Apakah pisang baik untuk wanita Hamil?

Two yellow banana. Closeup. Isolated on white background. Studio photography.Bagi wanita hamil, penting untuk memastikan diet yang sehat demi diri sendiri dan bagi pertumbuhan bayi. Pisang adalah makanan yang kaya akan nutrisi, sehingga akan membantu wanita hamil untuk menjaga setiap aspek bagi kesehatan kehamilan.

Advertisement

Selama tidak menderita alergi pisang, makan satu buah pisang setiap hari untuk sarapan akan memberikan banyak manfaat bagi Anda dan bayi Anda.

Berikut beberapa manfaat penting makan buah pisang bagi wanita yang sedang hamil

Mengandung Vitamin B6

Semua jenis vitamin B sangat penting untuk perkembangan bayi dalam kandungan, dan pisang sarat dengan vitamin B6. Sistem saraf pusat bayi sangat bergantung vitamin B6 agar dapat mengkoordinasikan kegiatan selama perkembangan, serta membantu biosintesis neurotransmitter, dopamin dan serotonin. Vitamin B6 dari pisang juga akan membantu ibu hamil dan janin untuk mengirimkan oksigen ke seluruh jaringan melalui hemoglobin. Jumlah asupan vitamin B6 yang dianjurkan per hari bagi ibu hamil adalah 1,9 miligram. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 0,4 miligram, atau memenuhi 21 persen dari kebutuhan harian ibu hamil.

Mengandung Kalium tinggi

Kalium adalah mineral yang sangat baik, dan sangat diperlukan oleh wanita hamil. Wanita hamil harus mengkonsumsi paling tidak 4.700 miligram kalium setiap hari.  Mineral penting ini akan meringankan beberapa masalah umum yang berhubungan dengan kehamilan, seperti kram kaki, mencegah pembengkakan alami, dan membantu meredakan gejala morning sickness. Waspadalah jika terjadi pembengkakan yang cepat, karena bisa jadi gejala preeclampsia yang membutuhkan diagnosis dan pengobatan secepatnya dari dokter.

Membantu Diare dan sembelit

Selain morning sickness, Wanita hamil yang harus berurusan dengan diare atau sembelit juga bisa mendapatkan manfaat dari makan pisang. Pisang adalah buah yang mengandung serat dan pektin, yaitu serat larut yang juga ditemukan dalam buah apel. Serat ini akan membantu meringankan diare dengan cara menyerap kelebihan air dalam tubuh. Kalium dalam pisang juga bisa membantu mengatasi kram usus yang terkadang menyertai diare. Selain membantu meringankan gejala diare, serat dari makan pisang juga bisa membantu mengatasi sembelit yang juga umum terjadi pada wanita yang sedang hamil.

Lihat juga :  Tips Cara Meningkatkan Stamina

Mengandung zat besi dan folat

Zat Besi akan membantu meningkatkan nafsu makan yang normal, juga membantu mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga penting untuk memberikan tambahan sel darah, yang dibutuhkan untuk membawa nutrisi untuk janin.
Folat juga sangat diperlukan bagi pertumbuhan sel-sel baru dan gen pada janin. Kekurangan folat pada ibu hamil terkait dengan cacat tulang belakang dan tabung syaraf pada bayi. Dan pisang adalah buah yang mengandung zat besi dan juga folat.

Perhatian

Meskipun pisang memberikan banyak manfaat untuk wanita hamil, namun ada beberapa hal yang perlu untuk diwaspadai. Pisang mengandung zat kitinase, yaitu yang merupakan alergen utama yang terkait dengan sindrom getah buah. Wanita hamil yang alergi terhadap getah buah juga perlu untuk menghindari buah yang mengandung kitinase. Selain pisang, buah dalam kelompok ini termasuk alpukat, buah kiwi dan chestnut. Jika Anda mengalami sensitivitas terhadap getah buah, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter Anda sebelum makan pisang.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *