Antara Manfaat dan efek samping buah Pinang

manfaat buah pinangBuah pinang bukanlah sesuatu yang asing terdengar, karena kepopulerannya untuk penggunaan tertentu dalam masyarakat. Dalam budaya daerah tertentu(terutama Asia dan Afrika), buah pinang umum digunakan sebagai salah satu bahan untuk sebuah tradisi yang disebut dengan nyirih. Nyirih melibatkan 3 bahan utama yaitu, daun sirih sebagai pembungkus, kapur, dan buah pinang, yang kemudian dikunyah secara terus menerus hingga dirasa sudah saatnya untuk dibuang dari mulut. Kegunaan lain yang paling populer dari buah tropik ini adalah untuk pelengkap pada acara-acara tertentu, terutama untuk acara ritual kepercayaan.

Advertisement

Selain penggunaan diatas, buah pinang juga banyak diyakini dapat mengobati atau mencegah beberapa penyakit. Benarkah secara klinis memang telah terbukti?, dan apakah ada efek sampingnya jika dikonsumsi dalam dalam jangka waktu lama untuk pengobatan atau yang lain?

Berikut antara manfaat dan efek samping buah pinang

Mencegah gigi berlubang

Sirih bisa jadi memiliki sifat efek antibakteri, sehingga banyak dimasukkan sebagai bahan tambahan untuk pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang. Bukti ini memang bisa disaksikan pada orang yang gemar nyirih, dimana rata-rata mereka memiliki gigi yang utuh hingga tua. Karena efek racun, efek kemerahan pada mulut, jadi walau bagaimanapun, pinang mungkin masih kurang berguna daripada agen terapeutik lainnya untuk keperluan menjaga kesehatan gigi.

Skizofrenia

Menurut NIH, penelitian awal menunjukkan bahwa perbaikan gejala pada pasien skizofrenia yang melakukan nyirih. Obat skizofrenia standar yang sudah ada diketahui menghasilkan efek samping yang tidak menyenangkan, sehin gga mendorong upaya lebih lanjut untuk menemukan cara pengobatan baru. Akan tetapi NIH juga mencatat bahwa pinang juga menghasilkan efek samping tremor dan kekakuan dalam sebuah penelitian skizofrenia.

Lihat juga :  Apakah efek minum air es buruk bagi kesehatan?

Mengatasi mulut Kering

Orang yang mengunyah sirih cenderung menghasilkan air liur yang banyak, sehingga hal ini dapat membantu orang dengan mulut kering yang bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti diabetes dan sindrom Sjogren. Namun InteliHealth menjelaskan bahwa ada obat yang lebih aman yang tersedia untuk meringankan gejala ini.

Membasmi cacing

Buah pinang yang dikunyah secara alami dapat mematikan cacing yang berdiam didalam tubuh atau usus manusia. Hal ini juga telah banyak digunakan dalam peternakan ayam untuk membasmi penyakit  cacingan pada ayam ayam. Menghilangkan cacing yang tidak mudah dilakukan dengan menggunakan obat-obatan, bisa mencoba untuk memanfaatkan buah pinang ini. Akan tetapi, sebaiknya penggunaan sirih dihentikan, jika dirasa sudah terbebas dari cacingan, karena penggunaan dalam jangka panjang dikatakan beresiko meningkatkan kanker.

Anemia :

Penelitian awal melaporkan bahwa nyirih dapat mengurangi gejala anemia pada ibu hamil. Namun Alasan untuk penemuan ini masih tidak jelas, dan mengunyah mungkin tidak aman bagi wanita selama hamil.

Efek samping

Beberapa senyawa dari buah pinang diketahui memiliki sifat farmakologis, akan tetapi masih ada sedikit bukti yang mendukung penggunaannya untuk tujuan terapeutik. Selain itu, penggunaan pinang dapat memperburuk kondisi tekanan tinggi atau darah rendah,  detak jantung yang tidak teratur , dan asma. Bahkan penggunaan secara terus menerus juga dapat meningkatkan risiko kanker tertentu. Menurut NIH, efek racun dari pinang mungkin lebih besar daripada manfaat yang mungkin bisa diberikan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *