jika kondisi masih terus berlanjut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mencari kepastian penyebab yang mendasarinya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *