3 Penyebab utama perut menjadi Gendut

Penyebab utama perut gendutPerut gendut oleh tumpukan lemak yang menumpuk diperut merupakan jawaban dari gaya hidup yang tidak sehat, yang termasuk makan terlalu banyak dan tak cukup berolahraga. Secara klinis, perut gendut sejalan dengan terminologi obesitas sentral, dan didefinisikan sebagai lemak perut yang membuat ukuran pinggang membesar. Penumpukan lemak visceral pada perut ini pada umumnya hanya dianggap merusak penampilan seseorang, namun sebenarnya hal ini juga meningkatkan risiko kesehatan serius yang nyata. Perut gendut bisa menimbulkan masalah yang terkait dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, resistensi insulin dan bahkan Alzheimer.

Advertisement

Baca : Waspadai Dampak Buruk Perut Gendut Bagi Kesehatan

Berikut 3 hal yang bisa membuat perut Anda menjadi gendut

1. Gaya hidup yang kurang aktifitas fisik

Penyebab pertama lemak perut adalah gaya hidup, yang didefinisikan di mana seseorang tidak melakukan olahraga secara teratur, atau bahkan tidak sama sekali. Masalah gaya hidup adalah masalah yang paling banyak meningkatkan kesempatan untuk mengembangkan kondisi kesehatan yang serius. Jika Anda mempertahankan gaya hidup yang buruk ini, maka sama saja dengan meningkatkan kesempatan mati muda, namun Anda bisa dengan mudah menghindarinya hanya dengan berolahraga secara teratur. Gaya hidup yang buruk lainnya seperti terlalu banyak duduk di sofa dan menonton TV. Terlalu banyak membaca atau terlalu banyak menggunakan waktu didepan komputer pada dasarnya bisa membuat seseorang menjadi kurang bergerak dan menetap.

2. Kebiasaan Makan berlebihan

Makan berlebihan adalah penyebab lain yang menyebabkan lemak berkumpul diperut, yang ujung-ujungnya membuat perut Anda tampak gendut. Makan terlalu banyak bisa menyebabkan kenaikan berat badan, yang lebih lanjut bisa memanifestasikan dirinya menjadi ukuran pinggang Anda yang besar. Hal ini terutama berlaku jika Anda tidak cukup olahraga pada hari tertentu. Kenaikan berat badan didasarkan pada prinsip kalori sederhana, yaitu terlalu banyak mendapatkan kalori sementara hanya sedikit yang dikeluarkan. Jadi jika Anda terlalu banyak makan dan kemudian menjadi sebuah gaya hidup, maka dipastikan Anda mulai mengembangkan perut gendut .

Lihat juga :  Minum lemon dan air hangat dipagi hari

Agar tak cenderung makan berlebihan, maka hindarilah 3 hal berikut :

  • Waspadai makan ketika sedang sedih atau marah : Dalam keadaan begini, orang memiliki kecenderungan makan lebih banyak daripada biasanya. Jadi waspadai jika Anda makan dalam keadaan tersebut.
  • Tidak makan sambil nonton TV : Memang menyenangkan, tapi  biasanya orang menjadi lupa berapa porsi makanan yang telah ia habiskan ketika makan sambil nonton TV.
  • Mendapatkan tidur cukup setiap hari : Kurang tidur juga bisa memicu seseorang untuk makan lebih banyak, karena dalam kondisi ngantuk dan lelah orang lebih mudah stres. Hormon stres cepat meningkat pada saat orang yang kurang tidur, sehingga membuat seseorang makan terlalu banyak. Baca juga : Tips cara tidur cepat dan nyenyak
  • Jangan sering minum minuman bersoda : Minuman bersoda mengandung banyak gula, sehingga bisa membuat seseorang selalu merasa lapar.
  • Tidak makan menggunakan piring yang besar : Menggunakan ukuran piring makan yang besar cenderung akan membuat seseorang mengambil porsi makan yang lebih banyak.

3. Faktor Genetika

Penyebab perut gendut yang satu ini mungkin yang paling sulit untuk didengar, karena kita tidak benar-benar mampu bisa melakukan pencegahan. Genetika berperan dalam untuk memutuskan distribusi lemak yang masuk kedalam tubuh Anda, dan praktis berkaitan dengan dua jenis tubuh yang berbeda – entah itu tubuh Anda berbentuk buah apel atau buah pir. Jika tubuh Anda berbentuk buah pir, maka lemak pada umumnya terakumulasi di daerah tubuh Anda yang lebih rendah seperti perut Anda. Jika tubuh Anda berbentuk buah apel, maka tubuh Anda memiliki kecenderungan menyimpan lemak di sekitar bagian tengah tubuh Anda, sehingga mengarah kepada perut gendut.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *