Buah dan Sayuran yang Mengandung Kalsium Tinggi

Makanan mengandung kalsium tinggiKalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk perkembangan tulang dan gigi. Hal ini juga diperlukan untuk kontraksi otot untuk jantung yang sehat, sinyal di saraf dan masih memiliki banyak fungsi lainnya. Menurut panduan, asupan kalsium harian yang direkomendasikan adalah1000mg yang bia diperoleh dari diet kita . Untuk mendapatkan kalsium umumnya kita bisa makan ikan, unggas dan produk susu. Tetapi sayangnya beberapa orang memiliki intoleransi terhadap laktosa sehingga mereka memilih tidak mengkonsumsi produk susu. Jadi untuk mengatasi masalah ini mereka bisa memilih buah dan sayuran yang kaya kalsium, mencoba produk kedelai seperti tahu, tempe, atau susu kedelai dan suplemen  kalsium.

Advertisement

Baca juga : Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Berikut buah dan sayuran yang paling banyak mengandung Kalsium

Alpukat:

Jika Anda ingin mendapatkan kalsium dari buah-buahan maka Anda dapat mencoba buah alpukat. 100 gram alpukat bisa memberikan 12mg kalsium. Walaupun bukan sumber terkaya tapi makan alpukat adalah sehat.

Jeruk :

Sumber kalsium yang baik lainnya adalah buah jeruk. 100 gram jeruk bisa memberikan Anda 50mg kalsium.

Buah berry :

Buah berrie tidak hanya kaya akan antioksidan, tetapi juga kalsium. 1 cangkir Blueberi mengandung sekitar 40mg kalsium. Jadi makan blueberry bisa mendapatkan antioksidan dan nutrisi lainnya termasuk kalsium.

Kurma :

Kurma adalah buah yang kaya akan berbagai nutrisi.  3 buah kurma yang manis legit menyediakan sekitar 46.8mg kalsium. Jadi minum susu akan semakin sehat jika bersama dengan makan kurma.

Almond:

Almond adalah jenis kacang yang sehat lain. Secangkir almond 92 gram bisa menyediakan sekitar 250mg kalsium. Jadi tambahkan almond di hidangan Anda. Menambahkan almond ke dalam diet Anda akan membantu untuk membangun tubuh yang sehat .

Lihat juga :  Manfaat Kesehatan Makanan yang di Fermentasi

Kacang Brazil :

Selain almond, jenis kacang lain yang mengandung kalsium adalah kacang brasil. 100 gram kacang Brasil dapat memberikan Anda dengan 160 mg kalsium.

Brokoli:

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang paling bernutrisi sedunia, juga merupakan sumber kalsium yang baik. 100 gram brokoli dapat menyediakan hampir 118 mg kalsium untuk Anda.

Kale ataupun kangkung:

Kale adalah merupakan jenis sayuran yang mengandung tinggi antioksidan. Seiring dengan kadar antioksidan, 100 gram kale menyediakan sekitar 210 mg kalsium. Jadi makan kale juga termasuk dapat menjaga kepadatan tulang Anda.

Bayam :

Jika Anda makan kangkung maka Anda mungkin akan suka bayam. 1 cangkir bayam dimasak  menyediakan 240 mg. Bayam juga merupakan sayuran yang paling tinggi mengandung zat besi.

Wijen :

Biji wijen banyak digunakan dalam memasak dan membuat berbagai kue. Hal ini biasanya ditaburkan di banyak hidangan seperti ayam, sayuran pedas, dll. 1 sendok makan  wijen menyediakan sekitar 90 mg kalsium. Jadi nikmati makanan lezat Anda dengan wijen untuk mendapatkan tambahan kalsium.

Kedelai :

Kedelai adalah sumber protein nabati yang bagus, juga merupakan sumber lain dari kalsium. Secangkir biji kedelai menyediakan sekitar 160 gram kalsium. Banyak orang yang tidak toleran terhadap laktosa, sehingga susu kedelai bisa menjadi alternatif yang sehat. Tapi produk kedelai yang lain seperti tempe dan tahu juga sama baiknya.

Penutup

Anda tidak perlu harus mengkonsumsi daging untuk mendapatkan kebutuhan kalsium. Ada banyak jenis buah, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran yang dapat memberikan cukup kalsium. Juga terutama bagi orang tidak toleran terhadap laktosa dalam susu dapat mencoba produk susu kedelai.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *