Ada 5 Manfaat makan Ubi Jalar bagi Ibu Hamil

Advertisement

Ubi jalarGizi adalah prioritas yang tinggi bagi wanita yang sedang hamil,  karena ia juga harus memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan bayinya. Pada saat sedang hamil mungkin Anda harus menghentikan makan beberapa jenis makanan, dan sebaliknya harus meningkatkan asupan makanan yang lain. Fokuslah hanya pada diet makanan yang alami, yang menyediakan vitamin dan mineral bagi tubuh Anda. Ubi jalar yang manis dan lezat ini adalah salah satu makanan yang baik dan bermanfaat selama kehamilan, karena memiliki nilai gizi yang tinggi.

Baca Juga: Kandungan Gizi ubi jalar dan manfaatnya bagi kesehatan

Berikut 5 manfaat mengkonsumsi ubi jalar bagi ibu hamil:

Mengandung vitamin A

Menurut American Pregnancy Association, wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya 700 mikrogram vitamin A per hari. Dan satu cangkir ubi jalar yang dimasak beserta kulitnya mengandung 1.922 mikrogram vitamin A, yaitu hampir 300 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Vitamin C dan Zat Besi

Vitamin C sangat penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk membantu menyerap zat besi. Zat besi adalah mineral yang sangat penting bagi kesehatan Ibu dan bayi dalam kandungan. The National Institutes of Health merekomendasikan bahwa wanita hamil harus mengkonsumsi 80 sampai 85 miligram vitamin C, dan 27 miligram zat besi setiap hari. 1 Cangkir ubi jalar yang dipanggang bersama kulit mengandung 39,2 miligram vitamin C, yang hampir memenuhi setengah dari kebutuhan perhari yang direkomendasikan. Sementara 1 cangkir juga mengandung 1,38 miligram zat besi.

Mengandung Serat

Serat makanan dibutuhkan untuk mendukung kesehatan, terutama sistem pencernaan Anda. Salah satu masalah umum dari kehamilan adalah sembelit. Dengan mengkonsumsi 22-28 gram serat setiap hari, maka Anda akan mengurangi terjadinya masalah pencernaan ini. Wanita hamil harus makan 28-34 gram serat per hari, dan 1 cangkir ubi jalar akan memberikan Anda 6,6 gram serat .

Mengandung Kalium/potassium

Orang Dewasa usia mulai 19 tahun keatas termasuk wanita hamil, harus mengkonsumsi 4,7 gram kalium per hari. Sementara Wanita yang sedang menyusui harus meningkatkan asupan potasium menjadi 5,1 gram per hari. Ubi jalar mengandung 950 miligram kalium, sehingga makanan ini sangat bermanfaat bagi kehamilan hingga menyusui.

Mengandung Vitamin B – 6

Vitamin B – 6 adalah salah satu vitamin yang penting saat hamil, karena membantu pembentukan sel darah merah serta bisa mencegah mual di pagi hari(morning sickness). The American Pregnancy Association menyarankan mengkonsumsi untuk 1,9 miligram vitamin B – 6 setiap hari. 1 cangkir ubi jalar menyediakan hampir 0,6 miligram vitamin B – 6.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *