Buah Sayuran yang baik untuk meringankan gejala menopause

buah sayuran sehatPada dasarnya, nutrisi yang baik adalah pilihan wajib untuk semua tahapan kehidupan Anda. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa betapa pentingnya nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan otak. Buah-buahan dan sayuran selalu berada pada tempat yang tinggi dalam piramida makanan, karena alami dan sumber nutrisi yang tinggi. Dan pada saat Anda sudah memasuki salah satu transisi terbesar dalam hidup Anda (masa menopause), maka Anda harus menyadari betapa buah dan sayuran adalah yang terbaik untuk membantu Anda. Bahkan, makanan-makanan tersebut selalu yang terbaik dalam diet Anda,  sebelum, selama, atau setelah menopause.

Advertisement

Jika Anda merasakan hot flashes, berkeringat malam hari, perubahan suasana hati atau kecemasan, maka cara yang baik untuk membantu tubuh adalah dengan cara mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran. Jika Anda sudah mengkonsumsinya sebelum mencapai masa menopause, maka tubuh Anda akan terbantu jika gejala menopause suatu saat menyerang Anda. Dan jika Anda sudah melewati menopause, makanan alami ini akan membuat Anda sehat dan membantu tubuh Anda untuk mengatasi gejala yang mungkin bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

Kenapa mengkonsumsi Buah dan Sayuran khususnya bisa meringankan gejala menopause?

Mari kita pelajari sedikit tentang menopause, sekaligus keterkaitannya dengan vitamin, mineral, hormon, serta senyawa kimia tertentu dan makanan

Vitamin dan mineral

Selama menopause, tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan. Pada khususnya, sangat penting untuk melindungi dan memperkuat tulang, karena pada masa ini wanita rentan mengalami osteoporosis. Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral, yang juga dibutuhkan tubuh Anda selama perubahan ini. Buah juga bisa dijadikan sebagai alternatif camilan yang lebih sehat, juga cokelat bisa meningkatkan mood dan meredam kecemasan yang biasa dialami orang di usia baya. Nutrisi dari buah dan sayur juga akan mendinginkan tubuh Anda ketika berkeringat dimalam hari atau merasakan hawa yang panas. Jadi, mereka akan membantu Anda untuk melawan gejala menopause dengan banyak cara.

Lihat juga :  Cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi rambut rontok

Fitoestrogen

Anda mungkin sudah mengetahui yang namanya estrogen, yaitu hormon wanita yang memiliki banyak keterkaitan dengan sistem reproduksi. Anda mungkin juga sudah tahu bahwa estrogen akan menurun pada wanita pada masa menopause, dan perubahan hormonal ini mungkin yang menyebabkan hot flashes dan berkeringat di malam hari. Nah, buah-buahan dan sayuran banyak mengandung senyawa kimia nabati yang dikenal dengan fitoestrogen, yang sangat mirip dengan struktur estrogen. Banyak ahli yang menganggap bahwa senyawa kimia alami ini bisa bermanfaat bagi perempuan yang akan melalui masa perimenopause dan menopause. Dengan demikian akan membantu meringankan gejalanya, karena mengandung senyawa kimia yang mungkin bisa menggantikan estrogen yang kini sudah menurun dalam tubuh Anda.

Baca juga : Makanan yang mengandung tinggi Estrogen

Boron

Mineral potensial penting lainnya yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran adalah boron. Penelitian sudah membuktikan secara klinis yang menunjukkan bahwa boron bisa membantu mengurangi gejala menopause tertentu, bahkan mungkin perubahan suasana hati dan kecemasan. Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, tapi para ahli percaya bahwa boron bisa membantu tubuh mempertahankan estrogen dan kalsium. Jadi mineral ini menjadi juga sangat penting untuk tulang Anda, yang umumnya sudah cepat kehilangan kalsium. Baca juga : Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Saat ini Anda tahu betapa pentingnya mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk meringankan menopause, dan berikut ini adalah daftar terbaik diantaranya :

Buah :
  • Apel
  • Bengkuang
  • Anggur
  • Jeruk Bali
  • Jeruk
  • Plum
  • Prune
  • Raspberry
  • Stroberi
Sayur :
  1. Asparagus
  2. Bit
  3. Paprika
  4. Brokoli
  5. Bunga kol
  6. Wortel
  7. Ketimun
  8. Slada
  9. Bawang putih
  10. Kedelai
  11. Ubi Jalar
  12. Tomat

Jadi jika Anda mendapat gejala menopause seperti hot flashes dan berkeringat di malam hari, perubahan mood dan kecemasan, atau tanpa merasakan banyak gejala, makanan alami yang terdiri dari buah dan sayuran ini bisa membantu Anda – karena membantu menjaga tulang tetap kuat, dan menjaga keseimbangan hormon Anda yang lebih baik. Dan, ingat, nutrisi yang baik akan membuat Anda lebih sehat dan lebih bahagia pada setiap tahap kehidupan Anda!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *