6 Makanan sehat yang mendukung panjang umur

6 Makanan sehat yang mendukung panjang umurSemua orang tentu ingin hidup lebih lama dan selalu sehat walafiat. Untuk meningkatkan kesehatan dan umur panjang bisa dimulai dengan menjalankan gaya hidup sehat, serta memasukkan beberapa jenis makanan yang menyehatkan kedalam diet. Ada 6 jenis makanan yang menawarkan banyak nutrisi untuk kesehatan jangka panjang, dan tentunya mendukung untuk Anda agar bisa hidup lebih lama lagi.

Advertisement

Berikut ini ada 6 jenis makanan, yang akan mambantu Anda menjaga kesehatan, sehingga akan memperbesar kesempatan hidup menjadi lebih lama:

1 . Makanlah Lebih Banyak Ikan

Menkonsumsi lebih banyak ikan akan menurunkan risiko meninggal akibat serangan jantung, stroke, dan diabetes. Penyakit-penyakit seperti itu telah umum terbukti membuat sulit untuk bisa bertahan hidup lebih lama. Salah satu alasan untuk makan ikan adalah tingginya kandungan asam lemak omega – 3, yaitu minyak tak jenuh ganda yang akan  menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, stroke, darah tinggi dan diabetes.

Penelitian membuktikan: Orang yang mengkonsumsi ikan mengandung minyak seperti tuna, sarden, herring, tengiri, ikan teri, ikan trout  dan salmon memiliki tingkat kematian terendah. Disarankan untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 2-3 porsi per minggu.

2 . Makan Oatmeal untuk sarapan

Oatmeal mengandung serat larut, yang  akan mengontrol jumlah kadar kolesterol, menstabilkan gula darah, mencegah kenaikan berat badan karena mencegah rasa cepat lapar. Serat larut juga akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan dan menggunakan insulin, sehingga akan terhindar dari diabetes dan penyakit jantung.

Disarankan untuk makan setengah cangkir oatmeal kering per hari.

3 . Makan Sayuran berwarna hijau tua

Apakah dimakan mentah, direbus, atau dikukus , sayuran berwarna tua mengandung konsentrasi vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi, yang dapat membantu menurunkan resiko serangan jantung , stroke , diabetes, penyakit pembuluh darah, dan beberapa jenis kanker. Sayuran berwarna gelap yang disarankan adalah kangkung, paprika merah, brokoli, kubis merah, dan bayam.

Lihat juga :  Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

Orang yang mengkonsumsi lebih banyak sayur bisa berharap untuk dapat hidup lebih lama dan sehat. Di sarankan makan 2-3 porsi sayuran per hari. Baca juga: Alasan Kenapa Sayuran penting bagi kesehatan Kita Disini

4.Buah-buahan

Buah-buahan memberikan manfaat yang tak jauh beda dengan sayuran. Buah juga tinggi antioksidan, terutama apel, plum dan buah beri. Buah-buahan lain seperti pepaya mengandung betakaroten, vitamin A, dan vitamin lainnya. Alpukat juga dikenal mengandung lemak tak jenuh(kolesterol baik), dimana baik untuk menjaga kesehatan jantung dan kardoivaskular. Buah jeruk sangat dikenal mengandung antioksidan vitamin C dalam jumlah yang tinggi, yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanlah buah yang bervariasai, 1-2 porsi setiap hari.

5 . Minum Teh Hijau

Sifat obat teh telah terdokumentasikan selama berabad-abad ! . Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa, senyawa kimia yang terkandung dalam teh dapat menurunkan tingkat peradangan, anti radikal bebas, menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, dan membantu mencegah pertumbuhan sel kanker tertentu. Catechin yang ditemukan dalam teh hijau juga dapat membantu untuk menjaga berat badan, karena dapat mempengaruhi tingkat penggunaan lemak untuk energi otot-otot kita .

Nikmati teh hijau 1-2 cangkir per hari .

6 . Makan bawang

Menkonsumsi bawang putih juga dapat membantu Anda untuk hidup lebih lama. Senyawa-senyawa allium dalam bawang putih telah dikenal memiliki sifat oba. Bawang putih juga telah digunakan untuk mengobati infeksi, sirkulasi darah tidak lancar, dan kanker.Senyawa dalam bawang putih juga telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan termasuk melawan perkembangan sel-sel abnormal(kanker/tumor).

Bawang putih bisa dikonsumsi mentah atau dimasakd. Cobalah ambil 1-2 siung bawang putih yang panggang , untuk dimakan bersama makanan sehari-hari Anda. Baca juga: Khasiat Bawang putih Disini

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *