Efek buah nanas berbahaya untuk Ibu Hamil?

nanasPada saat hamil, para wanita hamil biasanya merasa perlu lebih protektif tentang apa yang mereka makan. Hal ini sangat wajar karena ibu hamil juga perlu untuk memperhatikan asupan gizi dan keamanan bagi janin yang dikandungnya. Berbicara mengenai makanan untuk ibu hamil, banyak rumor yang beredar bahwa nanas adalah salah satu buah yang tidak direkomendasikan termasuk buah pepaya. Fakta ataukah mitos jika makan buah nanas bisa membahayakan janin?. Baca lebih lanjut untuk memperoleh informasi ini.

Advertisement

Seperti halnya buah lainnya, nanas sebenarnya bagus untuk kesehatan terutama bagi wanita menopouse. Hal ini juga kaya akan kandungan nutrisi, terutama vitamin C dan serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh. Namun jika Anda adalah seorang ibu yang sedang hamil, sebaiknya menghindari makan buah nanas. Bukankah masih banyak buah-buahan selain nanas yang sangat bermanfaat khususnya bagi kehamilan?.

Baca juga :

Bahaya makan nanas bagi wanita yang sedang hamil

Para peneliti mengklaim bahwa buah nanas mengandung bromelian, yaitu enzim yang memiliki efek melemahkan leher rahim dan bisa menyebabkan rahim berkontraksi. Jika seorang ibu hamil mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menyebabkan diare. Banyak wanita hamil yang makan mengeluh diare, sementara beberapa wanita lain yang makan nanas tetap sehat sampai trimester ketiga kehamilan. Hal ini kemungkinan karena bromelian umum ditemukan dalam buah nanas segar atau yang masih muda, dan jika sudah dikalengkan atau diproses menjadi jus, kemungkinan bromelian akan hancur. Berikut kemungkinan yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil yang ingin mengkonsumsi nanas :

Bisa menyebabkan keguguran.

Protease enzim bromelain dikatakan mirip dengan papain dalam buah pepaya, yang keduanya bisa memberikan efek buruk pada kehamilan. Kemungkinan karena bromelian bisa menyebabkan kontraksi rahim, sehingga dikatakan bisa menyebabkan keguguran. Terutama nanas yang masih hijau dan mentah, yang bisa menginduksi aktivitas rahim dan membahayakan kehamilan. Dengan demikian, ibu hamil harus menghindari makan buah tropis ini, terutama pada awal-awal kehamilan.

Lihat juga :  Penyebab sakit perut selama kehamilan

Menyebabkan masalah pencernaan

Makan buah nanas bisa menghasilan efek samping masalah pencernaan seperti diare dan mulas. Wanita hamil yang sering mengalami mulas, maka makan nanas bisa berbahaya. Meskipun nanas banyak mengandung vitamin C dan mengandung enzim pencernaan yang diperlukan tubuh, namun pada saat hamil sebaiknya membicarakannya dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah ini.

Catatan :

Memang, banyak juga wanita hamil yang tetap sehat dan bebas masalah walaupun memakan buah nanas selama masa kehamilannya. Beberapa ginekolog juga mengatakan bahwa nanas bisa bermanfaat untuk ibu hamil pada saat menjelang kelahiran, karena bisa membantu untuk menginduksi tenaga atau kontraksi.

Namun apapun yang Anda dengar tentang efek samping atau manfaat buah nanas bagi wanita hamil, hal yang terbaik adalah meminta pendapat dokter kandungan jika ingin memakan buah ini demi kebaikan serta keselamatan Anda dan kehamilan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *