Berapa Liter Air putih yang harus kita Minum setiap Hari

Berapa liter air putih yang harus kita minumPertanyaan berapa liter air putih yang harus kita minum dalam sehari sepertinya kurang pas. Delapan (8) gelas kah?… ataukah 2,5 liter? dalam sehari?… Aturan umum adalah menganjurkan 8 gelas air dalam sehari, namun bagi orang dewasa bisa kurang atau malah kelebihan. Hal ini akan tergantung dengan seberapa sehat fisik mereka, atau apakah mereka berolahraga atau tidak,   seperti apa aktifitas mereka sehari-hari, dan musimnya sedang panas atau dingin.  Semua cairan akan membantu tubuh  tetap terhidrasi. Air putih biasanya merupakan pilihan terbaik, karena selain murah air putih juga tidak mengandung gula atau kalori. Namun kebanyakan orang yang sehat bisa memperoleh asupan cukup cairan melalui minuman yang mereka konsumsi setiap hari termasuk air, jus buah, kopi, soda, es teh atau jenis minuman lainnya.

Advertisement

Jumlah asupan air minum  yang benar, serta mengetahui kecukupan tubuh akan asupan cairan

Air merupakan bagian tubuh yang membantu mendetoksifikasi tubuh dari racun dan limbah, juga untuk menjaga suhu tubuh yang tepat. Asupan cairan yang cukup juga dapat membantu mencegah batu ginjal dan masalah sulit BAB atau sembelit .

KIta setiap hari akan kehilangan air, yaitu melalui napas, keringat, urin, dan BAB. Jika Anda tinggal di daerah yang beriklim panas atau tropis, Anda bisa kehilangan lebih banyak cairan. Anda harus mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut gara  tetap sehat. Jika Anda tidak mendapatkan cukup cairan, maka tubuh Anda bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini bisa sangat membahayakan kesehatan, karena tubuh  tidak memiliki cukup cairan untuk mengalirkan darah ke seluruh organ-organ tubuh Anda.

Baca juga : Kondisi kesehatan akibat Kurang minum/Cairan

Minumlah sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan tubuh

  • Aktifitas atau gaya hidup seseorang berperan penting dalam menentukan berapa banyak air yang harus mereka konsumsi. Jika Anda bekerja dilingkungan yang tidak membuat tubuh Anda mengeluarkan keringat, maka minum air sebanyak 2-3 liter dalam sehari tidaklah dianjurkan. Sebab hal ini bisa membuat cairan akan terkumpul didalam ginjal dan bisa menyebabkan kondisi yang disebut dengan edema.
  • Namun bagi orang yang bekerja keras di luar ruangan yang membutuhkan tenaga fisik yang banyak dan atau  paparan panas matahari, maka sangat penting untuk minum sekitar tiga liter air sehari.
  • Mungkin kita juga perlu untuk mengubah kebiasaan konsumsi air mengikuti perubahan musim. Misalnya, adalah sangat penting untuk menjaga tubuh agar selalu terhidrasi dengan selama musim panas. Jika Anda tidak menderita diabetes atau tekanan darah tinggi, Anda bisa minum minuman elektrolit atau yang mengandung gula.
  • Orang mungkin membutuhkan minum lebih banyak dari biasanya ketika sedang olahraga/latihan fisik yang intens, cuaca panas, sedang hamil/menyusui, maupun sedang sakit flu atau mengalami ionfeksi saluran kemih.

Minuman elektrolit atau yang mengandung glukosa tak hanya menyeharkan, tapi juga  meningkatkan tingkat energi.  Selain itu, ketika musim panas penting juga untuk mendapatkan cukup minum cairan pada pagi hari. Setelah bangun tidur, minumlah sekitar 2 gelas air untuk mengawali hari. Anda juga bisa menambahkan perasan air  lemon.

Baca juga : Minum lemon dan air hangat dipagi hari

Tips sehat minum air

  1. Minum sekitar 2 gelas air atau sekitar 800 ml setelah bangun tidur. Sebaiknya minum segelas air putih sebelum teh atau kopi.
  2. Jika Anda bekerja diruangan yang sejuk dengan AC, maka tidak minum lebih dari 2 hingga 2,5 liter air perharinya
  3. Untuk orang yang bekerja dengan aktifitas fisik tinggi, maka  penting untuk minum sekitar tiga liter air sehari.
  4. Ketika musim panas, cegah dehidrasi dengan minum air secara rutin. Jika  tidak menderita diabetes atau tekanan darah, minuman elektrolit atau minuman mengandung glukosa bisa menambah energi.

Cara mengetahui sudah cukup minum air apa belum?

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah sudah mendapatkan cukup cairan adalah dengan melihat warna urin. Jika Anda sudah memperoleh cukup minum, maka urin Anda akan terlihat bening atau kuning pucat. JIka urin berwarna kuning gelap, berarti tubuh Anda kurang cairan. Baca juga : Mengetahui kondisi kesehatan berdasarkan warna urin

Orang yang sudah mendapatkan minum cukup biasanya memiliki BAB yang lembut. Susah buang air besar atau sembelit bisa juga dikarenakan tubuh tidak mendapatkan cukup air.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan, konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum meningkatkan jumlah asupan  air yang Anda minum. Misalnya Anda mungkin perlu membatasi asupan cairan  jika  memiliki masalah kesehatan seperti masalah ginjal  atau jantung.

Minum terlalu banyak air juga bisa berbahaya, karena hal ini bisa mencairkan jumlah sodium dalam tubuh Anda. Ketidakseimbangan ini bisa menyebabkan masalah serius seperti kebingungan, kejang , bahkan koma . Baca juga : Bahaya minum air terlalu banyak

Demikian tentang anjuran mengenai berapa jumlah air putih/air minum yang harus kita minum setiap hari. Kesimpulannya, jumlah asupan air yang sehat adalah sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *