Ketahui BAHAYA-nya Minum Air Putih Berlebihan

Bahaya minum air berlebihanAir putih didefinisikan sebagai air bersih dari air tanah yang diolah dan disediakan khusus untuk minuman kita sehari-hari, namun air putih adalah salah satu jenis cairan yang biasa kita dapatkan selain soda, jus, kuah, dsb. Mendapatkan cukup minum sangatlah penting bagi fungsi tubuh manusia secara keseluruhan, namun jika minum terlalu banyak air putih dampaknya bisa sama berbahayanya dengan jika kita kurang minum . Pedoman umum memang harus selalu diingat bahwa “Apapun yang baik, jika terlalu banyak dampaknya akan tidak baik juga”

Advertisement

Telah diberitakan bahwa pada tanggal 12 Januari 2007, di California AS, seorang wanita yang berusia 28 tahun meninggal karena minum terlalu banyak air. Tubuhnya ditemukan tergeletak di rumahnya tak lama setelah ia mengikuti sebuah kontes air minum yang disponsori oleh sebuah acara radio lokal.Diperkirakan wanita ini menghabiskan sekitar 2 galon air selama kontes berlangsung. Berita  ini menyoroti betapa pentingnya memahami mengapa minum terlalu banyak air dapat membahayakan kesehatan Kita.

Atlet adalah orang yang sangat beresiko minum air puti8h berlebihan. Menurut para ahli, 14 kematian pada pelari maraton, pemain sepak bola, dan para atlet lainnya telah dikaitkan dengan minum terlalu banyak air atau minuman olahraga selama aktivitas fisik!. Kondisi ini dikenal dengan hiponatremia terkait olahraga, di mana ginjal menjadi kewalahan karena dipakasa untuk memperoses asupan cairan yang berlebihan. Secara alami natrium dalam tubuh tidak bisa bersaing dengan jumlah air yang masuk, yang menyebabkan pembengkakan pada sel-sel tubuh – dan pada kasus yang berat bahkan menimbulkan kematian. Mereka para ahli merekomendasikan untuk mencegah hiponatremia ini dengan cara menyelaraskan kebutuhan air dengan tubuh dengan minum ketika  haus dan tidak boleh lebih atau  kurang.

Memanfaatkan mekanisme “rasa haus” bawaan tubuh kita untuk membimbing kita dalam mengkonsumsi cairan adalah strategi yang bisa kita gunakan untuk menghindari minum air berlebihan dan memberikan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi berlebihan.

Berikut apa yang di alami oleh Tubuh ketika Mendapatkan Minum air yang berlebihan!

Minum air putih atau jenis air minum lainnya yang lebih banyak dari yang tubuh butuhkan dapat meningkatkan volume darah total. Karena volume darah Kita berada dalam sistem yang tertutup (sistem pembuluh darah), maka meningkatkan volume darah secara teratur akan membebani jantung dan pembuluh darah Kita secara tidak perlu.

Lihat juga :  Resiko/efek buruk mendengarkan musik dengan Headset

Ginjal Kita harus bekerja ekstra keras untuk menyaring kelebihan air ini dari sistem peredaran darah . Ginjal kita  sebagian terdiri dari serangkaian pipa khusus yang disebut dengan glomeruli. Glomeruli ini dapat rusak karena kekurangan cairan atau kelebihan cairan – hal ini berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal.

Memberikan beban yang tidak perlu kepada sistem kardiovaskular dan ginjal  dengan minum air secara berlebihan adalah proses yang halus. Untuk kebanyakan orang hampir tidak mungkin untuk merasakan  beban ini karena biasanya tidak ada gejala yang jelas. Tapi janganlah berbuat kesalahan tersebut, karena beban ini nyata dan dapat membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Kenapa bisa sampai meninggal, seperti pada contoh kasus kontes minum air diatas?

Jika Kita memaksakan air dalam jumlah besar ke dalam sistem tubuh dalam  jangka waktu yang singkat, maka ginjal akan berjuang keras untuk menghilangkan kelebihan untuk menjaga jumlah air keseluruhan tetap dalam tingkat yang aman.

Sistem peredaran darah akan menjadi encer karena kelebihan air, konsentrasi elektrolit dalam darah akan turun terhadap konsentrasi elektrolit dalam sel tubuh. Dalam upaya untuk menjaga keseimbangan elektrolit antara darah dan sel-sel, air akan meresap ke dalam sel-sel darah dan menyebabkan pembengkakan sel-sel.

Jika pembengkakan sel tersebut terjadi di otak, maka orang akan mengalami peningkatan tekanan intrakranial sehingga otak akan seperti diperas karena terhimpit oleh  tulang pipih yang membentuk tengkorak. Tergantung dari berapa banyak air yang Anda minum dalam waktu singkat, maka Anda bisa mengalami berbagai macam gejala, mulai dari sakit kepala ringan sampai gangguan pernapasan. Seperti apa yang terjadi pada kontestan minum air itu, sehingga sangat mungkin untuk meninggal jika minum terlalu banyak air dalam waktu singkat.

Lihat juga :  Bagaimana Menu dan cara diet Mayo?

Informasi ini sangat penting bagi para orang tua untuk menyampaikan kepada anak-anaknya, bahwa pertandingan dengan melibatkan minum air sebanyaknya bagi peserta yang kalah tidak dibenarkan secara kesehatan.

Berapa banyak jumlah air yang harus Kita minum untuk kesehatan yang baik?

Jawabannya tergantung dari keadaan Kita, termasuk diet , kebiasaan olahraga, dan kebiasaan lingkungan.

Jika Anda biasanya makan banyak makanan yang alami dan kaya air seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan dimasak kuah, Anda mungkin tidak perlu minum banyak air sama sekali. Jika Anda tidak menggunakan banyak garam dan bumbu lainnya, maka kebutuhan  air minum Anda lebih sedikit.

Namun  jika Anda tidak makan banyak makanan alami dan / atau menambahkan banyak garam  dan bumbu untuk makanan Anda, maka Anda mungkin perlu untuk minum beberapa gelas air setiap hari.

Tika Anda suka berkeringat secara teratur, bisa karena beraktifitas fisik atau olahraga atau tinggal didaerah yang panas, Anda akan perlu untuk memasok lebih banyak air melalui makanan atau minuman dari orang yang tidak berkeringat secara teratur.

Pada akhirnya, panduan terbaik untuk masalah minum ini adalah dengan mengikuti rasa haus. Namun beberapa orang meyakini bahwa rasa haus bukanlah merupakan indikator yang dapat diandalkan, karena banyak orang yang menderita gejala yang berhubungan dengan dehidrasi dan tidak merasa perlu untuk minum air.

Beberapa orang menyarankan untuk melihat warna urin  sebagai cara untuk melihat apakah sedang dehidrasi atau tidak. Urin yang warnanya cerah menunjukkan bahwa Anda telah terhidrasi dengan baik, sementara urin yang berwarna kuning menunjukkan bahwa Anda membutuhkan lebih banyak air. Namun penting untuk diingat bahwa beberapa makanan dan suplemen dapat membuat warna untuk urin.

Demikian artikel tentang bahayanya jika berlebihan minum cairan bagi tubuh dan kesehatan kita, yang mengusulkan ide untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam menjaga kesehatan sehari-hari.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *