Buah sayuran untuk kesehatan mata

Advertisement

Manfaat minum jus wortel bagi kesehatan mataMata adalah organ tubuh penting yang menjadi salah satu dari kelima panca indra kita. Untuk dapat berfungsi dengan optimal, mata sangat membutuhkan nutrisi yang harus kita dapat dari makanan kita sehari hari. Jika kekurangan nutrisi ini, mata bisa lebih dini untuk mengalami banyak gangguan umum mata. Mata kabur, mata minus, mata katarak atau karena degenerasi makula. Tentu saja akan sangat mengganggu jika jika mata Kita mengalami gangguan tersebut, terutama aktifitas sehari-hari yang sangat mengandalkan mata. Mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung senyawa penting bagi kesehatan mata setiap hari adalah solusi terbaik, agar terhindar dari segala kondisi kesehatan mata hingga kita Tua nanti.

Berikut beberapa jenis makanan yang terdiri dari buah dan sayur yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Banyak sekali buah sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan mata khususnya. Namun disini kita akan menyebutkan dari jenis-jenis yang mencakup keseluruhan dari makanan tersebut. Simak berikut:

Buah tinggi vitamin C

Seperti Buah jeruk adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang akan menghambat kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Penelitian menunjukkan bahwa retina mata kita sangat membutuhkan vitamin C,  agar sel-sel saraf mereka untuk berfungsi dengan baik sehingga penglihatan akan menjadi lebih baik. Buah lainnya yang tinggi vitamin C, misalnya tomat, pepaya dan buah apel.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau, diantaranya seperti bayam dan kale, merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa tersebut yang akan membantu sel retina untuk menangkal radikal bebas, dan manfaatnya termasuk mengurangi risiko degenerasi makula. Banyak sekali ragam sayuran yang berwarna hijau, seperti sawi, kangkung dll.

Sayuran berwarna oranye

Wortel, dan ketela rambat (ubi jalar) adalah termasuk sayuran yang berwarna orange, dimana mereka umumnya sangat tinggi kandungan beta-karoten yang dapat bermanfaat membantu melindungi mata Kita. Di dalam tubuh kita, betakaroten akan diubah menjadi vitamin A. Dan didalam retina, vitamin A akan di konversi menjadi protein penting untuk persepsi cahaya. Kita sebelumnya membahas buah merah papua, dimana dikenal sebagai sumber sangat tinggi dari betakaroten. Buah lain seperti Tomat dan pepaya adalah termasuk buah yang tinggi vitamin A, serta mengandung betakaroten dan baik untuk kesehatan mata.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *