18 Manfaat luarbiasa Air putih Bagi kulit, rambut dan kesehatan

18 Manfaat luarbiasa Air putih Bagi kulit, rambut dan kesehatanAir merupakan unsur yang penting untuk fungsi efektif dari tubuh kita. Sekitar 50 sampai 70 % massa tubuh kita terdiri dari air, termasuk kulit, jaringan tubuh, sel-sel dan  seluruh organ.
Salah satu manfaat minum air adalah untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh kita tidak memiliki cukup air untuk mendukung fungsi-fungsi vital. Minum Air juga bermanfaat untuk menghilangkan racun dan limbah dari tubuh, sehingga tubuh bersih dan terbebas dari masalah kesehatan terkait.  Air juga diperlukan untuk memproses semua nutrisi yang diperoleh dari makanan yang kita makan, dan membawa nutrisi kepada seluruh sel-sel dengan beredar melalui sistem limfatik. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan sembelit, asma, alergi, hipertensi, masalah ginjal, migrain, kulit keriput, dan masih banyak masalah kesehatan lainnya.

Advertisement

Ada 18 Manfaat Air putih Bagi kulit, rambut dan kesehatan yang wajib Anda ketahui

Setiap hari kita kehilangan air melalui keringat, urine, nafas, dan BAB. Dengan demikian, penting untuk selalu mengisi tubuh kita dengan air minum, dari mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung air. The Institute of Medicine telah menetapkan bahwa asupan air perhari untuk laki-laki adalah 3 liter, dan untuk wanita adalah 2,2 liter.

Manfaat Air untuk Kulit :

Sama halnya seperti organ-organ lain dari tubuh kita, kulit juga terbuat dari beberapa sel. Sel-sel kulit seperti sel-sel organ lainnya, juga membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Beberapa manfaat air untuk kulit meliputi:

1 . Air penting untuk menjaga kelembaban kulit serta memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit, mengisi ulang jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas. Hal ini nantinya akan membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus. Dengan demikian, untuk kulit lembut dan lentur, minum cukup air lebih penting daripada menerapkan krim topikal.

2 . Air adalah pengganti paling sempurna untuk tindakan perawatan mahal  anti – penuaan. Air akan membuat kulit terhidrasi dengan baik, dengan demikian juga meningkatkan kecerahan kulit.

3 . Minum cukup air bermanfaat memerangi gangguan kulit seperti psoriasis, keriput dan eksim. Hal ini juga meningkatkan tingkat metabolisme dan meningkatkan sistem pencernaan untuk membuang racun dari dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan memberikan Anda kulit yang sehat dan bersinar.

4 . Mandi air dingin dan mandi santai menenangkan saraf dan mengurangi stres yang berhubungan kerusakan pada kulit. Rendam seluruh tubuh Anda dalam air dingin selama 2 sampai 3 menit untuk meremajakan kulit. Terlalu lama kulit terekpose air juga dapat menghilangkan minyak alami, jadi jangan menambah waktu berendam atau mandi. Mandi air dingin sebaiknya tidak dilakukan pada malam hari.

5 . Mandi air dingin berguna untuk menghilangkan kemerahan pada kulit, dan menetapkan kulit untuk aplikasi make up yang lebih baik. Setelah pori-pori terbuka dengan mencucinya dengan air hangat, Anda dapat menyegelnya kembali dengan percikan dengan air dingin. Air dingin mengencangkan akan pori-pori dan mencegah tersumbat, dengan demikian akan mengurangi munculnya jerawat.

Lihat juga :  Makanan yang bisa Meningkatkan Mood

6 . Kompres air dingin juga dapat membantu untuk mengurangi peradangan di bawah mata. Ketika air menguap dari kulit, maka permukaan kulit menjadi lebih dingin. Percikan air dingin pada mata juga bisa mengurangi kantung mata. Ada banyak gel mata kaya air yang dapat Anda gunakan untuk solusi jangka panjang.

7 . Di masa lalu, orang-orang di Eropa Timur mengunjungi pemandian untuk detoksifikasi dan mengencangkan kulit. Proses ini melibatkan sesi ruang uap, yang diikuti dengan percikan air dingin untuk mengencangkan kulit . Untuk melakukan terapi air ini di rumah, Anda bisa merendam kain cuci dalam uap air panas, dan kemudian letakkan di wajah Anda. Kemudian percikan wajah Anda dengan air dingin selama sekitar 15 kali. Terapi ini beremanfaat menyegarkan dan mengencangkan kulit .

Beberapa manfaat air untuk rambut :

8 . Bilas dengan air dingin untuk rambut mengkilap. Suhu dingin akan menyempitkan kutikula rambut, sehingga membuat helai rambut menjadi halus dan lebih reflektif. Hal ini juga dapat mencegah kotoran  terakumulasi pada kulit kepala dan membuat rambut lebih kuat.

9 . Air adalah bahan alami yang mendukung konsumsi vitamin, dan akan membantu pertumbuhan rambut yang efisien dan sehat. Air adalah hampir ¼ dari berat seluruh rambut, dengan demikian minum dua liter air setiap hari akan membuat rambut bercahaya dan sehat.

10 . Rambut kita akan tumbuh subur di lingkungan yang kaya kelembaban, dan air adalah salah satu cara terbaik untuk memuaskan dahaga nya. Sama seperti kulit kita, rambut juga perlu pelumasan dari dalam dan luar. Dehidrasi akan memberikan dampak langsung terhadap pertumbuhan rambut. Kurangnya kelembaban pada rambut akan membuatnya menjadi kering dan rapuh. Bahkan bisa saja berhenti tumbuh pada tingkat genetik maksimal,  jika Anda tidak minum cukup air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tubuh Anda. Akar rambut adalah sarana untuk menyerap air dan memberikan hidrasi ke rambut.

11 . Kulit kepala dan akar rambut memiliki tabungan ujung saraf fotosensitif dan energi yang dapat menerima dan mengirimkan sinyal. Air akan memberi energi pada ujung saraf untuk meningkatkan vitalitas alami kulit dan akar rambut. Air minum juga membantu untuk menghilangkan masalah rambut seperti ketombe dan Dermatitis Seborrhea.

12 . Anda juga dapat mencampur minyak jojoba atau minyak esensial lain untuk serum rambut. Ini akan memberikan Anda rambut yang mengkilap dan ramping dalam waktu singkat .

Manfaat Minum Air bagi kesehatan:

Ada berbagai manfaat air minum bagi kesehatan, Anda harus tahu sehingga Anda bisa memenuhi jumlah yang tepat air dalam asupan harian Anda.

13 . Menghindarkan tubuh kurang cairan: Tubuh kita terdiri dari 60 % air. Jadi air penting untuk menjaga fitalitas tubuh. Cairan tubuh yang terdiri dari air akan membantu pencernaan, sirkulasi darah, penyerapan, produksi air liur, serta transportasi nutrisi ke seluruh tubuh. Juga air membantu untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Lihat juga :  Makanan yang Membantu Menurunkan Lemak

Air membantu tubuh agar supaya tetap berfungsi dengan baik. Otak kita terdiri hingga 90 % air, sementara itu jaringan tubuh dan otot-otot kita terdiri sampai 75 % air. Jadi, ketika tubuh kita kekurangan cairan, otak kita berhenti bekerja dan menyebabkan migrain dan sakit kepala akibat dehidrasi. Ketika kita berkeringat, kita kehilangan banyak cairan. Berkeringat adalah proses alami tubuh yang membantu menurunkan suhu tubuh, sehingga tubuh tidak terlalu panas. Jadi, ketika Anda berada di luar dan berkeringat berlebihan, sebaiknya minum banyak air untuk membantu mencegah dehidrasi. Setiap jenis minuman akan membantu, teh, kopi, jus buah, atau air selain yang beralkoh*l, karena bisa menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

14 . Menjaga Otot agar Sehat : Otot terdiri hingga 75% air, sehingga perlu bagi kita untuk menyediakannya cukup air. Cukup air akan membantu menjaga kontraksi otot yang normal dan mencegah kram otot. Hal Ini akan membantu jika Anda berolahraga, sehingga menjadi lebih kuat dan sehat.

15 . Mencegah keriput: Air akan membuat sel-sel kulit terhidrasi dan bekerja dengan baik,  sehingga minum air akan menjaga agar terhindar dari keriput. Air juga bermanfaat mengeluarkan kotoran dan racun dari sistem tubuh, yang akan menjaga wajah Anda segar dan bersih dan mengurangi jerawat.

16 . Retensi Air : Bila Anda minum sedikit air, maka otak akan mengartikannya sebagai ancaman bagi kelangsungan hidup, sehingga memerintahkan tubuh untuk menyimpan lebih banyak air. Hal ini akan membuat kaki dan tangan menjadi bengkak. Minumlah lebih banyak air sehingga tubuh Anda  kembali normal.

17 .  Sistem Pencernaan yang normal : Air juga membantu proses pencernaan, karena ia membantu menjaga ginjal bekerja secara normal. Jika ada kekurangan air dalam tubuh, maka akan mengakibatkan sembelit. Jadi orang-orang dengan masalah sembelit harus minum banyak air untuk menjaga sistem pencernaan mereka normal kembali.

18 . Membantu manajemen Berat Badan : Ketika kehilangan banyak air, maka ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga akan menumpahkan kelebihan beban pada hati. Hati bertugas membantu membakar lemak menjadi energi, akan tapi ketika harus melakukan pekerjaan lebih banyak, maka ia tidak dapat membakar banyak lemak menjadi energi sebagaimana mestinya, sehingga lemak sebagian akan disimpan. Minumlah air dalam jumlah yang baik untuk mencegah penyimpanan lemak, serta untuk menjaga kesehatan. Jadi bisa dikatakan bahwa berat badan yang ideal adalah salah satu keuntungan dari cukup minum air.

Keamanan :

Minum terlalu banyak air juga dapat menyebabkan kondisi langka yang disebut Hiponatremia, Atlet, orang tua, pasien penyakit jantung dan sirosis yang lebih beresiko. Kopi, cola, alk*hol dan teh tidak bisa dianggap sebagai pengganti air putih. Selain itu, kopi adalah diuretik, sehingga jika berlebihan dapat memperburuk keseimbangan air dalam tubuh.

Advertisement

One thought on “18 Manfaat luarbiasa Air putih Bagi kulit, rambut dan kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *